Momen Libur Nataru, Ada Tempat Seru Lokasi Wisata VR di Serang dan Tangerang

Wisata Tangerang mengunakan teknologi VR
Sumber :
  • VIVA/ Sherly/ Tangerang

VIVA Travel –  Liburan menjadi momen yang ditunggu masyarakat untuk bisa bersantai dan pergi dari hiruk pikuk pekerjaan yang padat. Terlebih pada momentum tertentu, seperti libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau nataru, dimanfaatkan masyarakat untuk bisa berpergian ke luar kota, hingga luar negeri.

KAI Diskon Tiket 20 Persen di Promo Bursa Pariwisata, Catat Rute-rutenya

Namun memang, ada juga beberapa masyarakat yang memilih untuk menimati liburan tak jauh dari tumah. Tanpa harus menghabiskan waktu ke luar kota dan memilih tempat yang tak jauh dari rumah, hiburan dan liburan juga bisa dinikmati. 

Untuk mencari pengalaman berlibur yang beda, ada beberapa lokasi wisata yang menggunakan teknologi terkini. Dimana lokasi itu ada di wilayah Serang dan juga Tangerang.

Banjir Bandang Terjang Pemandian Teroh-teroh Langkat, 1 Tewas dan 6 Luka-luka

wisata menggunakan teknologi 4.0

Photo :
  • VIVA/ Sherly/ Tangerang

Teknologi itu menggunakan Virtual Reality (VR) Tour dimana, masyarakat akan diajak berpetualang di lokasi wisata menggunakan teknologi 4.0. Hanya dengan mengenakan kacamata khusus, pengunjung bisa berkeliling tanpa harus lelah berjalan.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Seperti di Desa Cikolelet, Serang, Banten, berkolaborasi dengan Universitas Pradita melalui Program Studi Sistem Informasi, Program Studi Perencanaan Wilayah Kota dan Program Studi Pariwisata, para mahasiswa menghadirkan lokasi wisata VR Desa Cikolelet.

Masyarakat akan diajak melihat tradisi Budaya salah satunya Ngurah Danau, Ekonomi Kreatif salah satunya adalah peternakan kambing etawa, Kesenian Tradisional di antaranya marawis dan kesenian pencak silat, serta potensi alam yang ada di sana antara lain curug kembar dan destinasi alam lainya.

Wisata Tangerang mengunakan teknologi VR

Photo :
  • VIVA/ Sherly/ Tangerang

"Ini upaya kita menjawab tantangan 4.0 di bidang pariwisata, dan juga memberikan pengalaman baru untuk berwisata, apalagi di libur akhir tahun ini," kata Dosen Program studi Sistem Informasi Universita Pradita, Bapak Wahyu Tisno Atmojo, Sabtu, 24 Desember 2022.

Cara ini pun, juga menjadi salah satu upaya membantu membangkitkan kembali kunjungan wisatawan yang sempat redup pada masa pandemi COVID-19.

Kepala Desa Cikolelet, Bapak Ojat Darojat mengatakan, dengan wisata cara terbaru ini, dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata di mana di desa tersebut terdapat 4 potensi wisata yang belum semuanya terekspos.

"Dapat meningkatkan pariwisata apalagi momen saat ini yang harus kita manfaatkan secara baik," ujarnya.

Kemudian, lokasi wisata lainnya ada di wilayah Kabupaten Tangerang, tepatnya lokasi wisata Desa Ketapang. Dimana, pemerintah setempat juga menggunakan teknologi VR untuk menunjukkan lokasi menarik di sana.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, perkembangan zaman saat ini, membuat setiap lapisan harus bisa melakukan penyesuaian termasuk bidang pariwisata. Dimana, memberikan pengalaman baru untuk beriwisata

"Yang jauh tapi pengen liburan, bisa pakai VR ini, lalu kalau ada yang mau ke sana tapi capek berkeliling, bisa lihat-lihat menggunakan VR, lalu kalau tertarik bisa langsung diantar ke lokasi itu tanpa harus lelah," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya