6 Pantai Yogyakarta yang Memesona Bikin Mata Terpana, Wajib Dikunjungi

Landscape Pantai Indrayanti dari atas bukit.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Travel – Pantai Yogyakarta memiliki keindahan yang menakjubkan. Jika kamu berlibur ke Yogyakarta, kamu wajib banget mengunjungi sederet pantai yang ada di sana. Berikut telah kami rangkum sederet pantai Yogyakarta yang menakjubkan. Dijamin bikin betah dan berlama-lama menikmati suasana di pantai.

Rupiah Melemah, OJK Kasih Tips Emak-emak Kelola Keuangan

1. Pantai Glagah

Ombak tinggi di kawasan wisata Pantai Glagah, Temon, Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Harga Emas Hari Ini 23 April 2024: Produk Antam Amblas, Global Bervariasi

Rekomendasi pantai Yogyakarta yang pertama ada pantai Glagah. Pantai Glagah ini berada di Desa Glagah, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo atau tepat di selatan bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Salah satu pantai di Kulon Progo ini memiliki pemandangan yang indah dan menakjubkan. 

Aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai di antaranya, menikmati hamparan ombak di dermaga, menyusuri pantai dengan ATV atau motor trail, atau bisa juga sekedar menikmati suasana pantai dengan menyicip sajian kuliner khas Kulon Progo.

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Fasilitas yang ada di Pantai Glagah ini cukup lengkap seperti toilet, mushola, tempat santai dan lainnya. Juga terdapat warung makan yang menjajakkan makanan seafood dengan harga yang terjangkau. Kamu juga bisa membeli oleh-oleh dan souvenir khas KuloN Progo yang menarik.

2. Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti, Yogyakarta.

Photo :

Rekomendasi pantai Yogyakarta selanjutnya ada pantai Indrayanti. Pantai ini cukup terkenal dan menjadi favorit bagi wisatawan. Lokasi pantai ini terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Di pantai Indrayanti ini, kamu bisa menikmati indahnya sunset maupun sunrise dengan suasana sejuk yang menenangkan.

Tak perlu khawatir urusan perut, di sana juga tersedia tempat makan ataupun kafe yang menyajikan menu khas. Di sepanjang pantai juga terdapat gazebo yang bisa kamu gunakan untuk bersantai melihat pemandangan pantai.

Untuk harga tiket, kamu akan dikenakan biaya Rp10.000 per orang. Pastikan untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan ya, karena kamu akan ditindak tegas jika membuang sampah sembarangan. Kamu akan di denda Rp10.000 oleh petugas jika melanggar aturan.

3. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor, Gunung Kidul, Yogyakarta

Photo :
  • Facebook Telusuri Indonesia

Pantai Nglambor juga menjadi salah satu pantai Yogyakarta yang menjadi favorit. Pantainya yang indah dan airnya berwarna biru menjadi daya tarik wisata bagi pengunjung. Pantai ini terletak di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Menurut letak geografisnya, pantai Nglambor terletak di sebelah barat pantai Siung dan sebelah timur pantai Jogan.

Pantai Nglambor memiliki pasir putih dan airnya yang jernih. Jika kamu berkunjung kesini, kamu wajib banget snorkeling. Disana juga terdapat penyewaan alat snorkeling jika kamu tidak membawa alatnya. Dengan snorkeling kamu akan disuguhkan dengan pemandangan menakjubkan keindahan alam bawah laut.

Untuk biaya masuk di Pantai Nglambor tergolong cukup terjangkau. Harga tiketnya Rp 6000/orang. Selain itu, masih ada juga harga yang harus dibayar seperti retribusi parkir motor sebesar Rp 2.000 dan parkir mobil Rp 5.000. 

Jika pengunjung menggunakan ojek untuk sampai ke lokasi parkir. Kamu juga harus membayar sekitar Rp 5.000 – Rp 15.000. Harga per sewaan peralatan snorkeling juga terjangkau sekitar Rp 50.000 hingga Rp 100.000 per orang saja, sehingga para pengunjung bisa menikmati keindahan bawah laut pantai Nglambor.

4. Pantai Baron

Pantai Baron

Photo :
  • U-Report

Pantai Yogyakarta lainnya yang menarik yaitu pantai Baron.pantai ini berada di Desa Rejosari, Kecamatan Tanjungsari, Yogyakarta. Meski rute perjalanannya yang cukup sulit, namun hal ini akan terbayarkan dengan pesona yang disuguhkan pantai Baron ini.

Pantai Baron memiliki pemandangan laut yang indah dan menyejukkan. Pantai ini berbentuk tanjong dan diapit oleh dua bukit karang. Suasana di pantai ini memang sangat ramai karena banyak pengunjung dan nelayan lokal yang bekerja di laut.

Pantai ini menjadi tempat favorit wisatawan untuk berfoto. Selain berfoto, kamu juga bisa berenang disana. Pasalnya, ombak di pantai Baron ini cukup bersahabat. Pantai Baron memiliki sungai yang menghubungkannya langsung ke laut. Lokasinya berada di bagian barat bibir pantai. Meski terhubung ke laut, airnya segar dan tidak asin.

Untuk harga tiket masuknya, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000. harga tiket ini sudah termasuk akses ke dua pantai lainnya, yakni pantai Krakal dan pantai Kukup.

5. Pantai Siung

Lokasi panjat tebing pantai Siung.

Photo :
  • U-Report

Pantai Siung Yogyakarta memiliki daya tarik spot panjat tebing terbaik. Pantai ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran dan melepaskan penat sejenak dari hiruk pikuknya perkotaan. Pantai Siung ini terletak di kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak lokasi pantai dari pusat kota sekitar 77 km.

Di sana kamu juga bisa bercamping di sekitar pantai. Area camping terletak di sebelah Timur pantai. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kegiatan memanjat tebing. Bahkan, lokasi ini kerap dijadikan untuk perlombaan panjat tebing. Diketahui jika pantai ini memiliki sekitar 250 jalur panjat tebing.

Pantai Siung memiliki banyak spot foto kece dan keren. Seperti berfoto di hamparan pasir putih berlatar belakang tebing, dari atas tebing, atau spot foto menarik lainnya. Harga tiket masuk (HTM) pantai ini terbilang masih terjangkau. Pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp10.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk harga retribusi Pantai Jogan dan pantai Nglambor. 

Selain itu, bagi pengunjung yang membawa kendaraan juga akan dikenakan biaya parkir. Harga parkir untuk kendaraan roda dua atau motor sebesar Rp2.000 dan harga parkir untuk kendaraan roda empat atau mobil sebesar Rp5.000.  

Sebagai informasi tambahan, pengunjung yang melakukan camping dan memarkir kendaraan mereka dengan jangka waktu tertentu, maka perlu membayar biaya tambahan.  Sementara untuk jam operasionalnya, pantai ini buka selama 24 jam setiap hari. 

6. Pantai Jogan

Pantai Jogan, Gunungkidul, Yogyakarta.

Photo :
  • U-Report

Rekomendasi pantai Yogyakarta yang terakhir ada pantai Jogan. Pantai ini disebut kembaran dari McWay Waterfall California karena memiliki air terjun. Pantai Jogan menjadi salah satu dari sekian pantai di Yogyakarta yang memiliki keunikan. Air terjun pantai Jogan ini mempunyai julukan air terjun pengantin. Konon, jika seseorang mandi di bawah air terjun tersebut bisa dengan cepat mendapatkan jodoh.

Uniknya jika ingin berkunjung ke Pantai Jogan, wisatawan harus menemukan Pos Retribusi Pantai Siung terlebih dahulu, pantai yang terletak di sebelah Pantai Jogan. Sampai di pos, pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp10 ribu per orang. Dari pos tersebut kamu masih terus berjalan kurang lebih 400 m lagi dengan mengikuti petunjuk arah. 

Jika kamu ingin menikmati air terjun di pantai Jogan ini, kamu bisa berkunjung saat musim hujan. Karena pada musim kemarau, debit airnya terbilang cukup kecil bahkan tidak ada. Namun, kamu juga harus memperkirakan cuacanya ya, agar terhindar hujan saat berkunjung.

Di pantai Jogan kamu akan dimanjakan oleh dua keindahan alam sekaligus yaitu hamparan pantai dikelilingi tebing yang indah dengan deburan ombak dari Samudra Hindia serta suara derasnya air terjun aliran sungai. 
Waktu yang tepat menikmati Pantai Jogan yaitu menjelang matahari terbit atau tenggelam. Tak hanya disuguhkan oleh dua fenomena alam, kamu bahkan dapat memandangi langit yang memancarkan warna keunguan.

Demikian ulasan tentang pantai Yogyakarta yang menakjubkan dan wajib dikunjungi. Taati aturan dan jaga kebersihan lingkungan ya. Patuhi juga aturan protokol kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berlibur.

Peternak memanen telur ayam di kandang miliknya di desa Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Sabtu, 9 Maret 2019.

Daftar Harga Pangan 23 April 2024: Daging Sapi hingga Telur Ayam Turun

Harga komoditas pangan mayoritas terpantau rata-rata mengalami penurunan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024