5 Pantai yang Wajib Dikunjungi di Gunungkidul, Hidden Gem Jogja!

Pantai Jungwok, Gunungkidul, Yogyakarta.
Sumber :
  • Instagram @inigunungkidul_id.

VIVA Travel – Tak diragukan lagi, Yogyakarta menjadi salah satu kota yang banyak diburu wisatawan. Pun, dengan salah satu kabupatennya Gunungkidul, yang sudah tak asing di telinga. Nah, dalam rangka memperkenalkan lagi kabupaten ini, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menginisiasi kampanye Ini Gunungkidul – The Ultimate Hidden Gem. 

Grand Elty Krakatoa: Liburan Impian di Lampung dengan Pemandangan Menakjubkan

Campaign atau kegiatan branding ini sebagai bentuk promosi demi meningkatkan daya tarik pariwisata di Gunungkidul, sehingga kunjungan wisatawan semakin meningkat. Diharapkan, semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung dan merasakan pengalaman berwisata menikmati keindahan alam dan budaya di Gunungkidul. Yuk, scroll untuk tahu hidden gem di sini.

Dengan mengusung campaign The Ultimate Hidden Gem ini, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul ingin menyorot beberapa destinasi wisata yang tentu sangat merepresentasikan konsep tersebut, di antaranya Pantai Kesirat, Pantai Wediombo, Pantai Ngobaran, Pantai Jungwok, Bukit Pengilon, dan Pantai Ngrawe atau yang sering dikenal dengan nama Pantai Mesra. 

Potret Manis Wulan Guritno, Rayakan Ulang Tahun ke-43 di Pantai Bersama Sang Anak

Destinasi wisata yang dipilih untuk merepresentasikan campaign The Ultimate Hidden Gem ini tentunya dipilih dari segi estetika atau keindahan dan juga potensi wisata yang dirasa sangat disayangkan jika dilewatkan oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Gunungkidul. 

Pantai Wediombo

Photo :
Tempat Wisata Sudah Padat, Jalan Menuju Anyer Ditutup

Lalu, bagaimana Pemerintah Kabupaten Gunungkidul memastikan bahwa standar Industri Pariwisata Kemenparekraf Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) masih diterapkan di masing-masing destinasi? 

Bupati Gunungkidul, H. Sunaryanta mengatakan, Pemkab Gunungkidul terus berupaya menciptakan kondisi kepariwisataan yang sehat pasca pandemi, salah satunya memastikan keamanan bagi wisatawan. 

"Dalam hal ini, Pemkab Gunungkidul mendukung program sertifikasi CHSE oleh Kemenparekraf di setiap objek wisata. Sebagai gambaran, sejak tahun 2021 hingga saat ini Kabupaten Gunungkidul telah memiliki 61 titik yang tersertifikasi CHSE dengan rincian 37 Daya Tarik Wisata, 13 Restoran, 6 Hotel, 3 Homestay, 1 Toko Cinderamata, dan 1 Rumah Makan, data tersebut dapat diakses chse.kemenparekraf.go.id," ujar Sunaryanta dalam keterangannya, Minggu 30 Oktober 2022. 

Penanggulangan sampah pada destinasi wisatanya pun, menurut Sunaryanta sangat diperhatikan oleh Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, demi terciptanya ekosistem wisata yang bersih dan nyaman bagi para wisatawan. 

"Dalam perencanaan master plan persampahan telah direncanakan untuk pembangunan TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu) di Kalurahan Banjarejo Tanjungsari, untuk mengelola sampah khususnya wilayah pantai. Pada tahun 2023 direncanakan pembangunan TPS3R (Tempat Pengolahan sampah Reduce Reuse Recycle). Diharapkan setiap kawasan wisata dapat mengelola sampah secara mandiri," pungkas Bupati Gunungkidul.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya