5 Rekomendasi Wisata Lampung, Cocok Untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun

Pulau Pahawang, Lampung
Sumber :
  • ANTV

VIVA Travel – Libur akhir tahun sebentar lagi tiba. Bagi kamu yang ingin mengisi liburan dengan berwisata, ada banyak daerah yang menawarkan tempat-tempat wisata menarik, salah satunya di wisata Lampung.

Cocok Buat Healing, 3 Curug Ini Terletak di Sentul City

Lampung merupakan provinsi yang ada di ujung selatan Pulau Sumatera. Karena lokasinya dekat dengan Pulau Jawa, Lampung kini bukan lagi hanya kota tujuan transmigrasi, tapi juga telah menjadi salah satu destinasi wisata populer.

Pulau Pahawang.

Photo :
  • U-Report
Ma'ruf Amin: Tahun Baru Imlek Momentum Perbaiki Diri

Terlebih lokasinya yang terletak di pesisir selatan Pulau Sumatera, Lampung memiliki banyak pantai-pantai yang indah. Berikut tempat wisata populer yang ada di Provinsi Lampung yang VIVA dapat rekomendasikan.

1. Pantai Sari Ringgung

Apa Kaitan Hujan Saat Imlek? Benarkah Bisa Bawa Hoki?

Pantai Sari Ringgung.

Photo :
  • U-Report

Pantai Sari Ringgung berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Bandar Lampung. Pantai dengan Hamparan pasir putih dan fasilitas water sport yang lengkap ini dapat menjadi pilihan destinasi saat libur Nataru.

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran, perpaduan pantai dan puncak menjadi salah satu keunikan yang dimiliki Pantai Sari Ringgung. Wisata ini juga dapat dikunjungi oleh segala usia. Selain itu, akses jalan menuju ke sini pun sudah sangat memadai.

Daya tarik utama Pantai Sari Ringgung adalah pasir timbul dan masjid apung yang dapat dijangkau menggunakan kapal. Selain itu, pantai ini juga menawarkan pemandangan yang sangat indah dari puncak Krakatau View. Tak sulit menjangkaunya, pengunjung hanya perlu sedikit mendaki untuk dapat menikmati keseluruhan pemandangan Pantai Sari Ringgung.

2. Danau Suoh

Danau Suoh, Lampung

Photo :
  • Instagram @jomblopetualang_official

Suoh merupakan kawasan yang berada di Lampung Barat dan terkenal dengan wisata danau, serta wisata geothermalnya yang menarik. Salah satunya yaitu Danau Suoh yang menjadi tempat wisata favorit bagi penikmat alam. Kawasan ini terdiri dari empat danau, yaitu Danau Asam, Danau Minyak, Danau Belibis, serta Danau Lebar.

Keempat danau ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda sesuai namanya. Seperti Danau Asam dengan air pH rendah dan rasanya asam, atau Danau Minyak yang permukaannya terlihat berkilau, seperti minyak mengambang.

Di sekitar Danau Belibis terdapat padang ilalang yang ditumbuhi liar yang menjadikan danau ini salah satu spot foto menarik di sana. Untuk masuk ke tempat wisata ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Lokasi ini berada di Dusun Kalibata, Desa Sukarga, Kecamatan Suoh, Lampung.

3. Curug Tujuh

Curug Tujuh Bidadari

Photo :
  • VIVAlife/Dwi Royanto

Mengutip situs resmi Dinas Pariwisata Kabupaten Lampung Tengah, Curug Tujuh merupakan wisata alam yang berada di kawasan hutan lindung yang memiliki tujuh undakan dengan total ketinggian hingga mencapai 75 meter.

Berlokasi di Desa Marga Jaya, Kecamatan Padang Ratu, Kabupaen Lampung Tengah, Curug Tujuh dapat diakses kendaraan roda dua dan roda empat, namun dilanjutkan jalur setapak. Bagi kamu yang ingin mengisi libur Nataru dengan hal menantang, Curug Tujuh salah satu rekomendasinya.

Karena jalur setapak yang dilalui untuk menuju curug ini sangat licin dan kamu juga akan menembus hutan yang cukup lebat. Sebab itu, bagi kamu yang ingin berkunjung dan menikmati keindahan Curug Tujuh harus memperhatikan keselamatan dan selalu berhati-hati.

4. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang, Lampung.

Photo :
  • U-Report

Pulai ini terkenal dengan keindahan pantai dan bawah lautnya. Pulai yang terletak lepas Teluk Punduh ini memiliki sejuta pesona yang tidak kalah menarik dengan objek lainnya. Banyak wisatawan yang mengatakan saat berada di Pulau Pahawan, sensasi Maladewa dapat dirasakan di sini.

Liburan di pantai yang indah, dengan hiasan pepohonan nyiur, dan menginap di cottage yang berada di atas laut bisa kamu rasakan saat berlibur ke Pahawang di Pesawaran.

Untuk harga tiket masuk ke Pulau Pahawang dikenakan biaya sekitar Rp30.000 untuk naik perahu ke Pulau Pahawang. Sewa snorkeling sekitar Rp50.000, sedangkan untuk menyewa penginapan di Pulau Pahawang ini berkisar Rp500.000, yang dapat digunakan hingga 9 orang.

Lokasi Pulau Pahawang Lampung ini berada di area Kecamatan Punduh Pidada Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan, dengan rute ke pulau pahawang membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari Pusat Kota Bandar Lampung.

5. Bukit Kumbang

Bukit Kumbang, Bakauheni

Photo :
  • Facebook / Bocah The Explorer

Rekomendasi tempat wisata di Lampung selanjutnya ada Bukit Kumbang, Bakauheni. Di Puncak Bukit Kumbang ini terdapat sebuah kuil milik suami istri etnis Tionghoa yang berasal dari Cilegon, Banten. Meski kuil tersebut mereka kelola secara pribadi, namun keindahannya sering mengundang orang untuk berkunjung.

Buat kamu yang penasaran dan ingin mengunjungi kuil ini, kamu harus trekking dengan medan yang cukup terjal. Meski begitu usaha itu akan dibalas dengan pemandangan laut dari atas bukit yang sangat menawan. Tak perlu membayar tiket masuk untuk mengunjungi lokasi kuil ini. Wisata ini berada di daerah Bukit Kumbang, Sumur, Bakauheni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya