5 Pantai Lombok yang Pas Dikunjungi Untuk Healing

Wisatawan asing mengunjungi kawasan wisata pantai Senggigi, Lombok Barat, NTB
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

VIVA Travel – Pantai Lombok tak perlu diragukan lagi keindahannya. Pasir putih yang bersih, air laut yang menyegarkan, deburan ombak dan pemandangan yang luar biasa indah menjadi daya tarik besar. 

Dua Mobil Premium BMW Bakal Layani Antar Jemput Pasien RS

Pantai memang banyak dipilih sebagai tempat melepas penat atau memang destinasi wisata yang telah direncanakan. Apapun tujuannya, memilih pantai adalah hal yang tepat. 

Jika Lombok menjadi salah satu destinasi wisata kamu "berburu" pantai, maka jangan lewatkan lima pantai indah di Lombok ini. Nah, berikut 5 rekomendasi Viva, untuk pantai di Lombok terbaik yang bisa dikunjungi: 

Menlu Iran soal Senjata Pemusnah Massal: Penggunaan Nuklir Hanya untuk Tujuan Damai

Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta, Lombok, Nusa Tenggara barat (NTB).

Photo :
  • VIVA/Satria Zulfikar (Mataram)
Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Pantai Kuta Lombok memiliki ombak yang agak besar. Kamu bisa berselancar di sini. Selain itu, tersedia fasilitas berupa banana boat, windsurfer, serta jetski. Pantai ini juga sangat aman untuk berenang. Lokasi pantai dekat dari Bandara Internasional Lombok. Jadi, akses ke pantai mudah, bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

Pantai yang memiliki nama lengkap Pantai Mandalika Kuta Lombok ini, sudah dikelola dengan baik. Kondisinya bersih dengan fasilitas lengkap. Ada tempat parkir, penyewaan papan selancar, toko souvenir, rumah makan, serta penginapan. Keindahannya tak perlu diragukan. Pasir putih yang unik, ini menjadi daya tarik pantai. Kemudian, terdapat deretan bukit yang indah di dekat pantai. Air lautnya pun biru bening. Kamu bisa melihat terumbu karang di bawah air. Kamu bisa berenang, snorkling, atau jalan-jalan di pinggir pantai.

Jika liburan ke sini, paling seru mengajak keluarga atau teman-teman kamu. Anak-anak juga pasti senang diajak ke pantai ini. Waktu paling ideal ke sini pada pukul tiga sore untuk melihat sunset yang memukau.

Oh iya, ada sedikit cerita tentang Bukit Mandalika di sisi barat pantai. Konon, dahulu, ada seorang putri yang bernama Mandalika. Sang putri pun menuju bukit lalu melompat ke laut. Hal tersebut demi menghindari pangeran yang mengejar dan bermaksud mempersunting putri. Sekarang, bukit ini menjadi tempat sempurna untuk melihat keindahan pantai dari ketinggian.

Pantai Seger

Pantai Seger, Nusa Tenggara Barat

Photo :
  • Dokumentasi pegi pegi

Setelah dari pantai Kuta Lombok namun belum puas bermain air, maka pantai Seger bisa jadi pilihan setelahnya. Pantai Seger berada dekat Pantai Kuta Lombok, jaraknya sekitar 2 km. Pantai ini memiliki ombak cukup besar di bagian tertentu. Maka dari itu, cocok untuk berselancar. Sementara, akses ke lokasi sudah cukup baik jalannya. Pengunjung bisa gunakan mobil, motor, angkutan umum, taksi, hingga jasa bis travel.

Pemandangan pantai ini begitu unik. Terdapat gugusan bukit di sekitar pantai. Kemudian, pantainya memiliki pasir putih. Selain itu, air lautnya biru jernih. Selain populer untuk berselancar, kamu juga bisa melakukan aktivitas snorkeling. Lalu, ada juga jembatan bambu yang ikonis untuk tempat berfoto.

Jika air sedang surut, kamu bisa berjalan sampai ke tengah laut. Jadi kamu bisa melihat terumbu karang serta ikan-ikan yang cantik sedang berenang. Pantai ini cocok untuk liburan bersama keluarga, termasuk mengajak anak-anak. Tidak kalah seru kalau kamu mengajak teman-teman atau pasangan.

Pantai Pink

Pantai Pink Lombok.

Photo :
  • U-Report

Wisata pantai di Lombok keempat yang wajib masuk daftar liburan Anda ialah pantai pink Lombok. Pantai yang terletak di desa Sekaroh, Jerowaru, Lombok Timur ini mempunyai daya tarik tersendiri.

Pantai pink disebut juga Pantai Tangsi. Pasir pantai berwarna merah muda terhampar luas nan elok dengan air kebiruan yang memukau. Warna unik tersebut terbentuk akibat tercampurnya pasir putih dari tepi pantai dengan pasir merah yang berasal dari serpihan cangkang organisme laut foraminifera. Tidak mengherankan jika pantai ini lantas lebih populer dengan sebutan Pantai pink. Pemandangan pantai semakin  sempurna dengan perbukitan hijau yang mengelilinginya.

Cocok bagi kamu yang ingin mencari background langka yang menarik. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ialah sekitar pukul 08.00 – 16.00. Pada saat itulah bias sinar matahari memantulkan warna merah jambu yang begitu cerah dan cantik.

Untuk masuk lokasi wisatawan lokal dikenakan biaya sebesar Rp 10.000,- sedangkan untuk mancanegara sebesar Rp 50.000,-.

Pantai Senggigi

Foto udara kawasan wisata pantai Senggigi di Kecamatan Batulayar, Lombok Barat, NTB

Photo :
  • ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Pantai Senggigi merupakan salah satu ikon wisata Lombok. Panorama di pantai ini memang indah memikat. Air laut di sini cukup tenang dengan ombak kecil. Jadi, aman untuk berenang maupun sekadar bermain air dan berendam. Cukup berhati-hati saja karena ada batas wilayah buat berenang.

Rute menuju pantai juga sangat mudah. Kamu bisa naik kendaraan roda dua dan roda empat. Jalannya pun beraspal dan juga mulus. Sesampainya di pantai, kamu bisa melihat pemandangan memukau. Ada garis pantai cukup panjang. Lalu, bibir pantai sebagian dipenuhi berbatuan. Pasirnya putih dan lembut.

Kalau di sini, ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan. Kamu bisa berjemur sambil bersantai. Bisa juga bermain air dan berenang. Lalu, tersedia perlengkapan untuk snorkeling dan diving. Berselancar juga bisa. Atau, kamu dapat mencoba speed boat. Seru, bukan.

Fasilitas di Pantai Senggigi juga sangat lengkap. Bahkan tersedia resort dan penginapan di pantai ini. Jadi, memang paling pas mengajak keluarga dan pasangan ke sini. Mengajak anak-anak juga pasti seru. Liburan bersama teman juga boleh.

Kalau mau mampir saja, idealnya waktu terbaik adalah ketika sore. Kamu bisa menyaksikan pemandangan senja. Kemudian melihat matahari terbenam di cakrawala pantai ini.

Pantai Gili Trawangan

Suasana pantai di Gili Trawangan.

Photo :
  • U-Report

Nah, yang terakhir mungkin adalah pantai yang paling terkenal di Lombok yaitu pantai Gili Trawangan. 

Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam; kedai "Tîr na Nôg" mengklaim bahwa Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar Irlandia-nya. Nah, untuk kamu yang akan berkunjung, jangan lewatkan bar ini ya! Bagian paling padat penduduk adalah sebelah timur pulau ini.

Trawangan punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan belajar berkuda mengelilingi pulau.

Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.

Kelebihan Gili Trawangan dibandingkan dengan pantai lain adalah kita dapat menikmati sunset dan juga sunrise sekaligus di pantai ini. Hal ini terjadi karena Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dan jaraknya tidak terlalu jauh. Sehingga baik sunrise maupun sunset dapat kita nikmati di pantai ini.

Di Gili Trawangan juga kita dapat melihat kesenian bela diri tradisional yang bernama presean atau stick fighting yang biasanya dipertontonkan disekitar pasar seni Gili Trawangan. Kegiatan paling favorit dari para wisatawan di Gili ini yaitu Scuba Diving, Snorkeling, bermain kayak, dan berselancar.

Singapore Tourism Board Memperbaharui Kemitraan dengan GDP Venture

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Hasil dari kerjasama ini, ia akan mendorong kuat minat para wisatawan Indonesia untuk berwisata ke Singapura.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024