Miniatur Indonesia Kini Hadir di Pulau Bali

Taman Nusa Bali
Sumber :
  • taman-nusa.com

VIVAlife - Miniatur Indonesia kini tak hanya bisa ditemui di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) saja. Bali yang dikenal akan keindahan pantainya juga memiliki miniatur Indonesia yang disebut Taman Nusa.

3 Fakta Menarik Serial The Perfect Strangers, Maxime Bouttier dan Beby Tsabina Gemas Banget!

VIVAlife berkesempatan mengunjungi taman yang terletak di Desa Sidan, Gianyar, bagian tenggara Bali tersebut. Seperti TMII, Taman Nusa juga menyuguhkan berbagai rumah adat Indonesia yang dinamakan kampung budaya.

Kampung budaya menampilkan rumah adat masing-masing daerah beserta tari dan kesenian setempat. Di rumah khas Aceh misalnya, ditampilkan Tarian Saman. Sementara di rumah khas Jawa Barat ditampilkan Tarian Jaipong. Begitu seterusnya di setiap rumah yang disinggahi di kampung budaya ini.

Kemenangan Prabowo-Gibran Diharap Jadi Peluang Kembangkan Ekonomi Berbasis Laut

Taman Nusa Bali

Pengunjung juga bisa menelusuri sejarah panjang bangsa Indonesia di delapan titik yang tersebar di areal seluas 15 hektar itu. Titik pertama, pengunjung akan memasuki sejarah awal ketika masih zaman batu. Titik selanjutnya adalah sejarah bangsa memasuki masa zaman perunggu, lalu zaman kerajaan, hingga ke zaman Indonesia awal.

EVOS dan Pop Mie Rayakan 6 Tahun Kolaborasi, Perkuat Komitmen untuk Majukan Esport Indonesia

Pada titik ini, terdapat patung dan kisah Maha Patih Gajah Mada yang terkenal dengan Sumpah Palapanya. Perjalanan kemudian memasuki masa Indonesia merdeka. Di titik ini, pengunjung bisa melihat patung Soekarno dan Mohammad Hatta saat membacakan deklarasi kemerdekaan.

Setelah itu pengunjung diajak ke titik Indonesia masa kini. Di titik tersebut ditampilkan diorama, dinamika kehidupan bangsa Indonesia saat ini, baik sosial, ekonomi politik dan lainnya. Di titik terakhir, pengunjung bisa menikmati Indonesia di masa depan. Pengunjung disajikan dengan perpustakaan yang mengedepankan teknologi canggih.

Presiden Direktur Taman Nusa, Santoso Senangsyah menjelaskan, meski destinasi wisata, ia sedapat mungkin menyisipkan unsur edukasi di Taman Nusa.

"Unsur edukasi sangat kental di sini. Kami menampilkan panorama bangsa kita dari masa ke masa," kata Santoso, Selasa, 9 Juli 2013.

Ia menjelaskan, ide membuat Taman Nusa berasal dari kecintaannya terhadap budaya Nusantara. Santoso mengatakan, ke depan, ia akan membuat festival budaya bangsa yang digelar rutin di Taman Nusa.

"Ini proyek idealisme saya. Kita semua tentu punya mimpi sama soal budaya bangsa kita, tapi saya beruntung selangkah lebih maju karena diberi kesempatan mewujudkan mimpi saya," ujar Santoso.

Sementara itu, Public Relation dan CSR Government, I Gede Panca Buana Karya menjelaskan, Taman Nusa kini memasuki tahap uji coba. Dalam waktu dekat, taman dengan pemandangan asri itu akan diluncurkan.

"Saat ini kita berikan diskon setengah harga untuk masuk sebesar Rp75 ribu," ucapnya.

Pengunjung, kata dia, dapat mengakses secara bebas semua zona. Hanya khusus untuk teater dan restoran, pengunjung harus mengeluarkan biaya tambahan. Selain kampung budaya, pengunjung juga bisa melihat miniatur Borobudur serta museum kereta api. Tertarik?



Mau jalan-jalan hemat? Klik saja Gonla.com, agen travel online dan offline di bawah naungan Portal VIVA.co.id untuk dapat diskon 70 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya