Sering Ketemu Penumpang Nyebelin di Pesawat? Ini Alasannya

Ilustrasi Penumpang Pesawat
Sumber :
  • U-Report

VIVA Travel – Seorang psikolog mengungkapkan mengapa beberapa orang tidak bisa menahan diri menjadi menyebalkan di pesawat, padahal mereka tahu tindakannya akan membuat orang lain kesal

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

Beberapa hal yang membuat penumpang jengkel antara lain membuka alas kaki, menyandarkan kursi terlalu landai, dan membuka penutup jendela di saat matahari sedang terik. 

Namun ada kebiasaan yang lebih buruk dalam daftar yaitu penumpang berdiri di lorong sebelum pesawat berhenti dan pintu dibuka. Dilansir dari The Sun, barangkali ada alasan lain yang membuat orang melakukan itu lebih dari sekadar keinginan untuk turun dari pesawat buru-buru.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Ilustrasi kabin pesawat.

Photo :
  • Pixabay

Seorang yang sering bepergian dengan pesawat bernama Stephanie Miller menggambarkan tindakan tersebut sebagai mutlak yang terburuk. Dalam sebuah podcast Kicpod.

Proyek Kereta Cepat Dilanjutkan Sampai Surabaya, Luhut Bentuk Tim Percepatan dengan China

“Maaf, jika Anda berdiri dan menyadari semua orang hanya berdiri di sana dan antrean tidak bergerak selama 15 menit, duduklah kembali,” ucapnya. 

Hal ini dibeberkan oleh Gaynor Parkin, seorang psikolog klinis terdaftar. Dalam sebuah artikel baru-baru ini ia membeberkan mengapa orang merasa perlu berdiri setelah pesawat menyentuh landasan – walaupun mereka tahu tidak bisa keluar dari bandara lebih cepat.

Ia mengutarakan bahwa perasaan aktif melakukan sesuatu sering membuat orang bangun lebih awal sehingga duduk dan menunggu terasa seperti buang-buang waktu. 

“Kamu selalu ingin melanjutkan hal berikutnya. Kamu ingin turun dan melanjutkan hari,” katanya. 

Selain itu ada juga penumpang yang tak bisa berlama-lama di pesawat karena serangan panik – membuatnya harus turun dari pesawat secepat mungkin. 

“Saya tahu fobia pesawat dan orang yang mengalami serangan panik ketika berada di tempat umum sangat ramai,” tutur Parkin.

Kemudian ada kelompok yang merasa mereka perlu berdiri dan keluar dari pesawat paling awal karena merasa paling spesial.

Calon penumpang di bandara berjalan menuju pesawat terbang. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

“Mereka berpikir, ‘saya spesial, saya harus turun lebih awal’,” ungkapnya. 

Di sisi lain, seorang pilot Jonny Knowlson membocorkan cara bagi penumpang yang ingin segera turun dari pesawat untuk menghindari antrean panjang. 

Ia menyatakan duduk di paling depan atau belakang pesawat dalam penerbangan jarak pendek karena biasanya kedua pintu pesawat dibuka. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya