7 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Koper

Traveling membawa koper
Sumber :
  • Instagram IUIGA

VIVA Lifestyle – Memasuki tahun 2022 ini kegiatan travellling sudah mulai bergeliat. Hal ini terlihat dari sejumlah masyarakat yang mulai melakukan perjalanan baik  dalam negeri maupun luar negeri.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Berbicara mengenai travellling tidak lepas kaitannya dengan koper. Ya bagi sebagian orang melakukan perjalanan wisata akan lebih menyenangkan jika membawa koper, selain tidak memberatkan punggung, membawa koper memiliki kapasitas yang besar sehingga memuat banyak barang termasuk untuk oleh-oleh yang akan dibawa.

Bagi kamu yang ingin kembali berwisata dengan membawa koper, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terutama ketika ingin membeli koper untuk dibawa berwisata. Berikut ini tujuh hal yang perlu diperhatikan ketika membeli koper seperti melansir laman Wanderlust.

Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

1. Lihat materinya

Ada dua opsi utama: soft-sided dan hard-sided . Koper dengan sisi lembut memiliki lebih banyak tempat, jadi bagus jika Anda berniat menjejalkannya hingga kapasitas penuh (atau sedikit lebih). Periksa apakah ada lapisan kedap air di bagian dalam, untuk menjaga barang di dalamnya tetap kering.

Liburan di Dubai, Shandy Aulia Terdampak Badai Ekstrem

Juga, ingatlah bahwa bahkan kain yang sangat tahan lama pun dapat robek meskipun seringkali mudah diperbaiki dengan lakban atau sejenisnya. Beberapa perusahaan perjalanan menuntut koper bersisi lembut, terutama jika Anda melakukan perjalanan atau perjalanan darat di mana paket dibawa oleh hewan atau diletakkan di atas kendaraan.

Sementara hard side biasanya kuat dan dibuat untuk menahan benturan keras. Namun, koper jenis ini bisa lebih berat saat dibongkar dan lebih sulit ditutup jika Anda memasukkan suvenir tambahan.

2. Hitung roda koper

Dahulu, koper beroda biasanya memiliki dua roda, tetapi sekarang banyak tas memiliki empat. Empat roda memberi Anda pilihan untuk mendorong serta menarik tas Anda ke berbagai arah dengan mudah setiap roda mungkin 'ganda', yang memberikan stabilitas ekstra.

Keuntungan dari koper roda dua adalah setelah Anda memiringkannya ke atas, koper itu tetap diam dan tidak akan menggelinding bukan pemecah masalah tetapi berguna saat Anda berdiri di lereng. Juga, koper roda dua mungkin lebih baik di atas tanah yang lebih kasar.

Saat mencoba koper beroda di lantai toko yang mulus, ingatlah bahwa Anda mungkin ingin menggunakannya di tanah yang lebih kasar atau berbatu apakah akan cukup kuat untuk itu juga?

3. Periksa berapa beratnya

Batas bagasi rata-rata pada penerbangan ekonomi jarak jauh adalah 23kg, jadi berat koper itu sendiri adalah kuncinya setiap kilo berat koper yang dibongkar berarti kurang satu yang Anda miliki untuk kit Anda.

4. Pikirkan tentang pegangan yang dibutuhkan

Pegangan tiang tunggal cenderung lebih kokoh pegangan tiang ganda menawarkan keseimbangan yang lebih baik. Gagang cek terbuat dari bahan yang kuat, sehingga tidak mudah patah, dan panjang pegangannya cocok untuk Anda, sehingga Anda tidak perlu membungkuk untuk menggunakannya.

5. Bagaimana tampilan dalamnya?

Beberapa kasing dibagi menjadi beberapa kompartemen, yang berguna untuk tetap teratur tetapi akan menambah berat. Bagian berventilasi sangat berguna untuk memisahkan pakaian bersih dan kotor. Cari tali kompresi, yang membantu mengemas barang-barang.

6. Apakah ada kantongnya?

Biasanya ditemukan di bagian luar kotak soft side, kantong menawarkan ruang ekstra, meskipun tidak cocok untuk barang berharga karena tidak dapat dikunci.

7. Ekstra apa yang disertakan?

Beberapa model akan hadir dengan fitur tambahan, seperti kunci kombo bawaan yang mengamankan ritsleting ke kasing, atau perangkat pelacak. Ini dapat diterima tetapi akan menambah berat bagasi dan mungkin biayanya, jadi pertimbangkan apakah Anda benar-benar membutuhkannya.

Terkait dengan koper, IUIGA Indonesia berkolaborasi PURANA menghadirkan koleksi eksklusif dan terbatas untuk produk koper dengan desain khusus dan terbatas. Koleksi koper best seller ini dimodifikasi dan mendapat sentuhan visual bernafaskan retro dari tim desain Purana sehingga menghasilkan sebuah produk koper yang berbeda dari yang lain.

Kolaborasi desain ini menggambarkan destinasi wisata di Indonesia yang dicetak langsung pada permukaan koper menggunakan teknologi UV printing, menjadikannya sebuah koleksi terbatas dan eksklusif yang tidak hanya kaya akan karakter nusantara tetapi juga memiliki ketahanan material yang sangat baik.

Produk kolaborasi ini sudah bisa didapatkan mulai 27 Agustus 2022 dan dapat dipesan di seluruh gerai IUIGA Indonesia maupun aplikasi IUIGA yang dapat diunduh di Google Play Store atau Apple Store. Produk ini eksklusif dan hanya dibuat dalam jumlah terbatas dan dapat dipesan dengan sistem pre-order.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya