Uji Adrenalin ke Curug Hanau, Wisata Air Terjun Eksotis di Lampung

Curug Hanau.
Sumber :
  • Puji (Lampung)/tvOnenews

LAMPUNG – Bagi Anda pecinta wisata alam, mungkin bisa mencoba mengunjungi air terjun Curug Hanau yang berada di Desa Sukamarga, Kecamatan Bengkunat, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Wisata Alam Sukabumi Viral Gegara Will Smith, Sandiaga: Luar Biasa!

Tetapi tunggu dulu, sebelum menikmati sejuknya alam dan air terjun setinggi 13 meter itu, Anda harus menyiapkan fisik yang prima serta motor yang sudah dimodifikasi khusus. Sebab lokasi yang akan ditempuh cukup ekstrem.

Terdapat jalan setapak tanah merah yang licin meski masih bisa dilintasi motor, hingga jalan setapak hutan yang hanya bisa dilewati dengan jalan kaki. Namun, perjalanan berat itu terbayar lunas sampai di lokasi. Karena para pengunjung akan disajikan keindahan alam dan air terjun yang memukau.

Will Smith Penasaran dengan Salah Satu Wisata Alam di Sukabumi

Akses infrastruktur menuju ke air terjun Curug Hanau.

Photo :
  • Puji (Lampung)/tvOnenews

"Seru perjalanan ke sini, tapi bisa dibilang cukup sulit untuk sampai ke Curug Hanau ini. Sebab jalannya masih alami dan kondisi jalannya masih tanah merah," kata Jonathan Beto, pengunjung Curug Hanau, Senin, Juli 2023.

Cocok Buat Healing, 3 Curug Ini Terletak di Sentul City

Meskipun cukup sulit, lanjut Jonathan, perjalanan ke lokasi menjadi pengalaman tersendiri dan membutuhkan perjuangan. "Tadi kita ke sini naik motor lewat jalan tanah merah, motor sempat kepater. Namun tetap seru," ucapnya.

Ia menjelaskan, setelah sampai di lokasi, perjuangan itu akan tergantikan dengan keindahan alam dan air terjun yang memukau. "Pemandangannya bagus, air juga jernih dan bersih. Lokasinya juga masih alami," jelasnya.

Jonathan Beto mengaku akan kembali mengunjungi Curug Hanau dan meminta pemerintah setempat untuk memperhatikan kondisi infrastruktur menuju ke lokasi wisata air terjun tersebut.

"Kalau ada kesempatan berikutnya, pasti saya ingin balik lagi ke sini. Namun pemerintah harus memperhatikan akses jalan ini agar mudah menuju ke lokasi Curug Hanau," tuturnya.

Meskipun punya potensi wisata yang mempesona, namun pengelola dan aparatur desa belum bisa memugar air terjun untuk wisata umum. Sebab sarana dan prasarana pendukungnya masih minim.

Curug Hanau.

Photo :
  • Puji (Lampung)/tvOnenews

M. Zainan, Kepala Desa Sukamarga, mengatakan pihaknya meminta kepada pemerintah kabupaten maupun pemerintah provinsi untuk membangun infrastruktur jalan menuju ke Curug Hanau. Sebab, anggaran dana desa tidak mampu untuk membangun infrastruktur jalan.

"Badan jalan menuju ke Curug Hanau ini sekitar 5 meter. Setiap kita mau anggarkan, tidak tercover anggaran dana desa, karena kondisi jalan yang cukup luas," ucap M.Zainan.

Ia pun berharap agar wisata air terjun Curug Hanau ini dapat dikelola. Sebab, di sekitar lokasi air terjun sudah banyak masyarakat yang berdomisili. "Banyak masyarakat yang tinggal di lokasi agar dapat dikelola, baik infrastruktur maupun fasilitas di air terjun sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan alam air terjun," bebernya.

Bagi anda yang mau menguji adrenalin ke Curug Hanau, Anda perlu berkendara selama lebih kurang 2 jam dari Krui, ibukota Kabupaten Lampung Barat atau sekitar 8 jam dari Bandar Lampung. Bagaimana, Anda tertarik?

Laporan: Puji/tvOnenews

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya