Terpikat Keindahan Alam di Pulau Supiori

Banyak kekayaan aneka flora dan fauna terdapat di hutan Supiori.
Sumber :
  • dok Indonesia Travel

VIVA.co.id - Mungkin nama tempat ini agak sedikit asing di telinga Anda, tetapi daerah ini menyajikan keindahan alamnya yang tidak biasa. Supiori merupakan kabupaten termuda dan terkecil saat ini di Indonesia.

Warna Ini Bikin Ruangan Terasa Menyatu dengan Alam

Ia berada di Pulau Supiori yang dipisahkan Pulau Biak dengan jembatan sepanjang 100 meter, yang berada di atas Selat Sorendiweri. Wilayah Supiori merupakan tempat pemekaran dari Kabupaten Biak Numfor sejak 2003 dengan ibukota di Sorendiweri.

Kawasan ini membentang di perairan Pasifik, di mana kawasan daratannya meliputi pegunungan dan didominasi wilayah lereng curam meski sebagian lain kecil landai. Supiori memiliki jumlah penduduk sekitar 19.182 jiwa dan mereka bermukim di sepanjang pantai.

Brutal, Ekuador Bobol Kedutaan Besar Meksiko Untuk Tangkap Paksa Wapresnya yang Dituduh Korupsi

Kekayaan Fauna

Dikutip dari laman Indonesia Travel, di kawasan daratan terdapat hutan yang merupakan suaka alam terbesar dengan luas 38.157 hektare. Kawasan hutan lindungnya sebesar 4.689 hektare dan dan kawasan hutan produksi 2.178 hektare.

Will Smith Penasaran dengan Salah Satu Wisata Alam di Sukabumi

Banyak kekayaan aneka flora dan fauna terdapat di hutan Supiori, seperti merbau, matoa damar, ketapang hutan, manggustan, pandanus, dan berbagai jenis bambu.

Termasuk pula ada berbagai jenis anggrek hutan dan anggrek hitam yang dilindungi. Berbagai fauna nya meliputi burung kakak tua raja jambul merah, kakak tua hitam jambul kuning, cenderawasih, kuskus dan berbagai jenis reptil.

Supiori tidak hanya terkenal dengan wisata daratannya saja, tetapi tempat ini juga memiliki perairan seluas 5.993 kilo meter persegi. Perairan di sana juga dianugerahi harta kekayaan laut besar. Dan memiliki area penangkapan ikan seluas 600 meter persegi dengan sumber perikanan mencapai 300 ton per tahun.

Beberapa jenis kekayaan lautnya meliputi tuna, cakalang, tenggiri, baronang, napoleon, kuwe, kerapu, kuris merah, juga teripang dan rumput laut.

Lokasi menginap unik

Keindahan bawah laut Supiori telah dikenal jauh sebelum Raja Ampat terutama pada masa, ketika Pulau Biak menjadi transit penerbangan Jakarta - Biak - Honolulu - Los Angeles.

Banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan saat berwisata di sini, seperti menikmati pemandangan suaka alam, meliputi hutan-hutan yang dilindungi.

Anda juga dapat menikmati wisata baharinya dengan menyelam sambil mengamati kekayaan bawah lautnya yang masih terjaga alami. Aktivitas ini akan menjadikan wisata liburan Anda menyenangkan di sisi Timur Indonesia.

Anda bisa menginap di rumah warga, agar terjalin interaksi dengan warga asli di sana. Foto-foto: Dok Indonesia Travel

Yang unik adalah, karena belum banyak penginapan resmi di sana, untuk bermalam Anda bisa menyewa rumah penduduk setempat. Selain akan jadi lebih murah, hal ini tentunya bisa membuat perjalanan wisata Anda lebih bermakna, karena bisa lebih berinteraksi dengan penduduk lokal.

Namun, jika hal ini tak membuat Anda nyaman, maka Anda bisa bergeser sedikit menuju Kabupaten Biak Numfor, karena di sana tersedia beberapa pilihan hotel yang bagus di antaranya Aerotel Irian yang ada di Jalan Muh. Yamin SH, Biak. Lalu, ada Solo Hotel yang beralamat di Jalan Wolter Monginsidi 4, Mandala, Biak, dan Mapia Hotel di Jalan Jendral Ah. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya