5 Trik Berlibur di Musim Hujan, Nomor 4 Penting Banget Demi Keamanan

Ilustrasi musim hujan.
Sumber :
  • vstory

VIVA Travel – Tanah yang subur, langit yang suram namun penuh kejutan, dan kesegaran di sekeliling adalah beberapa pemandangan seru dari musim hujan. Meski begitu, musim hujan juga menjadi tantangan tersendiri bagi para pelancong agar tetap waspada dan bisa menikmati berbagai area saat berlibur di tempat baru.

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

Dunia pariwisata dan perjalanan sudah mulai kembali pulih pasca pandemi. Sebuah laporan dari World Travel & Tourism Council yang berbasis di London mengindikasikan industri perjalanan di Asia-Pasifik mungkin satu-satunya di dunia yang pulih pada tahun 2023. Laporan ini juga mengatakan bahwa untuk kawasan Asia Pasifik, jumlah pendapatan perjalanan yang berkontribusi pada perkiraan ekonomi secara keseluruhan akan tumbuh sebesar 71 persen. Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Namun, liburan ini bertepatan dengan musim hujan. Musim hujan adalah salah satu momen yang indah ketika lingkungan menghilangkan semua kekhawatiran dan kita menjadi penonton bisu, menikmati pesona saat itu. Bepergian di musim hujan di Indonesia juga sangat menyenangkan! 

6 Tips untuk Liburan yang Lebih Lancar saat ke Korea Selatan

Meski begitu, walau alam tampak luar biasa dan tempat-tempat berada dalam kondisi terbaiknya, ada banyak hal tambahan yang harus diperhatikan. Dari perencanaan hingga persiapan hingga seluruh perjalanan, pelancong harus mengakui bahwa bepergian selama musim yang paling menyenangkan di Indonesia it, ada juga bahaya bepergian selama musim hujan.

Mulai dari memeriksa prakiraan cuaca hingga mengisi ransel dengan semua hal penting, ada beberapa hal yang akan berguna untuk rencana perjalanan musim hujan, dikutip dari laman Travel Triangel.

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

1. Jangan pergi tanpa memeriksa prakiraan cuaca

Fakta bahwa sebagian besar wilayah Indonesia diguyur hujan deras membuat pengecekan prakiraan cuaca di tempat tujuan menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan. Ini menjadi lebih mudah di medan yang sulit seperti wilayah pegunungan, daerah dengan banyak curah hujan dan kemungkinan tanah longsor dan hujan deras terlihat begitu menonjol. Pastikan Anda memeriksa prakiraan cuaca 3-5 hari sebelum dan sesudah tanggal perjalanan.

2. Bawa obat secukupnya

Ilustrasi obat

Photo :
  • Freepik/freepik

Sebagai tindakan pencegahan, pastikan Anda selalu membawa kotak P3K dan obat nyamuk beserta tablet yang diresepkan dan obat-obatan penting lainnya sebelum memulai perjalanan. Musim hujan adalah musim yang menarik tidak hanya para pelancong tetapi juga serangga dan nyamuk.

Ketika Anda berkemah di tengah-tengah alam terutama di daerah dataran rendah, ada kemungkinan akan mendapatkan beberapa pengunjung yang tidak diharapkan muncul terutama selama musim hujan seperti nyamuk hingga serangga lain. Krim pengusir nyamuk berguna saat Anda berencana berkemah di luar ruangan.

3. Membawa pakaian tahan air

Kain sintetis, sebagian besar dikenal lebih bernapas dan mudah dikemas, adalah perusahaan terbaik untuk perjalanan komprehensif selama musim hujan. Selain ringan dan nyaman, bahan ini juga cenderung mengering dalam waktu singkat. Jadi meskipun Anda basah saat bepergian selama musim hujan, kain sintetisnya akan melindungi Anda.

4. Pakai alas kaki tahan air

Ilustrasi traveling

Photo :
  • Pixabay/Pexel

Alas kaki perlu mendapat perhatian khusus saat Anda membuat rencana perjalanan selama musim hujan. Memakai sepatu tahan air yang baik akan memungkinkan Anda untuk berjalan tanpa repot dan nyaman yang merupakan bagian terpenting dari berjalan di medan pegunungan yang sulit. Sepasang sepatu yang dapat diandalkan tentu saja menjadi berkah bagi setiap pelancong yang berencana untuk mendaki/berjalan di musim hujan.

5. Pilih agen perjalanan terpercaya

Jadi hal penting untuk memeriksa agen perjalanan terpercaya seperti Golden Rama Tours & Travel yang meluncurkan situs web yang telah diperbaharui guna memberikan pengalaman baru bagi pelanggan setianya dan juga calon pelanggan baru. Tampilan baru ini akan mempermudah pelanggan untuk mengakses situs Golden Rama, mengingat mayoritas pelanggannya mengakses situs melalui perangkat seluler. 

“Dengan memastikan tersedianya akses terhadap seluruh produk dan layanan, Golden Rama Tours & Travel mengambil peran melalui pengembangan layanan digital untuk selalu relevan bagi seluruh pelanggannya. Dengan tampilan yang lebih ramah bagi pengguna serta kemudahan transaksi kami berharap untuk menjadi lebih dekat dengan pelanggan setia dan memberikan pengalaman baru untuk para pelanggan yang belum mengenal Golden Rama,” ujar I Gusti Ngurah Kartika Prasada, Head of Digital & Transformation di Golden Rama. 

Situs ini juga diharapkan bisa menjadi katalog produk tour yang menginspirasi dan memperkenalkan produk tour Golden Rama ke berbagai destinasi impian, baik lokal maupun internasional, yang dapat dipersonalisasikan sesuai kebutuhan, anggaran dan jadwal pelanggan setia serta calon pelanggan Golden Rama di manapun mereka berada. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya