4 Tips Staycation Hemat Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023

Liburan Staycation.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle –  Beberapa waktu belakangan ini staycation menjadi salah satu tren wisata yang digemari dan menjadi bagian dari gaya hidup para pengguna di tengah pandemi. Staycation kini memiliki arti lebih luas, dari sekadar liburan di dalam kota menjadi short getaway (liburan singkat).

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Google Year in Search Indonesia 2021 melaporkan hasil penelusuran staycation di Google meningkat hingga 85%. Ini juga terefleksi dengan data internal Traveloka bahwa staycation yang dilakukan oleh konsumen pada Agustus 2022 di dalam kota naik dua kali lipat dibandingkan dengan 2021. Scroll untuk simak selengkapnya.

Kriteria staycation yang digemari oleh konsumen yaitu menginap di akomodasi yang memiliki pemandangan indah, dekat dengan pusat perbelanjaan dan atraksi wisata, memiliki kolam renang dan fasilitas kamar yang memadai.

Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Chief Marketing Officer, Traveloka, Shirley Lesmana mengatakan, sejak awal tahun, masyarakat sudah mulai kembali beraktivitas secara normal dan minat berwisata masyarakat terus bergeliat.

"Khususnya dalam enam bulan terakhir, kami juga mencatat pertumbuhan tren berlibur staycation yang kini terus meningkat popularitasnya, seiring dengan peningkatan jumlah konsumen yang melakukan perjalanan dan berlibur," kata dia dalam keterangan pers yang diterima VIVA.

Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Dicekoki Inex dan Sabu

Berbicara mengenai staycation, ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk menikmati staycation dengan harga murah.

1. Membuat alokasi dana

Tips Liburan Hemat dengan Budget Minimal Tanpa Menguras Dompet

Photo :
  • U-Report

Menentukan jumlah budget yang kamu miliki di awal dapat membantu kamu menentukan destinasi lokasi untuk staycation nantinya. Mempersiapkan dana sesuai dengan kebutuhan tentunya merupakan langkah awal yang esensial agar kamu bisa berlibur dengan tenang. Dengan mempersiapkan alokasi dana dari awal, kamu bisa menghindari risiko over-budget.

2. Memilih destinasi lokasi dengan bijak

Setelah menghitung budget yang harus dipersiapkan untuk staycation dengan keluarga atau teman dekat, kamu tentunya harus memilih destinasi lokasi staycation terlebih dahulu. Sebab, tidak semua destinasi menawarkan harga hotel yang murah dan ramah di kantong. Karenanya, penting untuk melakukan sedikit riset terkait lokasi staycation yang kamu pilih.

3. Membuat perbandingan harga, fasilitas, dan hal lainnya

Ilustrasi traveling

Photo :
  • Pixabay/Pexel

Jika sudah menemukan lokasi yang tepat, kamu bisa melakukan perbandingan harga hotel dan akomodasi lainnya. Jangan takut untuk mencari banyak referensi. Pasalnya, semakin banyak pilihannya, semakin variatif juga harga, fasilitas, akomodasi, hingga hal lainnya yang bisa kamu bandingkan.

Berbicara mengenai memilih tempat staycation, Traveloka menggelar Staycation Week yang terbagi dalam dua periode, yakni periode pemesanan dan periode menginap.

Periode pemesanan akan berlangsung pada tanggal 21–28 Oktober 2022 dengan diskon hingga 70% untuk berbagai produk mulai dari layanan Hotel dan Holiday Stays, tiket pesawat, airport transfer, bus & travel, hingga Traveloka Xperience untuk produk atraksi wisata, tur, spa dan kecantikan. Sementara periode staycation akan berlangsung pada 29 Oktober–3 November 2022.

4. Pesan saat malam hari

Pesan hotel lewat situs pemesanan daring memang lebih mudah dan efisien. Jika diperhatikan, harga pada situs booking online sering berubah setiap waktu.  Lakukan pengecekan harga pada sore hingga malam hari untuk mendapatkan harga termurah karena hotel biasanya memperbarui harga pada pagi hari. Buat yang hobi begadang, bisa nih, dipakai waktunya buat cari penginapan hemat.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya