Traveller, Ini 8 Tips Tetap Aman dan Nyaman Saat Bepergian ke Luar Negeri

Ilustrasi liburan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle –  Mulai dibukanya perjalanan ke luar negeri pasca pandemi COVID-19 membawa dampak yang cukup baik. Bepergian ke luar negeri baik untuk bisnis ataupun liburan adalah untuk membuat kenangan, bersenang-senang dan menjelajahi tempat baru. Tetapi meskipun bersenang-senang adalah prioritas, jadi harus tetap waspada, terutama di negara yang tidak Anda kenal dengan baik. 

Areum Eks T-ARA Akhirnya Putus dengan Pacarnya Usai Menimbulkan Kontroversi

Terkadang, wisatawan dapat menjadi sasaran para penjahat yang memanfaatkan mereka karena tidak mengetahui daerah tersebut atau berbicara bahasa lokal. Untuk memastikan Anda tetap aman dan nyaman selama berada di  uar negeri, Express.co.uk telah mengumpulkan cara agar Anda tetap aman selama berada di luar negeri. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

1. Dapatkan asuransi perjalanan

Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

Sejauh ini, ini adalah saran terpenting bagi mereka yang bepergian ke luar negeri. Asuransi perjalanan dapat melindungi Anda jika Anda harus membatalkan atau mempersingkat perjalanan Anda dan melewatkan transportasi atau menunda keberangkatan.

Liburan di Dubai, Shandy Aulia Terdampak Badai Ekstrem

Itu juga dapat melindungi Anda jika Anda terluka dan membutuhkan bantuan medis, jika barang-barang Anda rusak atau jika paspor, uang, bagasi, atau barang lainnya hilang atau dicuri.

PT. Aman Jelajah Internasional (AJI) di Indonesia yang menawarkan asuransi perjalanan dengan keunggulan double-protection melalui inovasi produk terbarunya, Amanyaman, yang secara official diluncurkan pada Senin, 31 Oktober 2022 di Hotel Pullman Central Park bersamaan dengan rangkaian GIP Group Summit 2022. 

“Yang ingin kami hadirkan untuk masyarakat Indonesia, adalah asuransi perjalanan yang bisa dipercayai. Perjalanan baik untuk para bisnis traveller, maupun leisure traveller dengan rasa aman dan nyaman akan menjadi prioritas kami. Dengan Amanyaman, kami pastikan traveller akan terlindungi mulai dari sebelum perjalanan, selama perjalanan, bahkan hingga perjalanan telah berakhir tanpa rasa khawatir,” kata Direktur PT. Aman Jelajah Internasional (AJI), Budi Kusmawardi.

Untuk pertama kalinya di Indonesia, Amanyaman memberikan manfaat proteksi atas biaya rebooking ticket bagi pemegang polis yang harus melakukan reschedule tiket karena mengalami urusan mendadak dengan alasan apapun. 

Dalam merencanakan sebuah perjalanan, terdapat banyak hal yang perlu dipertimbangkan oleh traveller, mulai dari kondisi cuaca, sampai situasi yang belum pasti seperti jadwal libur sekolah anak, business meeting, undangan pernikahan kerabat, yang mengakibatkan traveller harus melakukan perubahan jadwal penerbangan.

Amanyaman memberikan konsumen kebebasan untuk mengubah jadwal perjalanan mereka bilamana risiko-risiko perjalanan yang tidak diduga terjadi. Selain itu, Amanyaman siap memberikan perlindungan medis, proteksi kecelakaan diri, serta proteksi terhadap seluruh risiko perjalanan lainnya yang dapat dinikmati dari sebelum keberangkatan, selama perjalanan, bahkan setelah perjalanan berakhir saat konsumen sudah tiba kembali di Indonesia. 

"Kami juga menyediakan proteksi atas penggantian biaya aplikasi visa jika visa yang diajukan ditolak oleh kedutaan. Didukung dengan teknologi terdepan, semua proses dapat diakses dengan mudah bagi travellers maupun Travel Agent, melalui satu platform Sales App dan Claim App yang sudah terintegrasi dan user-friendly. Dengan Fitur Tracking Claim history, proses klaim menjadi lebih transparan karena dapat dipantau kapan saja dan dimana saja secara real time tanpa memerlukan prosedur yang rumit," tutur Budi.

Produk Amanyaman melayani seluruh perjalanan di Asia hingga seluruh dunia dengan menawarkan pilihan produk yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, mulai dari Asia 50, Worldwide 50, Worldwide 100 dan Worldwide 250 dengan total perlindungan hingga Rp3,75 miliar. Serta produk Asia 50 plus, Worldwide 50 plus, Worldwide 100 plus dan Worldwide 250 plus yang sudah dilengkapi dengan proteksi COVID-19 hingga US$32.500. 

Berbagai pilihan plan type ini memastikan traveller dapat memilih tipe polis sesuai dengan kebutuhan. Amanyaman juga menyediakan tipe asuransi Family Plan yang bisa melindungi seluruh anggota keluarga yang turut dalam perjalanan. 

Semuanya tersedia baik untuk Single Trip yang hanya berlaku untuk sekali perjalanan, atau Annual Trip bagi frequent traveller yang membutuhkan perlindungan selama periode 1 (satu) tahun penuh. Hadir dengan beragam manfaat, penawaran premi mulai dari Rp80.000 serta proses transaksi yang mudah.

2. Hindari area tertentu

Ilustrasi liburan ke Jepang

Photo :
  • VIVA/ Isra Berlian

Gang-gang gelap, area kasar dan bahkan stasiun bus atau kereta api di malam hari bisa menjadi rumah bagi beberapa karakter buruk. Jika Anda merasa tidak nyaman, cobalah berjalan ke area yang sangat sibuk seperti restoran atau bar.

Jika Anda merasa sedang diikuti, mintalah bantuan seseorang yang terlihat seperti petugas keamanan atau polisi atau masuk ke hotel yang bukan milik Anda.

3. Waspadalah terhadap penipuan

Ada banyak penipuan di luar sana yang sering digunakan pada turis. Beberapa penipuan berfungsi untuk mengalihkan perhatian Anda saat Anda sedang dicopet. Teliti penipuan yang telah dicatat di mana Anda bepergian di blog dan forum.

4. Kunci pintu 

Ilustrasi wanita liburan.

Photo :
  • U-Report

Kunci jendela dan pintu Anda, di mana pun Anda tinggal. Kemudian, kunci barang-barang Anda di akomodasi Anda. Idealnya, pilihlah akomodasi yang memiliki brankas untuk barang-barang Anda sehingga meskipun terjadi pembobolan, barang-barang berharga Anda tetap aman.

5. Lakukan riset 

Sebelum Anda pergi, lakukan riset di area tempat Anda tinggal. Cari tahu di mana lebih banyak turis, di mana kejahatan terjadi, di mana kantor polisi, di mana kedutaan Anda dan layanan transportasi apa yang tersedia.

6. Simpan daftar nomor darurat

Buat daftar nomor darurat untuk negara yang Anda kunjungi dan simpan bersama Anda setiap saat. Ini termasuk alamat kedutaan, email dan nomor telepon. Simpan nomor di ponsel Anda dan pada orang Anda jika ponsel Anda dicuri atau kehabisan baterai.

7. Simpan paspor dan kartu

Ilustrasi paspor dan visa

Photo :
  • Pexels/Mariakrey

Selalu simpan uang, kartu, dan dokumen Anda di tas tangan Anda dan simpan bersama Anda. Paspor dan uang Anda adalah jalan pulang - jika dicuri, Anda bisa terjebak di negara asing untuk sementara waktu. Beberapa orang bahkan menyarankan untuk menempelkan paspor pada diri mereka sendiri untuk memastikan mereka tetap aman.

"Di asuransi Amannyaman, salah satu benefit lainnya adalah apabila dokumen hilang, kami akan bantu biaya pengurusannya tentunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Budi. 

8. Hindari uang tunai

Adalah baik untuk memiliki uang tunai yang berguna untuk taksi atau vendor yang hanya menerima uang tunai, tetapi tidak baik untuk mengandalkannya. Uang tunai dapat dengan mudah dicuri, membuat Anda terjebak jika Anda tidak memiliki pilihan lain. Kartu perjalanan atau kartu kredit/debit selalu dapat diblokir jika dicuri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya