Komodo Bakal Jadi Koleksi Satwa Baru di Taman Margasatwa Ragunan

Komodo, spesies kadal terbesar di dunia, bakal jadi koleksi baru Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan
Sumber :
  • vstory

VIVA Travel  – Komodo bakal menjadi penghuni baru Taman Margasatwa Ragunan pada awal tahun ini. Kehadiran spesies kadal terbesar di dunia tersebut merupakan bagian dari penukaran satwa yang dilakukan dengan Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor.

Heru Budi Didesak Segera Bangun Proyek Pengelolaan Sampah Sunter yang Mangkrak 5 Tahun

"InshaAllah akan datang, yakni sepasang komodo dan beberapa jenis binatang lainnya," kata Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Endah Rumiyati, dikutip Antara Rabu 8 Februari 2023.

Kebun Binatang Ragunan Bersikap Buka Kembali

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Rencana Food Estate di Kepulauan Seribu, Heru Budi Bilang Begini

Kehadiran satwa asal Nusa Tenggara Timur ini akan menambah koleksi satwa di Taman Margasatwa Ragunan yang kini sudah berjumlah 2.275 satwa.

“Jumlah satwa kita ada 2.275 yang terdiri dari beberapa satwa asli Indonesia seperti anoa, gajah dan orang utan Sumatera. Adapun untuk koleksi dari luar negeri, salah satunya ada jerapah yang berasal dari gurun savana Afrika," jelasnya

Heru Budi Kewalahan Kalau Jakarta Diguyur Hujan Selama 4 Jam

Endah menjelaskan pada tahun lalu Ragunan kehadiran anak jerapah dan gajah yang baru lahir. Kata dia kelahiran ini kemungkinan dipengaruhi penurunan jumlah pengunjung semasa pandemi Covid-19 sehingga satwa dikatakan bisa leluasa beraktivitas.

“Pada masa pandemi pengunjung ini kan berkurang. Satwa itu jadi lebih sejahtera, banyak yang bereproduksi dan banyak yang lahir karena tak diganggu," kata Endah.

Dia menambahkan, Ragunan sangat memprioritaskan perawatan bagi satwa-satwa yang hamil dengan cara memperhatikan asupan konsumsi agar anak satwa lahir dengan sehat.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Dia memberikan nama anak jerapah tadi, Tazoo dan anak gajah Unggul.

Heru mengatakan, kedua satwa tersebut memiliki tanggal lahir yang sama yakni 5 September 2022. Selain dihuni beraneka ragam satwa, Taman Margasatwa Ragunan juga ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon.

Heru mengungkap, saat ini lahan seluas 147 hektare itu sedang dikembangkan menuju satu kebun binatang yang modern. Sebab, kata dia, Ragunan adalah identitas DKI Jakarta. 

Kebun Binatang Ragunan siap beroperasi kembali.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya