7 Wisata Ungaran yang Dapat Membuatmu Berdecak Kagum

Wisatawan menikmati kuliner di tepi lembah Gunung Ungaran.
Sumber :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

VIVA Lifestyle – Kota Ungaran merupakan ibukota dari Kabupaten Semarang, semua berpusat di kota itu. Selain itu, Ungaran juga merupakan sentra industri menengah hingga besar, jadi jangan heran jika di sini kamu sering menemukan pabrik-pabrik.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Lokasi Kota Ungaran pun bisa dibilang strategis, karena berada di jalur utama dari Semarang menuju Solo dan Yogyakarta. Sehingga Ungaran pun mendapatkan julukan sebagai “Kota Seribu Rumah Makan”. Karena banyaknya rumah makan yang ada di sepanjang jalur tersebut.

Berikut beberapa tempat wisata di Ungaran yang Viva rangkumkan ke kamu dan pastinya akan membuatmu terkesan serta  berdecak kagum!

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

1. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo.

Photo :
  • U-Report
Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Nama Gedong Songo berasal dari Bahasa Jawa, yaitu Gedong yang artinya bangunan dan Songo yang berarti sembilan. Candi ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang dibangun sekitar abad ke-8.

Terletak di kaki Gunung Ungaran dengan ketinggian mencapai 1.200 mdpl, membuat candi ini memiliki pemandangan alam yang indah dan sejuk. Selain bisa menikmati keindahan candi dan alamnya, kamu juga bisa menyewa kuda sambil jalan-jalan menikmati area di sekitar candi.

2. Taman Bunga Celosia Bandungan

Belanja Souvenir dan Oleh-Oleh, image by IG : @taman_bunga.celosia

Photo :
  • U-Report

Sedang mencari inspirasi untuk feed baru di Instagram? Taman Bunga Celosia di kawasan Bandungan bisa menjadi alternatif yang tepat untuk mengisi warna-warni baru di Instagram kamu.

Lokasinya tidak terlalu rumit, kok. Area wisata searah dengan rute wisata ke Candi Gedong Songo. Dari SPBU Gedong Songo menuju ke arah candi sejauh 100 meter dan kamupun akan menemukan tempat ini.

Beberapa spot foto yang ditwarkan seolah mewakili hasrat kamu yang ingin berkeliling dunia. Mulai dari replika Patung Merlion di Singapura, Menara Eiffel di Paris, Kincir Angin di Belanda, hingga ragam warna-warni bunga cantik yang ditawarkan di sini.

3. Air Terjun Semirang

air terjun canggu

Photo :

Tempat wisata pertama yang akan kita bahas adalah sebuah air tejun yang memiliki ketinggian mencapai 45 meter dan berada di lereng Gunung Ungaran bagian utara.

Air terjun tersebut bernama Air Terjun Semirang atau Curug Semirang. Di sini terdapat sebuah kolam yang cukup lebar, dengan airnya yang jenih dan berwarna hijau. Untuk menuju Air Terjun Semirang, kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu, dengan jarak yang akan dilalui dari area parkir menuju curug sekitar 500 meter.

Keindahan alam di Air Terjun Semirang dibuat tak pernah sepi dari pengunjung. Lokasi wisata alam yang indah ini selalu ramai, apalagi jika akhir pekan atau hari libur. Bahkan ada pula yang dijadikan sebagai tempat untuk wisata malam.

4. Benteng Diponegoro

Bale-bale yang digunakan Pangeran Diponegoro untuk salat di Museum Diponegoro, Magelang.

Photo :
  • U-Report

Tempat wisata selanjutnya bertemakan wisata sejarah yang ada di Ungaran. Yaitu Benteng Diponegoro atau Benteng Willem II, yang merupakan peninggalan zaman kolonial Belanda.

Benteng yang satu ini diperkirakan dibangun pada tahun 1743 hingga 1746. Dan saat ini benteng yang berjuluk sebagai Benteng Ungaran digunakan sebagai kantor polisi dan asrama bagi anggota POLRI.

Meski begitu, Benteng Diponegoro atau Benteng Willem II masih dapat dikunjungi masyarakat umum untuk belajar sejarah bahwa benteng ini pernah menjadi lokasi transit Pangerang Diponegoro sebelum diasingkan ke Makassar, serta beberapa kisah sejarah lainnya.

5. Curug Lawe dan Benowo

Curug Lawe

Photo :
  • Curug Lawe

Selanjutnya masih berupa air terjun atau curug. Kali ini saya akan memberikan sebuah referensi wisata air terjun dalam satu kawasan, yakni Curug Lawe dan Curug Benowo. Masyarakat sering menyebutnya dengan nama CLBK, yakni Curug Lawe Benowo Kalisidi.

Untuk menuju CLBK kamu harus melewati jalan sempit di sepanjang aliran drainase, kemudian melewati sebuah jembatan merah yang ikonik. Jarak dari tempat parkir menuju Curug Benowo kira-kira 2,5 km.

Jauh memang, namun keindahan alam yang akan kamu dapatkan nantinya sungguh luar biasa. Airnya sangat jernih juga menyegarkan, rasa lelahmu terbayarkan deh pokoknya.

6. Museum Kereta Api

Perjalanan dengan Kereta uap, di Museum Kereta Api Ambarawa.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno (Semarang)

Tak begitu jauh lokasinya dari Rawa Pening, kamu dan keluarga bisa menyempatkan diri berkunjung ke museum yang punya sejarah panjang ini. Sebelum dijadikan tempat wisata, museum kereta api ini sempat dijadikan sebagai stasiun kereta yang pernah aktif di zaman pendudukan Belanda.

Sekitar tahun 1970, jalur kereta api tersebut ditutup dan akhirnya dijadikan museum sejarah yang bisa dinikmati sampai sekarang. Saat berkunjung ke sini, kamu bisa menemukan peninggalan antik seperti lokomotif uap, kereta, dsb. Selain itu, ada spot foto ala-ala vintage bagi kamu yang gemar selfie untuk diunggah di media sosial.

7. Umbul Sidomukti

Umbul sidomukti.

Photo :
  • U-Report

Umbul Sidomukti adalah obyek wisata alam pegunungan yang terletak di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1200 mdpl. Salah satu daya tarik tempat wisata ini yaitu kolam renang yang didesain dengan dinding batu dan airnya yang berasal dari mata air Pegunungan Ungaran.

Umbul Sidomukti memiliki tiga kolam renang bertingkat dengan kedalaman yang beragam. Kolam renang ini juga ramah untuk segala usia, jadi tidak perlu khawatir jika kamu ingin bermain air. Tak hanya kolam saja, tempat wisata Ungaran ini juga memiliki wahana perkebunan, goa buatan, dan wahana outbond lainnya.

Nah, itu deretan wisata unggaran yang dapat Viva ulaskan ke kamu! Jangan lupa berkunjung ke tempat wisata yang telah disebutkan ya!

Pertemuan BPD se-Indonesia di Danau Toba, Parapat, Kabupaten Simalungun.(dok Bank Sumut)

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Undian Nasional Tabungan Simpeda Bank Pembangunan Daerah (BPD) Periode XXXIV-2024 berlangsung di Parapat, Kabupaten Simalungun, 23-24 April 2024. Bank Sumut tuan rumah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024