Gunung Merapi Erupsi, 3 Objek Wisata Ditutup Sementara

Awan panas erupsi Gunung Merapi meluncur ke arah Kali Krasak, Sabtu siang
Sumber :
  • tvOne/Nuryanto

VIVA Travel – Gunung Merapi mengeluarkan rentetan awan panas guguran pada Sabtu 11 Maret 2023. Awan panas guguran terpantau masih dikeluarkan Gunung Merapi hingga Minggu 12 Maret 2023.

Top Trending: Ramalan Jayabaya hingga Anggota TNI dan Polri Tewas Diserang KKB Sepanjang 2024

Rentetan awan panas guguran ini membuat Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) melakukan langkah mitigasi dengan menutup sementara sejumlah objek wisata yang berada di areanya atau lereng Gunung Merapi. Scroll untuk info selengkapnya.

Kepala Balai TNGM Muhammad Wahyudi dalam keterangan tertulisnya mengatakan bahwa objek wisata di area TNGM yang aktif adalah Obyek Wisata Alam Jurang Jero, Obyek Wisata Alam Tlogo Muncar dan Obyek Wisata Alam Kalikuning-Pluyon.

Merinding! Kisah Nyata Konser Ghaib di Kaki Gunung Merapi, Penonton Hening Tanpa Ekspresi

Penutupan sejumlah objek wisata ini mengacu pada siaran pers dari BPPTKG Yogyakarta Nomor B-85/GL.03/BGV.KG2/2023 pada 11 Maret 2023 perihal aktivitas Gunung Merapi. Dalam surat edarannya BPPTKG Yogyakarta menyebut tentang potensi bahaya pada beberapa alur sungai mencapai 5-7 Km.

Pungutan Wisatawan Asing Baru 40 Persen, Pemprov Bali akan Sidak di Objek Wisata

"Sebagai upaya mitigasi dalam menghadapi ancaman bahaya erupsi Gunung Merapi tersebut, maka kami sampaikan aktivitas Objek Wisata Alam Jurang Jero, Objek Wisata Alam Tlogo Muncar dan Objek Wisata Alam Kalikuning-Pluyon ditutup sementara terhitung mulai 12 Maret 2023," kata Wahyudi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, rentetan awan panas Gunung Merapi masih terus terjadi hingga Minggu 13 Maret 2023. BPPTKG Yogyakarta mencatat pada ada 41 kali awan panas guguran yang dikeluarkan oleh Gunung Merapi.

Awan panas guguran ini mencapai jarak luncur 4 kilometer dengan dampak hujan abu hingga 33 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya