Keindahan Tersembunyi di Pulau Nusakambangan

Keindahan Pantai Pasir Putih Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah
Keindahan Pantai Pasir Putih Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVA / Dwi Royanto

VIVA.co.id - Berbicara mengenai Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah, yang terlintas di benak semua orang adalah "rumah" bagi para penjahat kelas kakap. Namun tak banyak yang tahu, bahwa di balik keangkeran itu, Nusakambangan justru menyimpan seribu keindahan alam tak terkira.

Wilayah yang dikelilingi lautan itu bahkan memiliki sejarah panjang. Dan sejumlah destinasi wisata tersembunyi menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang datang.

Salah satunya adalah wisata pantai pasir putih. Orang sering menyebut pantai itu sebagai surga pulau Nusakambangan. Persis seperti namanya, pantai yang berada paling Timur Nusakambangan ini memiliki pasir putih yang teramat lembut. Ditambah, hutan tropis yang melingkupinya masih sangat rimbun dan alami, kian menambah teduhnya pulau tersembunyi itu.

Semilir embusan angin di sepanjang pantai ini, memiliki daya tarik luar biasa. Lengkap dengan bebatuan karang dan lalu lalang perahu nelayan yang silih berganti, semakin membuat mata Anda enggan berkedip. Sungguh indah.

Namun surga wisata Pantai Pasir Putih masih tidak semua orang mengenalnya. Sebab, letaknya yang berada di pulau tersendiri membuat orang enggan untuk singgah ke sana. Padahal, tidak butuh waktu dan merogoh kocek tebal agar kaki bisa sampai ke sana.

Wisatawan hanya perlu datang ke Pantai Teluk Penyu yang berjarak enam kilometer dari Pantai Pasir Putih Nusakambangan. Anda bisa menyewa perahu nelayan yang sudah standby di pesisir Teluk Penyu. Untuk biaya sewa hanya Rp35 ribu per orang.

Jarak dari pusat Kota Cilacap ke Pantai Teluk Penyu hanya 3 kilometer. Untuk menyeberang ke Pulau Nusakambangan hanya membutuhkan waktu 15 menit. Sedangkan untuk masuk ke pantai kita perlu membayar Rp 5.000 per orang.

Benteng Karang Bolong

Benteng Karang Bolong di dalam hutan Nusakambangan

Benteng Karang Bolong di dalam hutan Nusakambangan. Foto: VIVA/Dwi Royanto

Ada dua pantai Pasir Putih di Nusakambangan. Meski letaknya tidak terlalu jauh, tapi Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit menelusuri hutan Nusakambangan dari pantai pertama di sisi Timur menuju sisi Barat yang disebut Pantai Karang Pandan.

Jangan kaget, saat Anda memasuki hutan, mata kita akan dibuai sebuah benteng tua berumur ratusan tahun. Namanya benteng Karang Bolong. Konon, benteng panjang dan dalam yang ditumbuhi pepohonan semak belukar itu merupakan tempat singgah dan bertapa orang penting zaman dulu.

Meski telah dimakan usia, tetapi benteng peninggalan Belanda itu masih berdiri kokoh dan menyisakan nilai mistis di benak para pengunjung yang datang. Di tambah lagi, adanya berbagai pepohonan rimbun yang turut menambah suasana sunyi di wilayah itu.

Namun rasa tegang akan hilang, ketika memasuki wilayah luar benteng. Di mana keindahan pantai Pasir Putih kedua yang disebut Pantai Karang Pandan hadir dan memanjakan mata.

Keindahan lain pantai Karang Pandan adalah adanya air terjun bernama "Grojogan Sewu" yang berada di sisi kanan pantai. Lokasinya sangat dekat dengan pantai namun mengalirkan air tawar yang jernih dan segar. Biasanya, para wisatawan yang berenang di pantai langsung membilasnya di air terjun yang memiliki 1000 tanjakan ke atas bukit Nusakambangan itu. (ren)