Lima Taman Menakjubkan di India Favorit Wisatawan

Pangong Lake, India
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Tak hanya Taj Mahal yang menjadi tujuan wisata saat Anda berkunjung ke India. Di India ternyata juga terdapat kebun raya dengan beragam flora yang tak terhitung jumlahnya untuk bisa dinikmati keindahannya.

Jemput Wisatawan, Pemalang Akan Bangun Bandara

Taman-taman di sini memiliki hamparan yang luas, dilengkapi dengan rumput indah, bunga warna-warni, kolam ikan, dan air mancur. Ruang hijau megah ini menawarkan perjalanan yang menyegarkan dan favorit wisatawan.

Tidak hanya itu, taman-taman
di sini memiliki sejarah yang panjang di India. Contohnya, seperti Srinagar Shalimar Bagh dan Nishat Bagh adalah taman bergaya kerajaan Mughal dengan tata letak empat bagian. Kemudian, dibagi menjadi tempat tanaman buah dan pohon berbunga, kanal yang sempit, kolam, dan air mancur.

Taman di India sangat sempurna untuk tamasya keluarga dan juga bagi siapa saja yang mencintai alam. Jadi, siapkan diri Anda untuk piknik untuk bermalas-malasan di bawah sinar matahari sambil menikmati keindahan taman ini.


Berikut taman menakjubkan di India favorit wisatawan dikutip laman HappyTrips.

Taman Nek Chand Rock

Sebuah taman indah menyerupai labirin menyajikan pemandangan eksotis dan menarik dari kota ini. Taman ini ditata seperti sebuah fantasi yang dikemas dengan koridor yang sempit, amphitheatres, jembatan, tangga, air terjun yang spektakuler dan pasar etnis di akhir pekan.

Taman ini dihuni oleh patung tokoh-tokoh manusia dan hewan yang dibuat dengan menggunakan bahan sampah daur ulang seperti gelang, kawat, botol dan ubin. Dibuat secara diam-diam oleh pekerja lokal transportasi Nek Chand pada 1957 dan taman ini sekarang telah menjadi bagian dari proyek daur ulang yang penting dan menjadi daya tarik tersendiri.

Leisure Valley

Dibuat oleh Le Corbusier di lembah
sungai musiman yang terkikis. Leisure Valley memiliki taman panjang yang terdiri atas serangkaian tema taman sekitar 8 kilometer.

Taman ini membentang dari Sektor 1 di utara sampai ujung selatan kota di Sektor 53. Dilengkapi dengan kebun mawar terbesar di Asia dan kebun yang didedikasikan untuk jenis bugenvil, kembang sepatu. Uniknya, taman ini memiliki replika menara Eiffel.


Chashmeshahi

Merupakan taman ketiga dan terkecil yang ada di taman Mughal. Untuk mencapai tempat ini melewati setengah jalan Pegunungan
Zabarwan dalam perjalanan ke Pari Mahal. Taman ini diberi nama dari sebuah mata air yang terletak di teras paling atas.
 

Desainnya tidak jauh seperti dari taman tradisional Mughal, namun telah dimodifikasi sesuai dengan lokasinya.
Saat di sini Anda akan menemukan kebun dengan penuh tanaman yang indah, seperti cemara dan pohon Chinar. Terletak tepat di atas Nehru Memorial Park, taman ini diyakini sangat tepat didatangi saat musim semi.

Shalimar Bagh

Salah satu taman paling populer bergaya Mughal di Srinagar, Shalimar Bagh memiliki empat teras dipisahkan oleh saluran air. Teras keempat memiliki paviliun pilar marmer hitam dengan ukiran dan sebagai ruang perjamuan untuk kaisar.

Kaisar Jehangir membangun taman ini untuk istrinya Nur Jahan pada 1616 dan setelah itu membangun taman kedua Faiz Baksh yang ditambahkan ke dalam taman tersebut. Dikenal sebagai taman cinta, Shamilar Bagh rapi dibagi dengan kanal dilapisi dengan batu yang dipoles dengan ukiran indah.

Nishat Bagh

Berbatasan dengan tepi Danau Dal, taman ini terdiri atas 12 teras sekaligus memiliki  tanaman yang mekar dan kanal air yang mengalir di tengahnya. Teras taman ini sangat tinggi dan menawarkan pemandangan indah sepanjang jalan sampai ke tepi Danau Dal.

Nishat Bagh merupakan taman terbesar dari kebun Mughal dan juga dikenal sebagai taman kebahagiaan.
Dengan latar belakang yang menakjubkan dari Pegunungan Zabarwan, terlihat jelas hamparan reruntuhan bangunan kerajaan Mughal. Ada juga mata air kecil di belakang taman, yang dikenal sebagai Gopi Tirth yang merupakan sumber air jernih. (art)

Baca juga:

Menilik Keindahan Tempat Wisata di Pemalang
Wisata Mangrove Pemalang

Pemalang Siap Tawarkan Desa Wisata Cikendung

Rencananya ada rumah pohon di desa wisata tersebut.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2016