Tips Liburan Budget-Friendly Agar Kantong Tetap Sehat

Ilustrasi liburan.
Sumber :
  • Pexels

Jakarta – Berlibur merupakan waktu yang dinantikan untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari dan menikmati momen istimewa bersama keluarga atau teman-teman. 

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Namun, seringkali liburan dapat menjadi tekanan keuangan jika tidak dikelola dengan baik. 

Berdasarkan riset OCBC NISP Financial Fitness Index 2023, sebanyak 35% anak muda Indonesia pernah terjebak pengeluaran besar yang impulsif. Umumnya untuk biaya travelling atau nonton konser. 

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Ilustrasi perencanaan keuangan.

Photo :
  • Freepik

Sebanyak 35% anak muda ini justru menggunakan dana darurat untuk berlibur. Akibatnya, sebanyak 12% anak muda masih memiliki pengeluaran yang melebihi pendapatan.m

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Nah, untuk itu, berikut tips yang bisa kamu terapkan untuk mengelola anggaran saat liburan: 

Anggaran Mengikuti Destinasi

Jika kamu termasuk destination-oriented person atau sudah punya destinasi impian untuk berlibur, tentunya saja destinasi menjadi patokan untuk menata anggaran. Nilai labih dari pilihan seperti ini adalah keleluasaan menentukan lokasi yang perlu dikunjungi.

Setelah destinasi ditetapkan, ada gambaran tentang jumlah biaya yang perlu dianggarkan.  Cara ini akan memudahkan kamu dalam menabung atau menyisihkan uang secara rutin.

Kekurangannya, bisa terjadi waktu menabung untuk merealisasikan rencana liburan bisa lebih lama. "Bisa jadi kamu punya rencana healing dari sekarang, tapi baru bisa berangkat berbulan-bulan kemudian. Tapi, untuk pengalaman healing yang tak terlupakan, what’s a little sacrifice, right?” tulis pesan OCBC NISP.

Destinasi Disesuaikan Anggran

Ada pula tipe orang yang mengutamakan pengalaman yang penting tujuan healing tercapai. Untuk tipe seperti ini, biasanya, lokasi atau destinasi bukan menjadi masalah utama.

Dengang demikian, destinasi dipilih sesuai anggaran yang bisa disiapkan. "Dengan begitu, kamu bisa membuat proyeksi, tempat mana yang bisa kamu kunjungi dengan budget yang sudah kamu miliki,” demikian saran OCBC.

Keuntungannya, tujuan healing bisa segera terealisasi karena dana umumnya sudah tersedia. Kekurangannya, pilihan destinasi jadi terbatas, mengikuti dana yang tersedia.

Ilustrasi liburan .

Photo :
  • Pixabay

“Tapi, semua perjalanan adalah pengalaman baru, kan? Untuk kamu yang experience-oriented, perencanaan seperti ini bisa banget jadi pilihan kamu,” kata OCBC NISP.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat menikmati liburan yang menyenangkan tanpa harus khawatir tentang melampaui anggaran yang telah ditetapkan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya