10 Situs Arkeologi Dunia yang Menyimpan Teka-Teki hingga Saat Ini

Sphinx
Sumber :
  • http://cutpen.com

VIVa Travel – Reruntuhan peninggalan kuno yang merupakan tempat budaya besar pernah berkembang dan kemudian memudar selalu membuat banyak orang terkesan. Sisa-sisa arkeologi yang mengesankan itu dapat ditemukan di banyak bagian dunia, situs-situs arkeologi tertentu dipenuhi dengan suasana misteri.

Mengungkap Misteri Kelahiran Damien dalam Film The First Omen

Pertanyaan yang sering menjadi misteri mengenai bagaimana orang-orang di masa lalu membangun struktur-struktur besar ini hanya dengan menggunakan alat-alat tidak canggih, dan apa yang menyebabkan keruntuhannya?

Machu Picchu di Peru.

Photo :
  • U-Report
Misteri Terpecahkan Setelah Penyelam Guernsey Menemukan U-boat Jerman yang hilang

Nah, berikut deretan Situs Arkeologi Dunia yang masih Menyimpan Teka-Teki hingga sekarang, dilansir dari nationalgeographicexpeditions, Rabu, 26 April 2023, berikut deretannya:

1. Machu Picchu, Peru

Sederet Fakta Tentang Misteri Menghilangnya Kate Middleton

Terletak di tengah puncak Andean, Machu Picchu diyakini telah dibangun pada abad ke-15 oleh penguasa Inca, Pachacutec.

Kompleks batu yang luas terdiri dari ratusan bangunan berupa istana, kuil, pemandian, dan sistem pengiriman air yang rumit. Fakta bahwa Machu Picchu dibangun tanpa teknologi canggih merupakan keajaiban tersendiri, meskipun pertanyaan yang terus membingungkan para sejarawan adalah mengapa Machu Picchu dibangun dan kemudian ditinggalkan.

Sebuah teori yang populer mengungkap bahwa benteng di puncak gunung ini berfungsi sebagai tempat peristirahatan bagi keluarga kerajaan Inca, dan kemudian runtuh segera setelah penjajah Spanyol tiba di Amerika Selatan. Namun sejarah situs arkeologi ini masih terbuka untuk diperdebatkan.

2, Skara Brae, Skotlandia

Skara Brae

Photo :
  • Alan Denney/Flickr.com

Dihuni sekitar 5.000 tahun yang lalu, Skara Brae lebih tua dari Stonehenge dan Piramida Giza serta merupakan salah satu situs Neolitik yang paling terawatt di Eropa. Dapat dilihat dari adanya serangkaian rumah batu di mana hampir semuanya beratap, terdapat tempat tidur dari batu, meja rias hingga toilet kuno di Skotlandia.

Komunitas petani, pemburu, dan pengrajin yang diduga pernah menghuni di situs ini secara misterius ditinggalkan sekitar 2500 SM. Tidak adanya sisa-sisa manusia atau bukti yang mengarah ke peperangan menimbulkan pertanyaan: apa yang mendorong penduduk Skara Brae untuk pergi begitu saja?

3. Sphinx Agung Giza, Mesir

Kepala patung Sphinx Ramses II.

Photo :
  • Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir

Situs arkeologi Mesir kuno ini selalu membangkitkan rasa takjub, tetapi Sphinx masih penuh akan teka-teki. Situs yang terletak di Dataran Tinggi Giza di tepi Sungai Nil, patung batu kapur yang monumental ini merupakan patung monolitik terbesar di dunia.

Sphink berbentuk makhluk mitos Mesir, yaitu setengah singa dan setengah manusia yang ada di dalam mitologi Yunani.

Diyakini telah dibangun pada masa pemerintahan Firaun Khafre pada milenium ke-3 SM untuk menjaga makam piramidanya, beberapa sejarawan berpendapat bahwa Sphinx mungkin berusia 9.000 tahun. Sphinx, tampaknya hinggs saat ini belum siap untuk membocorkan rahasianya.

4. Angkor, Kamboja

Angkor Watt, Kamboja.

Photo :
  • U-Report

Berada di pedalaman hutan Kamboja, kota suci Angkor adalah ibu kota Kerajaan Khmer dari abad ke-9 hingga ke-15. Itu didirikan oleh raja Hindu Jayawarman II dan tumbuh menjadi kompleks perkotaan terbesar di dunia, diperkirakan saat itu dengan populasi berjumlah hampir satu juta.

Angkor di masa sekarang tak lebih dari labirin candi yang tertutup pohon, memiliki patung yang lebih besar dari aslinya, dan halaman indah yang dinaungi oleh pohon beringin yang menjulang tinggi, itu juga menyimpan sisa-sisa sistem hidrologi yang kompleks, yang pernah menjadi jalur kehidupan kota.

Meskipun tidak ada penjelasan pasti atas kejatuhan Angkor, penelitian terbaru menunjukkan bahwa perubahan iklim mungkin menjadi penyebabnya.

5. Easter Island, Chili

Pulau Paskah/Easter Island

Photo :
  • Wikimedia/kallerna

Salah satu misteri paling abadi di dunia adalah  Easter Island  terus membingungkan para pengunjung dan pakar.

Pulau terpencil di Pasifik ini pernah menjadi rumah bagi masyarakat Polinesia yang makmur. Mengapa atau kapan pemukim pertama tiba di sini masih belum diketahui, dan bagaimana peradaban mereka runtuh menjadi topik perdebatan sengit.

Misteri yang lebih menarik, bagaimanapun, mengelilingi patung batu raksasa, atau moai, yang terkenal di pulau itu dipercaya dibangun antara tahun 1200 dan 1650 M tanpa menggunakan alat canggih, tetapi terdapat sekitar 900 patung yang tersebar di seluruh pulau.

Apakah wajah-wajah batu yang penuh teka-teki ini diciptakan untuk menghormati leluhur atau kepala suku, seperti yang diduga oleh kebanyakan ilmuawan? Atau apakah mereka memiliki tujuan lain?

6. Kuil Ggantija, Malta

malta

Photo :
  • U-Report

Kuil Ggantija terletak di pulau Malta Gozo, di tengah Laut Mediterania. Megalit masif ini diperkirakan berusia sekitar 5.500 tahun, menjadikannya situs tertua dalam daftar ini. Legenda lokal menyatakan bahwa mereka dibangun oleh ras raksasa; maka nama Ggantija, yang berasal dari kata Malta untuk "raksasa."

Arkeolog berspekulasi bahwa kuil-kuil itu mungkin dikhususkan untuk kultus kesuburan kuno, meskipun yang benar-benar mengejutkan pengunjung adalah bagaimana struktur batu kapur yang berdiri bebas ini didirikan hanya dengan menggunakan peralatan batu dasar.

7. Tikal, Guatemala

Konferensi UNESCO

Photo :
  • Asiatoday

Tikal adalah rumah bagi reruntuhan kota Maya yang kuat yang berkembang dari sekitar tahun 300 hingga 800 M. Terletak di kedalaman hutan hujan Guatemala, pemukiman megah ini pernah dihuni oleh lebih dari 60.000 orang dan mencakup area seluas.

Menjadikannya salah satu kota pra-Columbus terbesar. Di antara bangunan Tikal yang digali adalah istana, kuil piramida, dan lapangan bola.

Meskipun banyak informasi tentang kota telah diterjemahkan dari stelaemonolit yang ditutupi hieroglif para arkeolog masih belum memiliki petunjuk mengenai penyebab penurunan Tikal. Apakah itu kekeringan, penyakit, perang atau sesuatu yang lain sama sekali?

8. Nasca Lines, Peru

nasca lines

Photo :
  • U-Report

Berasal antara 200 SM dan 600 M, Nasca Lines adalah geoglyph atau gambar besar di tanah yang berada di Peru selatan. Mereka diyakini diciptakan oleh orang Nasca prasejarah, yang berkembang di wilayah tersebut pada saat itu.

Berjumlah lebih dari 1.000 gambar yang menggambarkan garis lurus, figur geometris, hewan, dan tumbuhan  termasuk monyet, burung kolibri, kadal, dan orca.

Dengan manfaat transportasi udara modern, kita dapat melihat bahwa pola yang luas dan terdefinisi dengan baik ini paling baik dilihat dari langit; tetapi apakah Nasca kuno pernah menikmati perspektif itu untuk mengagumi karya mereka yang sudah selesai? Lebih penting lagi, apa tujuan gambar itu?

Beberapa teori mengaitkannya dengan signifikansi astronomis, sementara yang lain mengaitkannya dengan ritus air dan kesuburan. Itu bahkan mungkin merupakan pesan untuk makhluk surgawi dewa atau lainnya.

9. Terra-Cotta Tentara Cina

Patung Prajurit Terakota

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hermanus Prihatna

Di mausoleum Qin Shi Huang Di, kaisar pertama Tiongkok ada pasukan yang terdiri dari 8.000 patung seukuran manusia berjaga, mullsi jenderal, tentara, pemanah, kavaleri, dan banyak lagi.

Kontingen penguburan yang luar biasa ini yang belum pernah ditemukan di tempat lain di dunia—merupakan bagian dari pekuburan luas yang ditugaskan oleh Kaisar Qin pada abad ke-3 SM untuk menjadi rumah abadinya.

Makam Qin belum digali; menurut catatan kuno, itu berisi harta yang tak terhitung banyaknya, replika istana, bahkan jebakan yang mematikan. Keajaiban apa lagi yang mungkin dilindungi oleh para prajurit terakota?

10. Chichen Itza, Meksiko

Piramida Suku Maya, Meksiko

Photo :
  • wikipedia.en.org

Salah satu kota kuno paling spektakuler di Amerika Tengah, Chichen Itza didirikan sekitar abad ke-6 M oleh suku Maya di Semenanjung Yucatan. Pada puncaknya, itu adalah kota metropolis yang berkembang hingga 50.000 orang, terdapat rumah-rumah megah tempat tinggal elit kota, dan sebuah observatorium dimana tempat para astronom terampil mengikuti pergerakan Venus.

Chichen Itza, juga memiliki berbagai piramida berundak, serta lapangan bola terbesar di wilayah tersebut; di sini, kapten tim yang kalah dan terkadang seluruh timdikorbankan untuk para dewa.

Apa yang terjadi dengan budaya yang luar biasa ini? Mungkin perang internal yang menyebabkan kehancurannya; kelebihan populasi, penggundulan hutan, atau kekeringan. Kita mungkin tidak pernah tahu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya