Pemerintah Perbolehkan Perayaan Nataru, Tapi Tetap Cegah Penularan COVID-19

Pesta kembang api di malam tahun baru. (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M N Kanwa

VIVA Travel – Mempertimbangkan situasi pandemi terkini, pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy telah memberikan izin untuk perayaan Natal dan Tahun Baru alias Nataru.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Dalam rapat koordinasi lintas sektor persiapan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Muhadjir menegaskan lagi bahwa perayaan Natal sudah diperbolehkan digelar di setiap gereja dengan kapasitas 100 persen. Hal ini berarti sudah tidak ada pembatasan-pembatasan seperti tahun-tahun sebelumnya. Scroll untuk informasi selengkapnya.

"Untuk tahun ini sudah tidak ada pembatasan, tetapi ketentuan-ketentuan masih berlaku," kata Muhadjir usai rapat koordinasi lintas sektor persiapan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Mabes Polri, Jakarta. 

Remaja Tikam 2 Pendeta Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka Terorisme

Meski tidak ada pembatasan, Muhadjir mengimbau agar masyarakat tetap mematuhi ketentuan-ketentuan yang ditetapkan Pemerintah untuk mencegah penularan COVID-19. Namun dia menegaskan, perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 pada prinsipnya diperbolehkan. 

Menko PMK Muhadjir Effendy.

Photo :
  • istimewa
Detik-detik Bharada Richard Eliezer Pindah Agama Jelang Menikah dengan Ling Ling

"Ketentuan-ketentuan masih berlaku, termasuk juga di dalamnya penyelenggaraan ibadah. Tetapi pada prinsipnya untuk tahun ini perayaan Natal maupun Tahun Baru sudah bisa dibolehkan," pungkasnya. 

Bicara tempat ibadah untuk perayaan Natal, Tugiyana, Ketua Pengurus GKJ Purbalingga, mengungkapkan, GKJ Purbalingga sendiri dapat menampung hingga kurang lebih 300 jemaat untuk beribadah. Namun, sejak adanya pembatasan kegiatan di tempat ibadah, bangunan gereja menjadi kurang terawat.

"Sehingga pada momen Natal kali ini, kami ingin menghadirkan kembali suka cita melalui tampilan gereja yang lebih bersih dan sehat," ujar Tugiyana dalam keterangannya, Kamis 22 Desember 2022. 

Bak gayung bersambut, Rahman Banar Sasana, Kepala Depot area Purwokerto, mengatakan, Nippon Paint Indonesia mendonasikan cat Nippon Elastex Waterproof 3-IN-1 sebanyak 180 liter untuk GKJ Purbalingga seluas 1507 meter persegi. 

"Diharapkan sumbangan pengecatan ini dapat memberikan warna semangat baru bagi jemaat GKJ Purbalingga dalam melaksanakan ibadah," ungkapnya. 

Mark Liew, General Manager (TU Division) Nippon Paint Indonesia mengatakan, sepanjang 2022, Nippon Paint juga melakukan kegiatan serupa dengan mendukung rumah-rumah ibadah keagamaan dalam melakukan revitalisasi. 

"Nippon Paint telah merevitalisasi 80 area ibadah di seluruh Indonesia. Hingga kini, kami masih konsisten dan berkomitmen untuk memberikan manfaat terbaik bagi masyarakat Indonesia dalam mewujudkan area ibadah yang aman dan nyaman bagi semua kalangan,” pungkas Mark Liew.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya