7 Destinasi Wisata Halal Filipina, Tetangga Indonesia yang Ramah Traveler Muslim

Wisata di Filipina
Sumber :
  • Instagram

VIVA Travel – Memiliki penduduk bermayoritas agama Katolik, bukan berarti Filipina bukan negara yang tidak bisa kamu jelajahi sebagai turis Muslim. Sebaliknya, Filipina pun sangat ramah dengan traveler Muslim terbukti lewat wisata halal, tempat ibadah dan sajian kuliner halal yang dapat dinikmati secara aman dan nyaman.

Viral Seorang Pria Jadi Mualaf Setelah Lakukan Hal Unik Ini di Masjid

Kamu pun bisa menikmati segala keindahan Filipina mulai dari wisata alam, seperti pegunungan, pantai, laut, museum, monumen, hingga tempat hiburan lainnya. Luangkan waktu kurang lebih 3-5 hari di Filipina, dijamin liburan kamu makin menyenangkan.

Meme logo halal

Photo :
  • Instagram @asyraffiramdhani
Polisi Pastikan Tak Ada Kemacetan di Aceh Meskipun Lokasi Wisata Penuh

Di Filipina, selain bisa menikmati destinasi yang disediakan, kamu juga bisa mempelajari sejarah Islam yang tersebar hampir di banyak kota. Sambil merencanakan jadwal cuti untuk liburan, kita simak 7 destinasi yang bisa kamu kunjungi saat berada di Filipina.

7. Pampanga

Tempat Wisata Sudah Padat, Jalan Menuju Anyer Ditutup

Pampanga yang dikenal dengan hidangan Kampangan yang lezat dan unik ditampilkan di banyak restoran Pampanga. Bagi kamu yang ingin berkunjung dan mencari makanan di restoran halal, maka kamu tidak akan kesulitan untuk menemukannya karena banyak terdapat di provinsi ini.

Beberapa restoran halal yang bisa kamu pilih di antaranya adalah Ali Al Kabab Halal Food Restaurant di San Fernando, Red Sea Bar & Restaurant di Angeles City, dan Zarina Halal Food Restaurant, restoran halal di Clark Pampanga yang menyajikan hidangan Filipina, Arab, India, dan masakan Asia lainnya.

Saat kamu pergi ke sini pastikan juga untuk mengunjungi tempat-tempat wisata Pampanga yang terkenal seperti Gunung Pinatubo, Gunung Arayat, dan Air Terjun Miyamit.

6. Boracay

Mol di Filipina

Photo :

Boracay dan Pantai Putihnya adalah dua tujuan yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan untuk menikmati pulau, pantai, dan tempat wisata Boracay lainnya. Pulau ini memiliki banyak tempat halal, termasuk di sekitar selusin restoran Boracay yang ramah halal.

Jika kamu ingin mencoba makana Maroko yang lezat, kamu bisa mampir ke restoran bernama Kasbah. Di sana kamu bisa makan sambil menikmati pemandangan pantai.

Selain itu, salah satu restoran bernama Bismillah Halal Turkish Kebab BBQ House menyajikan makanan Turki yang terjangkau, dan mereka juga memiliki layanan pengiriman 24/7 di dalam pulau.

Di Boracay, kamu  bisa dengan mudah mendapatkan hotel dan resor Muslim di Boracay, seperti Shangri-La’s Boracay Resort and Spa, yang menyajikan makanan halal, dan sajadah yang disediakan oleh hotel sesuai permintaan untuk salat.

5. Palawan

waterfalls restoran philipina

Photo :

Tempat ini adalah salah satu tujuan yang paling banyak dikunjungi di Filipina dan selalu terdaftar sebagai salah satu pulau terbaik di dunia. Palawan telah menarik banyak wisatawan dunia, bukan hanya karena atraksinya tetapi juga karena orang-orangnya yang ramah.

Jika kamu ingin mencari makanan halal, maka bisa coba makanan halal di Coron yaitu Muslim Restaurant di kota Coron. Pilihan lain di Puerto Princesa adalah Bersian Restaurant dan Haim Chicken. Kamu juga bisa beribadah di Masjid Juma yang ada di El Nido.

4. Kota Cotabato

Philipines Arena.

Photo :

Saat berkunjung ke Kota Cotabato, wajib mampir ke Masjid Sultan Haji Hassanal Bolkiah. Hampir seluruh penduduk di kota beragama Islam, dan banyak dari mereka merayakan Festival Shariff Kabunsuan, yang dirayakan untuk memperingati misionaris Muslim yang membawa Islam ke kota

Selama kamu berkunjung ke Kota Cotabato, kamu juga harus mampir ke tempat wisata lain seperti Monumen Sultan Kudarat, Barter Trade Center, dan Gua Kutawato, yaitu satu-satunya sistem gua yang terletak di kota Filipina.

3. Metro Manila

Manila is the capital of the Philippines.

Photo :
  • Andrew Moore/Wikimedia

Metro Manila adalah tempat untuk menikmati liburan yang menyenangkan, jika kamu mencari hotel yang ramah muslim di Manila di sana memiliki banyak pilihan termasuk Manila Marriott Hotel di Pasay, Dusit Thani Manila di Makati, dan Marco Polo Ortigas Manila di Pasig.

Di sana banyak masjid yang indah, dan kamu dapat menemukan beberapa di antaranya di Metro Manila. Masjid Emas Manila, Masjid Al-Dahab, menonjol di Quiapo.

Kurang dari lima kilometer jauhnya adalah Masjid Al-Huda. Mungkin akan sulit menemukan masjid di Makati, tetapi ada beberapa mushola di daerah tersebut, atau kamu bisa mengunjungi Masjid Biru yang terletak di dekat Taguig.

2. Cebu

Atraksi di Cebu City Zoo

Photo :
  • facebook.com/CebuCityZoo/

Pulau ini memiliki banyak pantai, pemandangan alam, landmark bersejarah, dan pemandangan perkotaan. Saat berkunjung ke sana jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat wisata Cebu yang paling banyak di kunjungi seperti, Kawasan Air Terjun, Pulau Bantayan, Pulau Sumilon, Pulau Malapascua, Puncak Osmeña, dan Magellan's Cross.

Meski warga Cebu sebagian besar beragama Katolik, tapi di sana kamu masih bisa menemukan masjid. Masjid Hijau Kota Cebu adalah masjid yang memiliki aksen hijau, yang membuatnya menonjol di tengah kota.

Ada beberapa pilihan makanan halal di restoran Cebu, yaitu Persia Palate, Shawarma Gourmet, Persia Kebab Tandoori, dan House of Punjab Albarkah.

Jika kamu ingin menginap di hotel Cebu, kamu bisa memilih Crimson Resort & Spa Mactan, yang memiliki dapur halal dan menyajikan makanan halal dengan para staff yang sudah terbiasa melayani tamu muslim.

1. Kota Davao

Parade di Davao City

Photo :

Selain memiliki Bandara Internasional Davao yang bertujuan langsung ke kota, Davao juga memiliki beberapa hotel ramah Muslim yang bisa kamu tinggali selama liburan, antara lain Tinhat Boutique Hotel and Restaurant, El Bajada Hotel, dan Sunny Point Hotel.

Banyaknya restoran halal yang populer seperti, Black Seed Burger, Spichef, Coffee for Peace, dan Al-Sultan, menjadikan kota ini sebagai pilihan teratas untuk wisatawan muslim.

Taman & Resor Alam Eden, Pusat Elang Filipina, dan Pasar Malam Roxas semuanya ada di dalam kota, tetapi kamu juga bisa berkeliling ke seluruh wilayah Davao dan mengunjungi Pulau Samal, Gunung Apo, dan Pantai Dahican, salah satu pantai terindah di filipina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya