Menikmati Keindahan Gunung Dua Saudara di Kota Bitung

Pegunungan di Kota Bitung
Sumber :
  • Facebook Kota Bitung
VIVA.co.id
5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda
- Menjelajah Indonesia tak melulu harus ke Bali. Ada sejumlah tempat menarik lain, yang harus Anda kunjungi, ketika menjelajah Nusantara. Berkunjung ke kota Bitung salah satunya.

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

Tempat tersebut, banyak menawarkan keindahan alam. Salah satu keindahan alamnya seperti gunung dan laut. Nah, hal yang menarik lainnya, sesampainya di kota Bitung Anda akan disambut hangat oleh gunung cantik yang memiliki puncak kembar.
Menyusuri Sungai Cigenter, 'Amazon' di Ujung Kulon


Gunung Dua Sudara sebutannya. Ini merupakan gunung non aktif di sebelah timur Gunung Klabat. Letaknya di Kelurahan Madidir Unet, Kecamatan Madidir, berkisar 12 kilometer dari pusat Kota Bitung.


Gunung Dua Sudara memang tak begitu tersohor, namun keberadaannya merupakan primadona bagi pendaki lokal dengan ketinggian 1.351 meter dari permukaan laut (mdpl). Satu-satunya rute yang memungkinkan adalah dari sisi Kota Bitung. Biasanya butuh waktu lebih dari empat jam untuk sampai ke puncak dengan medan penuh lumpur.


Dua puncak Gunung Dua Sudara menciptakan lanskap yang khas dan indah, sangat cocok diabadikan ke dalam bidikan kamera. Keduanya terlihat jelas dari pesisir Selat Lembeh.


Pada lereng kaki Gunung Dua Sudara dipenuhi oleh pohon enau yang sengaja ditanam oleh Pemerintah Kota Bitung. Hal ini, dilakukan bertujuan demi kelestarian lingkungan. Sebab, menurut Teori Wallace, Tangkoko dan Gunung Dua Sudara merupakan wilayah yang dilewati hembusan angin panas dari selatan ke utara.


Selain itu, komoditi hasil perkebunan warga seperti jagung, ubi, kelapa, dan pisang juga menghiasi kaki gunung ini. Selebihnya, adalah kepungan pohon rotan, beringin, hutan jati dan ilalang yang ditinggali oleh hewan endemik Sulawesi seperti kuskus, tarsius, dan burung maleo. (asp)![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya