5 Rekomendasi Tempat Wisata di Bengkulu

Petugas mencari jerat harimau di Taman Nasional Kerinci Seblat di Bengkulu.
Sumber :
  • Hari Siswoyo

VIVA Travel – Bengkulu merupakan provinsi yang terletak di Pulau Sumatera. Provinsi ini memiliki beragam destinasi wisata yang tentu tidak dimiliki daerah lain. Ya, meskipun tempat ini jarang menjadi destinasi wisata pilihan bagi sebagian orang, bukan berarti Bengkulu jelek dalam sisi pariwisatanya.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Menurut laporan Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Bengkulu, daerah yang terdiri dari 10 kabupaten ini memiliki 207 wisata alam, dan 39 wisata sejarah. Tentu ini bukan angka yang kecil dan pastinya terdapat banyak wisata menarik yang jarang orang ketahui di sini.

Bunga Rafflesia.

Photo :
  • U-Report
Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Masih dari sumber yang sama, menurut laporan yang tersedia. Jumlah wisatawan yang datang berdasarkan data tamu hotel yang menginap di Provinsi Bengkulu tercatat, sebanyak 2.6 juta wisatawan pada 2019. Dan angka ini terus meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Itu artinya, Bengkulu memiliki pesona wisata yang tidak kalah dari tempat lain di Indonesia. Jadi, melalui artikel ini VIVA akan memberikan sedikit rekomendasi mengenai tempat-tempat wisata di Bengkulu yang dapat kamu masukkan ke dalam list liburan akhir tahun.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Mari simak ulasannya di bawah ini:

1. Puncak Gunung Kaba

Gunun Kaba Bengkulu

Photo :
  • wisato.id

Gunung Kaba terletak di Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Dari Kota Curup, gunung ini berada di sebelah tenggara dengan jarak sekitar 15 km. Gunung yang memiliki ketinggian 1,937 mdpl ini masih tercatat aktif hingga kini.

Gunung Kaba masuk dalam area Taman Wisata Alam tempat konservasi bunga raksasa Rafflesia Arnoldi. Untuk kamu pendaki pemula, tidak perlu khawatir kelelahan, puncakya yang tidak terlalu tinggi dapat dengan mudah kamu capai. Di puncak terdapat area perkemahan yang selalu penuh saat libur tiba. Pesona Bukit Kaba terletak pada area kawah hidup dan kawah mati serta panorama alam hutan Bengkulu dari ketinggian.

2. Mampir ke Rumah Bung Karno

Rumah Soekarno atau Bung Karno di Bengkulu

Photo :
  • theAsianparent

Seperti yang diketahui, Presiden pertama RI, Ir. Soekarno pernah diasingkan di Kota Bengkulu pada masa kolonial Belanda. Bahkan selama pengasingan ini, Bung Karno bertemu dengan pujaan hatinya, Ibu Fatmawati.

Nah, bagi kamu pecinta sejarah, rumah kediaman Bung Karno dapat kamu kunjungi di Bengkulu, tepatnya di Jalan Soekarno-Hatta, Kecamatan Ratu SAmban, Kota Bengkulu. di tempat ini, kamu bisa melihat berbagai benda peninggalan Soekarno dan keluarganya selama di Bengkulu, mulai dari foto-foto lawas, hingga ranjang besi milik Soekarno dan keluarganya.

3. Pantai Panjang

Pantai Panjang Bengkulu

Photo :
  • Instagram @pantaipanjangbengkulu

Sudah mampirnya? Jika sudah, rekomendasi wisata di Bengkulu berikutnya tentu tidak dapat terlepas dari Pantai Panjang. Sesuai dengan namanya, pantai ini merupakan salah satu pantai terpanjang yang ada di Indonesia yaitu panjangnya mencapai 7 km, pantai ini adalah ikon Bengkulu.

Selain itu, ombak di Pantai Panjang juga cukup tenang sehingga kamu dapat main-main air sebentar sebelum lanjut ke tempat-tempat wisata berikutnya.

4. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough adalah benteng peninggalan penjajah inggris di Bengkulu.

Photo :
  • U-Report

Benteng ini merupakan salah satu peninggalan sejarah yang membuktikan Inggris pernah mendiami wilayah bengkulu. Konon, benteng ini diklaim sebagai benteng terkuat di wilayah Asia Tenggara.

Meski sempat dibakar dan dirusak oleh masyarakat setempat pada masa penjajahan, benteng ini masih kokoh berdiri. Malah kini anak-anak muda di Bengkulu kerap berfoto di tempat ini karena, kata mereka, memiliki kesan yang vintage dan lagi-lagi untuk keperluan Instagram.

5. Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)

Gunung Kerinci (3805 mdpl) di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

Jika berkunjung ke Bengkulu, rasanya kurang puas jika kamu tidak mengunjungi taman nasional terbesar di Sumatera ini. taman nasional ini, seperti dikutip dari laman resminya, berada di 14 kabupaten dan 2 kota yang termasuk dalam 4 provinsi yaitu Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan.

Taman nasional ini juga memiliki beragam flora dan fauna. Sekitar 4.000 spesies tumbuhan tumbuh di wilayah taman nasional termasuk bunga terbesar di dunia Rafflesia arnoldi, dan bunga tertinggi di dunia, Amorphophallus titanum

Fauna di wilayah taman nasional terdiri antara lain harimau sumatra, badak sumatera, gajah sumatera, macan dahan, tapir melayu, beruang madu, dan sekitar 370 spesies burung. Selain itu, TNKS juga dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Pemandangan Gunung Kembang, Wonosobo, Jawa Tengah.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Menghirup udara segar plus menikmati indahnya alam pengunungan, kebersihan menjadi salah satu faktor terpenting. Dan paket lengkap itu bisa ditemukan di Gunung Kembang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024