Armada Bus Macito Siap Antar Wisatawan Keliling Tempat Ikonik Kota Malang

Armada Bus Malang City
Sumber :
  • VIVA/ Lucky Aditya/ Malang

VIVA Travel -  Kota Malang berupaya memperkuat citra wisata perkotaan dengan menambah 2 armada Bus Malang City Tour atau Macito. Dua bus itu di launching pada malam tahun baru, Sabtu, 31 Desember 2022 lalu.

Fakta-fakta WNA China Tewas Terjatuh di Kawah Ijen, Rok Tersangkut Pohon saat Foto

Total saat ini ada 3 armada Bus Macito yang bakal siap menemani wisatawan berkeliling menyusuri Kota Malang. Berbeda dengan 2 bus pendahulunya. 2 Bus Macito ini ramah bagi disabilitas. Karena dilengkapi tangga hidrolik bagi penyandang disabilitas dengan kursi roda. 

"Ini dilaunching karena pembeliannya dianggarkan untuk tahun 2022," kata Wali Kota Malang, Sutiaji. 

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

Armada Bus Malang City

Photo :
  • VIVA/ Lucky Aditya/ Malang

Sutiaji mengungkapkan bahwa jumlah Bus Macito ini tidak berhenti di 3 armada. Bakal ada tambahan 2 armada bus lagi dari mantan Presiden Klub Arema FC, Gilang Widya Pramana alias Juragan 99. Dengan sumbangan dari Gilang total Bus Macito berjumlah 5 armada di tahun 2023 ini. 

Bus Putra Sulung Tertabrak Kereta Api di OKU Timur, Penumpang Berhamburan

"Jadi di 2023 nanti akan ada 5 Macito," ujar Sutiaji. 

Armada Bus Malang City

Photo :
  • VIVA/ Lucky Aditya/ Malang

Sutiaji mengungkapkan, bahwa 5 armada bus ini nantinya akan diproyeksikan berhenti di sejumlah kampung tematik. Seperti di Kayutangan Heritage, Kampung Warna-warni maupun tempat-tempat ikonik di Kota Malang. 

"Bus ini nanti kemungkinan akan bisa stay di beberapa titik, seperti di MCC (Malang Creative Center), Kayutangan, Kampung Warna Warni atau lainnya. Ini gratis dan bisa digunakan untuk warga Malang maupun wisatawan," tutur Sutiaji. 

Armada Bus Malang City

Photo :
  • VIVA/ Lucky Aditya/ Malang

Kepala Dishub Kota Malang, Widjaja Saleh Putra menuturkan bahwa kehadiran 2 armada baru Bus Macito untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. 

Masing-masing bus berkapasitas 20 orang dengan jarak tempuh keliling sekitar 30 menit. Bus berwarna hijau toska ini memiliki nomor 13 dan 27. 

Armada Bus Malang City

Photo :
  • VIVA/ Lucky Aditya/ Malang

"Penambahan 2 bus Macito ini adalah bukti nyata kolaborasi dalam mengenalkan pariwisata di Kota Malang. Harapannya, mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Kami sudah buat pendaftaran secara online untuk mempermudah pelayanan. Karena saat ini pendaftaran untuk naik Macito kan datang langsung, jadi nanti bisa booking dari rumah," kata Widjaja, Senin, 2 Januari 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya