Beda BTS Exhibition: Proof di Jakarta dengan Negara Lain

BTS Exhibition: Proof in Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar

JAKARTA – Menelusuri perjalanan 10 tahun berkarier boy grup BTS, pameran 'BTS EXHIBITION: PROOF IN JAKARTA' telah digelar di Jakarta. Para ARMY (fans BTS) tentunya tidak sabar melihat bagaimana proses di balik kesuksesan idolanya tersebut yang kini namanya sudah dikenal dunia. Tentunya, sudah banyak penggemar yang menantikan kehadiran BTS di Indonesia. Mengingat sudah cukup lama RM dan kawan-kawan tidak menggelar konser di Jakarta.

Terpopuler: Polisi Gerebek Pameran Otomotif, Pesan Mobil Sport Listrik Rp1,1 Miliar

Berdasarkan informasi dari iMe Indonesia, BTS EXHIBITION: PROOF IN JAKARTA sudah dibuka sejak 17 November lalu di City Hall, Pondok Indah Mall 3, lantai 5. Pameran tersebut akan digelar sampai 10 Desember 2023 mulai dari pukul 10.30 AM – 20.30 PM.

Barang-barang yang dipamerkan dalam acara ini semuanya dikirim langsung dari Korea Selatan. Oleh sebab itu, para pengunjung harus bisa menjaga sikapnya dengan tidak menyentuh apapun untuk menghindari kerusakan. Nantinya, beberapa barang asli yang didapatkan dari properti syuting video musik BTS pun akan dikembalikan ke negara asalnya.

BRIN Dukung Industri Kendaraan Listrik Nasional Lewat Pameran IEMS 2024, Catat Tanggalnya

BTS Exhibition: Proof in Jakarta.

Photo :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar

"Pure semua impor dari Korea. Barangnya yang asli benar-benar harus dikembalikan seperti kostum 7 orang itu dan foto polaroid, itu harus dikembalikan karena properti dari Big Hit. Sisanya diprint dari sana dan dikirim ke Indonesia," ungkap Andina Sabri, Project Eksekutif BTS EXHIBITION: PROOF IN JAKARTA, saat ditemui di Mall Pondok Indah, Jakarta, Kamis 24 November 2023.

Pameran Otomotif Berubah Jadi Tragedi, 5 Orang Ditabrak Mobil Listrik

Pameran ini juga digelar di beberapa negara lainnya, seperti Korea, Amerika, Thailand, Hong Kong, dan Taiwan. Pada dasarnya, semua konsep pameran di setiap negara sama dan properti yang ditampilkan pun seragam. Tetapi ada beberapa detail kecil yang hanya ada di Indonesia.

Pertama adalah bagian gate masuk ke area pameran. Gate yang ada di Indonesia adalah satu-satunya yang berbeda dari negara lainnya. Bukan karena ide kreasi penyelenggara saja, tetapi karena gate aslinya yang dikirim dari Korea ditahan oleh pihak bea cukai.

"Gate berbeda karena gatenya ngga lolos bea cukai. Ada shipment company yang pilihan dari Korea partner, mereka dipakai shipping gate. Kalau di Indonesia ngga boleh masuk karena gate-nya terbuat dari bahan steel. Jadi kami bangun sendiri lagi," kata Andina.

Kemudian, dalam pameran yang menggambarkan 10 tahun perjalanan BTS tersebut, ada kostum asli yang pernah dipakai oleh semua anggota dalam video musik Yet To Come. Setelan berwarna putih itu didatangkan langsung dari Korea Selatan ke Indonesia untuk dilihat oleh para penggemar.

"Kostum di sini juga berbeda, dari Yet To Come. Kalau yang di Thailand itu kostum yang warna-warni," ungkapnya.

BTS Exhibition: Proof in Jakarta.

Photo :
  • VIVA/Rizkya Fajarani Bahar

Para pengunjung yang sudah membeli tiket nantinya akan mendapatkan benefit berupa satu photo card (PC) eksklusif BTS. PC tersebut juga hanya ada di beberapa negara saja yakni Korea, Taiwan, dan Indonesia. Beruntung para ARMY yang berada di Tanah Air bisa mendapatkan PC idolanya tersebut hanya dengan membeli tiket pameran.

Secara keseluruhan, standar pameran seni ini dibuat sama di semua negara yang mengadakan. Mulai dari konsep instalasi, foto-foto dan video yang ditampilkan, hingga properti-properti dari syuting video musik. Selain itu, ada juga salah satu spot yang akan menyentuh hati para penggemar BTS, di mana semua anggota menuliskan pesan-pesan mereka untuk fans tercintanya.

Di pameran ini juga menjual beberapa merchendise limited edition yang hanya bisa didapatkan di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah kaos, topi, lanyard, dan tas, dengan harga yang beragam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya