8 Tips agar Mudik Tak Membosankan Saat Terjebak Macet

Ilustrasi macet saat mudik lebaran.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA Lifestyle – Mudik identik dengan kemacetan yang mengular. Kondisi ini tentu sangat membosankan. Tidak perlu khawatir, deretan cara di bawah ini bisa mengatasi bosan saat terjebak macet mudik.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Mudik lebaran merupakan tradisi tahunan yang paling dinanti-nantikan oleh masyarakat Indonesia. Meski sangat dinanti, tetapi ada banyak hal selama perjalanan mudik yang bikin lelah. Salah satunya kemacetan yang panjang.

Arus Mudik, Pemudik Pengguna Bus Sudah Memadati Terminal Kp. Rambutan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Dimana pun berada, terjebak macet saat mudik merupakan hal yang sangat menyebalkan. Selain menyita waktu, terjebak macet juga bikin bosan dan jenuh. Supaya tidak bosan ketika terjebak macet, ini beberapa cara mengatasi bosan saat terjebak macet mudik:

1. Mengobrol dengan Keluarga atau Teman

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Sangat lebih baik bila pergi mudik beramai-ramai, baik bersama keluarga atau teman. Itu karena ketika macet panjang, kamu bisa mengatasi kebosanan dengan mengobrol bersama mereka. Mengobrol di momen ini juga dapat dan mempererat hubungan.

2. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik di MP3 Player atau smartphone juga bisa membantu meredakan rasa bosan saat terjebak macet mudik. Selain musik, pemudik juga bisa mencoba mendengarkan podcast atau audiobook untuk memperkaya pengetahuan meski sedang dalam perjalanan.

3. Bermain Game

Main game Snake di hape jadul Nokia.

Photo :
  • https://www.instagram.com/p/B8ghAEshybx/

Rasa bosan saat macet mudik juga bisa diatasi dengan main game. Main game juga membantu menghilangkan stres selama perjalanan dan menenangkan pikiran.

4. Membuat Konten

Blogger membuat konten blog.

Photo :
  • U-Report

Dengan semakin banyaknya perkembangan media sosial, tentu membuat konten, salah satunya Tik Tok juga bisa dilakukan saat terjebak macet.

Mudik yang dilakukan bersama dengan anggota keluarga akan membuat konten Tik Tok menjadi semakin semarak dan kompak. Sehingga, bisa membantu untuk membunuh rasa bosan karena terjebak macet mudik Lebaran.

5. Memakan Camilan

Camilan Ramadan.

Photo :
  • U-Report

Terjebak macet mudik seringkali membuat kita merasa lapar dan haus. Oleh karena itu, jangan lupa bawa camilan dan minuman yang cukup untuk mengisi perut dan menghilangkan rasa haus.

Selain dapat mengatasi rasa bosan, camilan dan minuman juga dapat membantu pemudik terjaga dan bugar selama perjalanan mudik.

6. Menonton Film

Ilustrasi bioskop/film/menonton film.

Photo :
  • Freepik/freepik

Kamu juga bisa memanfaatkan waktu saat terjebak macet dengan menonton film atau drama yang kamu sukai. Mendengarkan film dapat membuat pikiran Anda lebih segar dan rileks.

Sebab, tidak bisa dipungkiri bahwa macet memang sangat membuat tidak nyaman dan melelahkan. Tak hanya itu, kamu juga akan merasa bosan karena menunggu dalam waktu yang lama di dalam mobil. Oleh karena itu, menonton film bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan yang bisa dilakukan saat terjebak kemacetan.

7. Membaca Buku

Membaca buku

Photo :
  • U-Report

Salah satu mengatasi bosan saat macet mudik adalah dengan membaca buku, baik itu novel, biografi, atau buku dengan genre lain.

Buku dapat menjadi teman yang baik untuk menemani di kala terjebak macet karena membantu mengalihkan perhatian kita dari rasa bosan. Pastikan buku yang dibawa sesuai dengan selera.

8. Istirahat

Ilustrasi mudik

Photo :
  • wordpress.com

Jika semua cara di atas tidak berhasil mengatasi rasa bosan saat terjebak macet, cobalah istirahat. Terjebak macet memang melelahkan. Maka dari itu perlu istirahatkan tubuh sejenak. Istirahat sejenak bisa membantu tubuh dan pikiran kembali segar dan siap melanjutkan perjalanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya