Pesona Tersembunyi Pantai Pandawa di Bali

pandawa 1
Sumber :
  • dok Karang Putih

VIVA.co.id – Saat mengunjungi Bali, ada banyak pantai memukau yang siap menyambut kita, dengan pesona ombak biru dan hamparan pasir putih nan indah. Selain pantai Padang-padang dan Dreamland, sebenarnya ada satu lagi pantai di Bali, yang menyuguhkan pemandangan molek seperti itu. Namanya pantai Pandawa, yang ada di Desa Kutuh, Badung, wilayah Bali Selatan.

Dulu, tak banyak orang yang tahu tentang keberadaan pantai ini. Hanya sebagian peselancar yang datang ke sana, sehingga hanya sedikit orang yang berkesempatan menginjakkan kakinya di pasir Pandawa yang lembut. Hal itu terjadi, karena posisi pantai ini tersembunyi di balik tebing-tebing kapur raksasa, sampai warga setempat menjulukinya Secret Beach.

Namun, karena punya potensi wisata besar, akhirnya pemerintah setempat  pada 2012, secara resmi membuka pantai itu untuk umum. Untuk mempermudah akses menuju ke sana, dibuatlah jalanan yang membelah bukit-bukit itu.

Kini, hal ini justru menjadi kekuatan lokasi wisata itu. Karena sebelum sampai ke pantai, wisatawan akan disuguhkan dulu dengan pemandangan tebing indah nan menjulang.

Pesona Pantai Pandawa yang Menggoda

pandawa 5

Setelah sampai di pantainya, bersiaplah untuk terhipnotis keindahan pemandangan Pantai Pandawa yang eksotis. Ombaknya yang bersahabat, dengan warna biru bening, niscaya akan membuat Anda ingin segera bermain air.

Sementara itu, embusan angin semilir bisa membuat Anda tertidur, akibat terbius kesejukannya. Sebuah kolaborasi pemandangan alam yang indah dan menenangkan hati.

Bersantai di pantai

Perjalanan menuju lokasi ini tidak sulit, jika Anda membawa mobil dari Kuta, maka hanya dibutuhkan waktu tempuh 30 menit saja. Jarak Pandawa dari Nusa Dua atau Uluwatu pun, hanya 3 kilometer. Untuk masuk ke pantai ini, pengunjung hanya diminta membayar Rp2 ribu per orang, dan kalau membawa mobil menambah Rp5 ribu.

Selain bisa melakukan aktivitas renang, ombak Pandawa yang relatif tenang, membuatnya menjadi incaran peselancar asing maupun lokal untuk surfing.

Tak hanya itu, jika Anda suka beragam aktivitas pemainan air, seperti kano, maka bisa melakukannya dengan biaya sewa Rp15 ribu per jam. Di pinggir pantai, banyak disewakan kanopi dan kursi santai dengan harga Rp50 ribu dengan durasi waktu sepuasnya.

Kota-kota Tujuan Wisata Terpopuler 2015, RI Urutan Berapa ?

pandawa 3

pandawa 2

Perusahaan Kanada Siap Bangun Bandara di Laut Bali

Sementara itu, buat yang punya nyali lebih dan berani menjajal olahraga ekstrem, di Pandawa Anda bisa mencoba Paralayang. Terjun dari atas ketinggian tebing di sekitar lokasi itu, yang bernama Timbis. Cukup menantang  bukan?

Pemandangan perbukitan

Di sekitar pantai Pandawa, ada beberapa tempat menginap yang menawarkan suasana rileksasi maksimal. Salah satunya adalah Villa Karang Putih, yang berada di Jalan Karang Putih, Desa Kutuh. Lina Shimizu, pengelola tempat itu menjelaskan, tamu yang menginap di tempatnya, memang sengaja mencari lokasi yang dekat dengan pantai Pandawa, yang bisa ditempuh dalam jarak 10 menit saja.

Ketika pagi menjelang, dari jendela kamar tidur, tamu akan dimanjakan deburan suara ombak, plus pemandangan alam bukit hijau nan segar. “Karena posisinya di atas tebing, para tamu jadi bisa menikmati keindahan pantai Pandawa dengan view maksimal. Kalau ada yang ingin main jet ski juga bisa, karena ini masuk dari fasilitas yang disediakan pantai Pandawa, selain kano dan paralayang tentunya,” ujar Lina.

pandawa 4

pandawa 6

Dari atas bukit, pemandangan melihat pantai Pandawa jadi semakin maksimal. Foto-foto: Dok Karang Putih.

Ia menambahkan, karena pantai ini terletak di bagian timur, maka lebih baik jika Anda mau main ke Pandawa, sebaiknya datang di saat menjelang pagi. Sehingga Anda dan keluarga, bisa menikmati indahnya matahari terbit yang begitu memesona.

Sejak dibuka Juli 2014, ia katakan, animo tamu yang datang ke villanya sangat baik, ini juga karena imbas dari kepopuleran Pantai Pandawa yang makin dikenal. “Terlebih di tempat kami nuansa khas Balinya masih terjaga, karena banyak lukisan Bali di sini. Sepertinya, hal itu pula yang membuat tamu betah berlama-lama, selain karena sistem layanan personal yang kami berikan kepada tamu,” tutupnya. (one)
  
Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya