6 Pantai di Blitar yang Memiliki Panorama Alam Menakjubkan dan Indah

Pantai Umbul Waru
Sumber :
  • Instagram @__kerehore__

VIVA Lifestyle – Ada berbagai tempat wisata pantai di Blitar yang wajib dikunjungi oleh kamu yang menyukai laut. Memiliki panorama alam yang sangat menakjubkan sehingga akan membuat pengalaman berlibur yang lebih seru sekaligus mengasyikan. Wisata alam ini adalah sebuah cara yang paling cocok untuk menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari. 

Mengulik Rahasia Terlarang Ramalan Jayabaya: Bencana hingga Pemimpin

Sebab, wisata alam bukan hanya memberikan pemandangan alam yang indah, tapi juga dilengkapi dengan udara yang sejuk, bersih, dan segar. Salah satu bentuk wisata alam yang menjadi favorit banyak orang adalah wisata pantai di Blitar. Blitar sendiri adalah sebuah kota di Jawa Timur yang letaknya berada di dekat laut sehingga kamu bisa menemui banyak pantai. 

Sebelum mengunjungi berbagai pantai yang ada di Blitar, kamu harus mempertimbangkan aktivitas apa saja yang dapat dilakukan setelah sampai di sana. Dengan begitu, kamu dapat mempersiapkan peralatan yang diperlukan. Hal ini karena banyak pengelola yang tidak menyediakan peralatan lengkap atau fasilitas yang kurang memadai. 

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

Jadi, alangkah lebih baik bila kamu sudah menentukan aktivitas yang akan dilakukan saat berlibur ke sana. Aktivitas yang bisa dilakukan diantaranya bermain pasir, berenang, snorkeling, diving, surfing, naik perahu, berkemah, bersantai di pinggir pantai, melihat sunset atau sunrise, dan berfoto. Berikut ulasan selengkapnya yang dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Pantai Peh Pulo

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Pantai Peh Pulo, Blitar, Jawa Timur.

Photo :
  • U-Report

Pantai di Blitar ini memiliki panorama alam yang sangat keren dan kerap menjadi tujuan utama wisatawan yang ingin menikmati keindahan laut. Sebab, tampilan di pantai ini sangat mirip dengan Raja Ampat di Papua. Untuk bisa sampai ke lokasi ini, kamu harus menjajal jalanan yang berbukit terlebih dahulu. 

Meski jalur yang ditempuh cukup terjal, tapi saat sudah sampai di pantai, kamu akan melihat pemandangan laut berwarna biru yang sangat jernih dengan tebing besar yang mengelilinginya. Letak Pantai Peh Pulo ini berada di Dusun Peh Pulo, Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur. 

2. Pantai Serang
Pantai Serang ini adalah salah satu pantai di Blitar yang cukup banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Letaknya berada di wilayah Desa Serang, Panggungrejo. Pantainya mempunyai pasir berwarna putih dengan ombak laut yang tidak terlalu besar, sehingga sangat cocok untuk dipakai berenang atau sekadar bermain air bersama keluarga. 

Setiap tanggal 1 Sura dalam penanggalan Jawa, masyarakat setempat biasanya akan menggelar ritual Larung Saji di pantai ini. Masyarakat setempat akan memotong hewan ternak, kemudian kepalanya dihanyutkan ke laut. Tujuan ritual itu adalah untuk menyelamatkan warga sekitar selama satu tahun ke depan. 

3. Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru

Photo :
  • Instagram @__kerehore__

Diperlukan usaha dan tenaga yang prima untuk dapat mengunjungi pantai yang satu ini. Berada di wilayah Desa Sidomulyo, Bakung, pantai ini memiliki akses jalan yang cukup sulit untuk menuju lokasinya yang cenderung lebih cocok memakai kendaraan off-road. Setelah sampai di lokasi, kamu harus menuruni tebing lewat tangga yang telah disediakan. 

Tapi, jerih payah kamu akan terbayarkan saat tiba di sana karena akan disambut dengan pemandangan indah khas Pantai Umbul Waru. Pasirnya yang berwarna putih dan bersih di pantai ini mempunyai tekstur yang cukup halus, sehingga kamu dapat bersantai dengan nyaman. Pemandangan laut biru juga akan memanjakan mata dan pikiran kamu. 

Bukan hanya itu, pantai di Blitar ini memiliki hal menarik lain yang tak boleh dilewatkan. Kamu akan menjumpai sebuah air terjun yang mengalir dari sungai di atas tebing. Saat air laut sedang surut, maka kamu dapat berjalan ke lokasi air terjun tersebut guna menyaksikan keindahan alam ciptaan Tuhan dari jarak dekat. 

4. Pantai Kaben

Pantai Kaben

Photo :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko

Pantai yang berada di Dusun Banyuurip, Desa Ngadipuro, Wonotirto ini dapat kamu tempuh dengan jarak mencapai 30 kilometer dari pusat kota. Akses menuju pantai di Blitar ini dapat dikatakan belum begitu mulus. Hal ini karena kamu perlu melewati jalanan terjal dan juga akan menemui berbagai tanjakan yang cukup menantang. 

Lantaran lokasi jalanan itu, Pantai Kaben pun masih cenderung sepi pengunjung. Jadi, jangan heran bila kamu akan disambut dengan suasana yang sepi sesampainya di pantai ini. Karena belum ramai pengunjung, pantai ini masih terjaga kebersihannya. Hal ini juga yang menjadikan pantai satu ini masih sangat alami dan mempunyai pemandangan sangat indah. 

Keunikan lain yang dimiliki oleh Pantai Kaben adalah letaknya yang berada pada bentuknya. Pantai yang berada di sebelah tenggara Kota Blitar ini memiliki bentuk seperti cincin yang disekat oleh dua karang berukuran besar. Nah, karang tersebut memiliki manfaat untuk memecah ombak sehingga ombak yang menyapu bibir pantai cukup kecil. 

5. Pantai Pasur

Pesona Pantai Tanjung Aan Lombok

Photo :
  • U-Report

Berbeda dari kebanyakan pantai di Blitar yang memiliki pasir putih atau kecokelatan, Pantai Pasur ini malah mempunyai pasir berwarna kehitaman. Lantaran kondisi alamnya itu, bertandang ke Pantai Pasur akan mengingatkan kamu dengan Pantai Parangtritis di Yogyakarta. Sedangkan, karakteristik ombaknya cukup besar, sehingga disarankan untuk tak berenang. 

Tapi tenang saja, kamu masih bisa bermain air di muara sungai yang berada di sisi barat pantai satu ini. Di sini kamu juga dapat menemukan banyak gundukan pasir dan beberapa perahu nelayan yang tengah menepi ke bibir pantai. Pantai ini berada di Desa Bululawang, Bakung dan belum dibuka sebagai objek wisata resmi. 

Jadi, jangan heran jika kamu tidak akan menemukan fasilitas penunjang pariwisata di tempat ini, misalnya warung, toilet, atau penginapan. Oleh sebab itu, kamu yang berencana bertandang ke sini disarankan untuk membawa bekal sendiri ketika berlibur ke Pantai Pasur. 

6. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo

Photo :
  • Disporbudpar.blitarkab.go.id

Ini adalah pantai yang paling populer di kalangan masyarakat sekitar Blitar. Dari pusat kota, kamu hanya perlu menempuh perjalanan ke sini dengan menggunakan kendaraan sekitar 1 jam perjalanan ke arah selatan. Letaknya yang berada di Kecamatan Wonotirto, Blitar, sepanjang perjalanan ke sini kamu akan melihat banyak bukit hijau yang menyuguhkan pemandangan indah. 

Setelah sampai di sini, kamu bisa segera menjelajah ke tiga area utama yang biasanya dikunjungi. Mulai dari area timur yang kerap dipakai untuk bersantai lantaran lebih banyak pasir, area tengah yang memiliki banyak batu untuk memecah ombak, dan area barat yang dipakai sebagai dermaga kapal nelayan. Fasilitas di sini juga cukup lengkap, mulai dari kamar mandi, tempat ibadah, sampai restoran. 

Jayabaya

Misteri Prabu Jayabaya yang Belum Terpecahkan, Dipercaya Sebagai Jelmaan Dewa

Jayabaya, penguasa yang teguh dari Kerajaan Kediri pada periode 1135-1159 Masehi, dikenal tidak hanya karena keberanian dan kearifannya, tetapi keahliannya dalam meramal.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024