8 Tempat Wisata Alam Ramah Anak di Bogor, Cocok Buat Libur Sekolah

The Ranch Bogor.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Merencanakan liburan dengan si kecil bisa menjadi salah satu cara yang dipilih saat libur semester saat ini. Apalagi, tidak semua destinasi wisata tentunya mempunyai fasilitas yang ramah anak atau menyediakan rekreasi wahana yang disukai oleh anak kecil. Namun ternyata, salah satu kota yang menawarkan banyak destinasi wisata alam ramah anak adalah Bogor

Pengakuan Anak Buah Syafrin Tumpangi Mobil Dishub DKI yang Buang Sampah Sembarangan

Tempat wisata di Bogor untuk libur sekolah ini sangat beragam. Para orang tua bisa mengajak anak berpetualang di alam, bermain air, wahana permainan, mengenal aneka flora serta fauna dan lain sebagainya. Nah, untuk kamu yang penasaran simak ulasan selengkapnya tentang wisata alam ramah anak di Bogor yang dirangkum dari berbagai sumber. 

1. Taman Buah Mekarsari

Mobil Dishub DKI Buang Sampah Sembarangan di Puncak Bogor, Ditumpangi Kasatpel

pengunjung amati buah durian lokal di taman wisata Mekarsari, Cileungsi, Bogor

Photo :
  • Antara/ Jafkhairi

Taman Buah Mekarsari adalah salah satu pusat pelestarian buah-buahan tropika terbesar di dunia. Karena, obyek wisata satu ini sangat cocok untuk kamu mengajak anak bertualang sembari mengenali aneka macam buah-buahan. Dilihat dari situs resminya, taman buah ini menyediakan fasilitas wisata kebun buah dan wisata bermain. 

Antisipasi Kepadatan Kendaraan, Jasa Marga Berlakukan Contraflow Tol Jagorawi Arah Puncak

Wisata kebun buah terdiri atas garden drive thru dan tropical camp. Sedangkan wisata bermain menawarkan wahana kids outbound, ATV adventure, dan istana balon. Ada juga wahana permainan air yaitu water kingdom. Taman ini buka setiap hari dan berada di Jl. Raya Cileungsi - Jonggol KM 2, Mekarsari, Cileungsi, Kabupaten Bogor. 

2. The Ranch Cisarua

The Ranch Cisarua Bogor

Photo :
  • U-Report

Konsep The Ranch Cisarua ini mirip De Ranch Lembang, Bandung, yakni tempat wisata menunggang kuda. Para pengunjung, baik dewasa maupun anak-anak bisa menunggang kuda dengan memakai kostum abad pertengahan Eropa ala Robin Hood. Selain berkuda, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas seru lain di sini. 

Aktivitas yang dimaksud adalah memanah, mengunjungi peternakan, bermain aneka wahana, hingga berfoto. Anak-anak bisa memberi makan hewan di peternakan. Karena ada berbagai hewan seperti domba merino, sapi, dan kelinci. Bukan hanya itu saja, pengunjung juga bisa menikmati wahana seperti sepeda, trampoline, delman, dan balon air. 

3. Cimory Dairyland Puncak

Cimory Semarang

Photo :
  • U-Report

Cimory Dairyland Puncak ini adalah salah satu tempat wisata populer di kawasan Puncak. Tepatnya berada di Jl. Raya Puncak Gadong, Cipayung Girang, Megamendung, Bogor. Menurut informasi dari berbagai sumber, tempat wisata satu ini dilengkapi dengan berbagai wahana seru dan edukatif, yang dikemas secara menyenangkan. 

Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilaksanakan di sini bersama keluarga. Mulai dari menunggang kuda, keliling naik traktor, berinteraksi dengan satwa, berfoto, dan kuliner lezat. 

4. Kebun Raya Bogor

sorot kegiatan ilmiah lipi untuk masyarakat - ecodome di kebun raya bogor

Photo :
  • ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat cocok untuk mengajak anak berpetualang di alam terbuka. Pengunjung dapat menikmati pohon-pohon yang rindang, dan beragam tanaman. 

Aktivitas lain yang bisa dilaksanakan di Kebun Raya Bogor adalah bersepeda keliling Kebun Raya Bogor, duduk di tepi danau seberang Istana Presiden, mengunjungi Taman Meksiko yang ada banyak spesies tumbuhan iklim kering, dan mengunjungi Museum Zoologi. Letaknya juga sangat strategis karena berada tidak jauh dari Stasiun Bogor. 

5. Taman Safari

Taman Safari, Bogor

Photo :
  • Shutterstock - Selsa Artika

Taman Safari adalah salah satu kebun binatang di Indonesia yang sangat populer. Kebun binatang yang berada di Cisarua, Bogor Jawa Barat ini memang sangat cocok untuk mengajak anak dalam berpetualang sambil mengenalkan aneka fauna. Taman Safari menawarkan pengalaman terhadap pengunjung guna menyaksikan dari dekat kehidupan satwa. 

Misalnya, jika paket safari siang, kamu bisa berkeliling memakai kendaraan pribadi untuk melihat kehidupan satwa di alam. Selain paket safari siang, Taman Safari juga mempunyai berbagai aktivitas lain untuk pengunjung. Mulai dari Istana Panda, Safari Trek & Outbond, serta Safari Malam. 

6. Taman Wisata Matahari

Warga menikmati wisata taman Bunga Matahari (Helianthus annuus) yang mekar di Paris Van Java Mall, Bandung, Jawa Barat, Minggu, 30 Desember 2018.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Taman Wisata Matahari atau TWM Park merupakan salah satu tempat rekreasi keluarga di kawasan Puncak, Bogor. Menurut informasi yang dilansir dari situs resminya, Taman Wisata Matahari ini mengusung konsep rekreasi dan edukasi yang dilengkapi dengan berbagai wahana. 

Objek wisata dengan luas 40 hektar ini mempunyai wahana air, wahana permainan, wahana petualangan, dan wahana wisata edukasi. Jadi, untuk para orang tua dapat mengajak si kecil mengisi libur sekolah dengan berpetualang di sini. Letaknya pun mudah dijangkau karena berada di Jalan Raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor.

7. Cimory Riverside

Cimory Riverside, Bogor.

Photo :
  • U-Report

Selain Cimory Dairyland Puncak, wisatawan juga bisa mengunjungi Cimory Riverside. Konsepnya hampir mirip dengan yang berada di Puncak tapi dengan menggabungkan restoran dan tempat wisata. Pengunjung bisa menikmati berbagai wahana di sini. 

Mulai dari Cimory Forest Walk, Monster Aquarium, dan Museum Lulu. Objek wisata satu ini bisa dipakai untuk mengajak anak-anak bertualang sambil menyantap kuliner. Letaknya juga berada di pinggir Sungai Ciliwung, tepatnya di Jl Raya Puncak KM 77, Leuwimalang, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. 

8. Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya

Penangkaran Rusa Jawa

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Para orang tua juga dapat mengajak anak-anak untuk berinteraksi dengan rusa di sini. Bahkan, penangkaran rusa satu ini dikatakan berdiri sejak tahun 1993. Pada awalnya, Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya bernama Penangkaran Rusa Cariu. 

Ada berbagai jenis rusa yang dapat ditemui, mulai dari rusa cheetal, rusa Jawa, dan rusa bawean. Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya berada di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Bogor. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya