5 Destinasi Wisata di Gangwon-do, Ada Tempat Syuting Drakor Goblin

Destinasi wisata di Gangwon-do
Sumber :
  • Gangwon Tourism Organisation

VIVA Travel – Gangwon-do adalah provinsi pegunungan berhutan di timur laut Korea Selatan. Gangwon-do merupakan salah satu dari Delapan Provinsi Korea selama Dinasti Joseon. Provinsi ini dibentuk pada tahun 1395, dan namanya diambil dari nama-nama kota utama Gangneung dan ibukota provinsi Wonju. Gangwon-do memiliki pemandangan yang indah disetiap sudutnya. Ada beberapa destinasi wisata di Gangwon-do yang wajib kamu kunjungi.

Sejarah Ketupat yang Menjadi Menu Paling Populer Saat Hari Raya Idul Fitri

Sejarah Gangwon-do

Gangwon-do, Korea Selatan

Photo :
  • Unsplash
Setelah 5 Tahun DAY6 Balik Lagi ke Jakarta Ikut Saranghaeyo Indonesia 2024

Sebelumnya mengetahui destinasi wisata di Gangwon-do, kamu harus mengenal sejarah singkat dari Provinsi Gangwon-do.

Melansir dari Korea Landscape, pada tahun 1895 Gangwon-do digantikan oleh Distrik Chuncheon di barat dan Gangneung di timur. (Wonju menjadi bagian dari Distrik Chungju.)

Wisata Alam Sukabumi Viral Gegara Will Smith, Sandiaga: Luar Biasa!

Pada tahun 1896 Korea dibagi kembali menjadi tiga belas provinsi, dan dua distrik digabung untuk membentuk kembali Provinsi Gangwon-do. Meskipun Wonju bergabung kembali dengan provinsi Gangwon-do, ibu kota provinsi dipindahkan ke Chuncheon, di mana ia tetap ada sampai sekarang.

Pada tahun 1945 Gangwon-do (bersama dengan seluruh Korea) dibagi oleh paralel utara ke-38 pada tahun 1945 menjadi zona pendudukan Amerika dan Soviet di selatan dan utara, yang menyebabkan Wonsan bergabung dengan bagian utara provinsi pada tahun 1946 untuk melayani sebagai pusat administrasinya. Pada tahun 1948, bagian selatan provinsi menjadi bagian dari Republik Korea yang baru. Sebagai hasil dari Perjanjian Gencatan Senjata Perang Korea tahun 1953, batas antara bagian selatan dan Korea Utara dari provinsi tersebut bergeser ke utara ke Garis Demarkasi Militer. 

Destinasi Wisata di Gangwon-do
Gangwon-do memiliki beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Simak destinasi wisata di Gangwon-do yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Taman Nasional Seoraksan

Taman Nasional Seoraksan

Photo :
  • flickr

Gunung Seoraksan, terbentang di sekitar titik tertinggi, Puncak Daecheongbong (ketinggian 1.708 m), adalah salah satu gunung terindah di Korea, menawarkan berbagai bunga berwarna-warni di musim semi, aliran air jernih yang menyegarkan di musim panas, dedaunan yang semarak di musim gugur, dan pemandangan tertutup salju yang indah di musim dingin. Dengan gunung yang berubah warna sesuai musimnya, datang ke Gunung Seoraksan menjamin pemandangan yang indah setiap saat sepanjang tahun.

Jalur Hangyeryeong dan Misiryeong berfungsi sebagai garis batas yang memisahkan bagian Seorak Luar, yang terletak di Laut Timur, dan Seorak Dalam. Bagian Seorak Luar adalah terdapat banyak air terjun besar seperti Air Terjun Biryongpokpo, Air Terjun Oryeonpokpo, dan Air Terjun Towangseongpokpo serta formasi batuan terkenal seperti Batu Ulsanbawi dan Gua Geumganggul. Fasilitas nyaman berkumpul di sekitar Seorak-dong, menjadikannya salah satu area tersibuk di dalam Taman Nasional Seoraksan. Jalur pendakian yang patut diperhatikan termasuk bagian antara Jalur Biseondae Flat Rock dan Madeungryeong Pass dan jalur yang menghubungkan Biseondae Flat Rock ke Puncak Daecheonbong melalui Lembah

2. Pulau Nami

Nami Island, Korea Selatan.

Photo :
  • U-Report

Pulau Namiseom, dirancang dengan konsep “Storybook Land, Song Island”, di pulau ini sering diadakan acara budaya, konser, dan pameran sepanjang tahun. Pulau ini bertujuan untuk mewujudkan mimpi dan harapan pada anak-anak, dan cinta dan kenangan pada pasangan. Fasilitas budaya utama yakni Museum Lagu, Taman Bermain Buku Bergambar, Toko Seni, dan Balai UNICEF. Kamu dapat menjelajahi pulau dengan nyaman dengan menaiki Kereta UNICEF, atau Bus Wisata. Pulau Namiseom juga memiliki restoran yang menawarkan berbagai masakan, dan akomodasi untuk bermalam.

3. Gua Daegeumgul

Gua Daegeumgul

Photo :
  • flickr

Gua Daegeumgul dapat menjadi destinasi wisata di Gangwon-do yang kamu kunjungi. Pintu masuk ke gua dibuka selama proyek penggalian, dan setelah periode persiapan yang panjang, gua dibuka untuk umum. Gua yang baru dibuka dan terpelihara dengan baik ini dipenuhi dengan fitur batu kapur seperti stalaktit, dan sejumlah besar air mengalir melalui gua, menciptakan air terjun, baik besar maupun kecil, bersama dengan banyak kolam.

4. Taman Nasional Odaesan

Taman Nasional Odaesan

Photo :
  • flickr

Gunung Odaesan terletak di bagian tengah dan timur Gangwon-do. Gunung ini ditetapkan sebagai taman nasional pada bulan Februari 1975, termasuk area seluas 298,5 yang berpusat di puncak tertinggi, Puncak Birobong (ketinggian 1.563 m). Puncak lainnya termasuk Horyeongbong, Sangwangbong, Dongdaesan, dan Durobong.

Gunung Odaesan memiliki hutan alam terbesar di Korea, berisi banyak hewan dan tumbuhan liar. Gunung ini dibagi menjadi lima bagian: Bagian Odaesan, Bagian Jembatan Bangadari, Bagian Byeongnae-ri, Bagian Gunung Hwangbyeongsan, Bagian Hongcheon-myeon, dan Bagian Sungai Sogeumgang. Taman Nasional Odaesan juga kaya akan tanah dan sumber daya, dengan hutan yang rimbun dan lereng yang landai. Selain itu, Taman Nasional Odaesan pas untuk kamu jadikan destinasi wisata di Gangwon-do.

5. Jumunjin

Destinasi wisata di Gangwon-do

Photo :
  • Gangwon Tourism Organisation

Tempat syuting K-drama yang sering dikunjungi penduduk setempat di Provinsi Gangwon-do adalah Jumunjin Breakwater. Penggemar serial K-drama populer Goblin pasti akan mengenali lokasi ini dalam sekejap. Di tempatlah dua karakter utama yang terkenal pertama kali bertemu.

Seperti yang kamu harapkan, Jumunjin Breakwater adalah salah satu lokasi paling populer di Instagram. Pengunjung lokal maupun asing, berduyun-duyun ke dermaga berbatu ini untuk menghidupkan kembali adegan ikonik dalam drama. Banyak yang bahkan datang dengan mengenakan pakaian serupa dan dengan alat peraga. Bahkan jika kamu bukan penggemar drama, pemandangan indah dari dermaga saja sudah cukup untuk membuat kamu terkagum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya