Jakarta Diprediksi Bakal Tetap Ramai Saat Lebaran Idul Fitri, Kenapa?
- Shutterstock
VIVA – Kementerian Pariwisata bersama dengan Dinas Pariwisata DKI Jakarta membuat program kampanye #LebarandiJakarta. Kampanye ini dibuat untuk warga Jakarta yang tidak menjalankan mudik maupun masyarakat di luar Jakarta untuk bisa menikmati libur lebaran di Jakarta.
Menteri Pariwisata, Widiyanti Putri Wardhana menyebut kampanye ini sekaligus memperkenalkan bahwa Jakarta juga memiliki beragam daya tarik wisata mulai dari wisata museum, wisata belanja hingga wisata kuliner. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.
“Kampanye #LebarandiJakartaAja mengajak masyarakat yang tinggal di luar Jakarta untuk berwisata di ibu kota atau bagi mereka yang tidak mudik untuk menikmati berbagai atraksi di Jakarta. Jakarta itu destinasi yang cukup indah, supaya beda kita ingin mempromosikan Jakarta supaya wisatawan dari luar daerah terdekat bisa datang karena kami memiliki destinasi seperti museum, wisata belanja, dan restoran. Itu program,” terang Menteri Pariwisata, Widiyanti Putri dalam press conference di Kementerian Pariwisata, Rabu 19 Maret 2025.
Ilustrasi liburan keluarga
- Shutterstock
Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, Ni Made Ayu Marthini menjelaskan bahwa selama periode mudik Jakarta sendiri akan banyak ditinggalkan warganya untuk mudik ke kampung halaman.
Melihat hal ini, dinas pariwisata DKI Jakarta memanfaatkan momen tersebut dengan memberikan bundling paket yang dapat menarik wisatawan dari luar daerah atau bahkan warga Jakarta untuk menikmati libur lebaran di Jakarta.
“Setiap tahun buat kampanye pertama Nataru, Lebaran dan libur sekolah. Khusus untuk lebaran kali ini pemerintah punya beberapa program jadi semua steakholder diajak termasuk Dinas Pariwisata Jakarta. Kita bikin inovasi baru, biasanya mudik sekarang kita counter flow sekarang kenapa?” ujar Ni Made Ayu.
Ilustrasi liburan.
- Pexels
“Di hotel di Jakarta akan kosong karena mudik, harganya bagus kita bikin paket karena jalan tol lancar, kereta api lancar yang pulang rame tapi baliknya ada ini kita bundling dengan asosiasi dan dinas,” lanjutnya.
Melalui kampanye ini juga pihaknya ingin wisatawan baik dari Jakarta maupun luar Jakarta bisa menikmati destinasi wisata yang menarik di Jakarta. Dengan adanya pergerakan wisatawan ke Jakarta ini diharapkan akan terjadi perputaran ekonomi di Jakarta selama momen mudik lebaran ini,
“Jakarta selama ini dikenal dengan kota bisnis kan sebenarnya juga kota wisata ada banyak atraksi di sini yang luar biasa world class. Jakarta layak jadi destinasi wisata dan memang betul semoga dengan adanya paket itu banyak yang bolak balik karena esensi dari pariwisata spending,” jelas Ni Made Ayu.
Ilustrasi liburan.
- Dok. Istimewa
“Kita ingin orang-orang yang di hari-hari biasa sulit ke Jakarta karena kerja sekarang libur (lebaran) dengan harga yang bagus diskon tiket, jalan tol mereka balik lagi dan itu akan menambah KPI kita untuk pergerakan wisatawan Nusantara,” kata dia.
Beberapa paket yang disiapkan untuk promosi ini kata Made meliputi bundling tiket hotel hingga tiket wisata di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
“Akan ada di website, hotel-hotel, TMII kan TWC juga membuat paket yang penting kita ingin orang-orang itu atau wisatawan berkunjung (ke Jakarta),” kata dia.