6 Tips Traveling Anti Boncos Bersama Keluarga

Ilustrasi keluarga harmonis.
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Traveling sekeluarga adalah kesempatan berharga untuk menggali petualangan baru dan menciptakan kenangan tak terlupakan. Namun, seringkali biaya perjalanan menjadi hambatan utama dalam merencanakan liburan

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Tetapi jangan khawatir, karena ada cara untuk traveling anti boncos bersama keluarga tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Pada kali ini akan dijelaskan tentang apa saja yang dibutuhkan untuk traveling bersama keluarga tapi tidak sampai boncos. 

Tips ini dibagikan Chaerunisa, seorang oleh konten kreator  yang juga tergabung dalam MAMS Community. Nisa, panggilan akrabnya, membagikan bagaimana tips traveling agar tidak boncos dalam acara Workshop Literasi Finansial bersama Digibank dan Traveloka. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Effort Banget, Begini Proses Lamaran Brandon Salim dan Dhika Himawan yang Penuh Kejutan

1. Transportasi

IlustrasiKeluarga.

Photo :
  • Noticias de Seguros.
Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Pertama yang pasti yang didahulukan adalah transportasi apa yang dinaiki untuk melakukan perjalanan atau traveling bersama keluarga. Ada dua pilihan transportasi yakni pribadi seperti mobil atau transportasi umum seperti pesawat, kereta dan lain sebagainya.

Jika kamu pergi bersama keluarga dan memfokuskan kenyamanan anak, bisa menggunakan mobil pribadi. Hanya saja, kekurangannya adalah akan jauh lebih banyak pengeluarannya, mulai dari bensin, tol hingga mampir-mampir ke tempat tertentu.  

2. Penginapan

Ilustrasi hotel.

Photo :
  • Pexels

Selanjutnya memikirkan tentang penginapan entah itu pilihannya di hotel atau villa. Kamu yang pergi bersama keluarga dan masih memiliki anak kecil bisa pilih penginapan yang kids friendly (ada mainan atau playground). 

3. Itinerary

Ilustrasi liburan.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Membuat jadwal atau rundown sebelum melakukan traveling. Perlu diberi patokan berapa hari akan liburan dan apa saja destinasi yang dituju selama berlibur meskipun saat eksekusinya nanti mungkin akan berbeda. Namun, setidaknya punya patokan-patokan destinasi utama yang akan dikunjungi. 

4. Keran pengeluaran

Ilustrasi perencanaan keuangan.

Photo :
  • Freepik

Mungkin dalam hal pengeluaran setiap orang akan berbeda-beda. Namun, Chaerunisa membaginya menjadi lima pengeluaran yakni budget untuk hotel, makan, wisata, transport dan dana darurat. Mengapa ditambahkan budget darurat, karena mungkin ada sesuatu di luar rencana yang ingin dibeli atau mungkin permintaan anak yang ingin membeli sesuatu saat berwisata. 

5. Trip essentials

Ilustrasi liburan

Photo :
  • Pixabay/Keulefm

Tentu saat bepergian atau traveling ada sejumlah barang yang perlu dibawa untuk menunjang. Misalnya seperti kamera untuk mengabadikan momen, koper, tiket, mainan anak dan lain sebagainya yang sekiranya diperlukan saat traveling. 

6. Cari promo

Asuransi Perjalanan Traveloka.

Photo :
  • Traveloka

Mencari promo sebelum melakukan traveling untuk menghemat pengeluaran. Seperti mencari promo tiket tempat wisata atau tiket transport seperti pesawat, kereta dan yang lainnya. 

Salah satunya bisa kamu cari di platform Traveloka yang sedang mengadakan promo Traveloka Travel Fair untuk diskon hotel, tiket pesawat dan atraksi sampai dengan 50%+30%. Promo ini berlaku hanya sampai tanggal 3 September mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya