5 Destinasti Wisata Jatinangor Sumedang, Kamu Harus Tahu!

gunung geulis jatinangor
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Travel – Kecamatan Jatinangor terkenal sebagai pusat pendidikan tinggi di pinggiran Sumedang. Tidak dapat dipungkiri, terdapat empat perguruan tinggi besar yang berlokasi di Jatinangor.

Waspada, Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Setinggi 700 Meter

Empat perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung (ITB) kampus Jatinangor, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), dan Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin) .

Banyaknya mahasiswa yang menetap di Jatinangor, tidak jarang membuat mahasiswa penat dan membutuhkan liburan. Berikut merupakan lima destinasi wisata rekomendasi di Jatinangor yang VIVA lansir dari ketikunpad.

Geopark Rinjani, Situ Wisata Unggul Pulau Lombok yang Diakui UNESCO

1. Gunung Geulis

gunung geulis jatinangor

Photo :
  • Istimewa
Geger, Gunung Tiba-tiba Muncul di Jawa Tengah, Terkuak Alasannya

Gunung yang terlihat sejak gerbang masuk Jatinangor tersebut bisa menjadi salah satu pilihan untuk menenangkan diri.

Gunung Geulis termasuk ke dalam tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Jatinangor, Kecamatan Cimanggung, dan Kecamatan Tanjungsari. Gunung Geulis memiliki ketinggian 1.281 meter di atas permukaan laut (mdpl). Selain sebagai tempat menenangkan diri, Gunung Geulis juga bisa menjadi sarana berolahraga (mendaki). Kegiatan mendaki menjadi satu-satunya cara untuk menikmati keheningan di puncak gunung.

2. Kiara Payung

kiara payung jatinangor

Photo :
  • Istimewa

Di samping Gunung Geulis, Bumi Perkemahan (Buper) Kiara Payung dapat menjadi pilihan menepi. Tempat tersebut dapat menjadi tujuan bagi kalian yang tidak ingin mengeluarkan tenaga untuk mendaki. Buper Kiara Payung berlokasi di Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor.

Lokasinya cukup mudah dijangkau karena berada di belakang area kampus Unpad. Buper Kiara Payung dapat menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mencari pemandangan alam, olahraga sepeda gunung, piknik bersama kawan-kawan, berkemah, dan tracking.

Fasilitas yang terdapat di Buper Kiara Payung di antaranya, area parkir, kamar mandi, musala, penginapan, warung, serta area berkemah.

3. Baru Beureum

Dokumentasi Kegiatan Manglayang Trail Running (MTR) yang diselenggarakan Unpad

Photo :
  • antara

Tempat wisata yang berlokasi di Desa Sindangsari, Kecamatan Sukasari ini bisa dijangkau dari Jatinangor. Baru Beureum merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Manglayang.

Di samping itu, di Baru Beureum juga terdapat area perkemahan yang bisa kalian gunakan untuk mendirikan tenda. Suasananya yang masih asri, Baru Beureum bisa menjadi salah satu pilihan menepi dari rutinitas rutinitas perkuliahan. Namun, kondisi jalan menuju kawasan masih berupa bebatuan.

Kawasan Curug Cilengkrang di gunung Manglayang.

Photo :
  • http://fxmuchtar.blogspot.com

Bukit Panorama terletak di Jalan Pamegarsari, Kecamatan Tanjungsari. Bukit Panorama sendiri bukanlah tempat wisata resmi yang dikelola oleh negara maupun pihak swasta. Namun dari Bukit Panorama, pada malam hari, kita dapat menikmati gemerlap lampu Jatinangor dan Tanjungsari.

5. Batu Kuda

Camping di Batu Kuda Manglayang, image by IG : @prawirahmad

Photo :
  • U-Report

Wisata Batu Kuda memiliki area yang cukup luas untuk berkemah. Lokasi wisatanya berada di lereng Gunung Manglayang, tepatnya di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Wana Wisata Batu Kuda dikelola oleh Perhutani unit III Jawa Barat. Lokasi wisata ini sudah cukup terkenal di kalangan mahasiswa Jatinangor, baik untuk berkemah ataupun sekedar menikmati pemandangan alam.

Untuk menuju kawasan kemah, wisatawan tidak perlu melewati tanjakan dan turunannya serta berjalan jauh. Parkiran motor dan mobil pun tidak jauh dari area berkemah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya