Rasakan Sensasi Berkemah di Delapan Tempat Ini

Orang yang tinggal di daerah dingin lebih berisiko terkena kanker
Sumber :
  • REUTERS/Pauline Askin
VIVA.co.id
Menikmati Sensasi Berkemah Tema Alam Futuristik
- Melakukan kegiatan rekreasi di luar ruangan seperti berkemah tentunya sangat mengasyikkan. Kegiatan ini umumnya dilakukan untuk beristirahat dari ramainya perkotaan, atau dari keramaian secara umum, tujuannya untuk menikmati keindahan alam.

Sensasi Kemah Berfasilitas Bintang Lima

Berkemah biasanya dilakukan dengan menginap di lokasi perkemahan, dengan menggunakan tenda seperti ala orang primitif, atau tanpa atap sama sekali. Kini berbagai daerah di dunia banyak menawarkan sensasi berkemah dengan suasana yang tidak biasa, ingin tahu di mana saja tempat itu? Berikut delapan tempat berkemah spektakuler menurut laman Xin.msn.

Taman Nasional Alaska

Berkemah di Alaska merupakan suatu cara untuk melatih kemandirian hidup di alam bebas. Di sana, Anda akan belajar mendirikan kemah di antara gunung-gunung, air terjun dan gletser.

Saat di sana, Anda akan mendaki gunung dengan pemandangan indah. Tidak lupa untuk mencoba sensasi memancing di danau setelah itu pergi melihat keindahan dan keramahan penduduk setempat.

Bryce Canyon, Amerika Serikat

Adanya gunung-gunung yang menjulang dan danau pegunungan yang membentuk hektaran taman nasional ini akan membuat Anda terkagum. Ternyata di tempat ini terdapat juga kawasan perkemahan yang difasilitasi area untuk mendirikan tenda, toilet, serta tempat menyimpan makanan.

Berkemah di pedalaman ini membutuhkan persiapan serius, termasuk permohonan izin lebih dulu, perkiraan cuaca, persediaan air kemasan bersih dan cara untuk mengamankan makanan dari satwa liar. Di sekitar tempat kemah terdapat hewan langkah, seperti utah, anjing padang rumput, dan beruang Hitam.
 
Cobalah berjalan untuk menemukan raksasa formasi batuan bergerigi Bryce Canyon yang berwarna merah terang menghadap langit biru. Menurut legenda, formasi batuan ini berusia 250 juta tahun.

Ternyata Ini Perbedaan Panggilan Bilqis ke Muhammad Fardhana dan Mantan Pacar Ayu Ting Ting

Formasi batuan alami ini disebabkan oleh erosi angin dan air pada batuan kapur. Puncak-puncaknya yang juga dikenal sebagai hoodoos memiliki tinggi hingga 61 meter dan dapat dilihat dari jarak hingga sekitar 300 kilometer. Selain itu, Bryce Canyon memiliki kualitas udara yang baik.

Amazon Rainforest, Amerika Selatan

Merupakan sebuah hutan yang luasnya meliputi tujuh juta kilometer persegi atau sekitar 1,7 miliar hektare. Amazon mewakili lebih dari setengah hutan hujan yang tersisa di planet ini dan terdiri atas saluran terbesar serta paling kaya spesies hutan hujan tropis di dunia.

Saat berkemah di sini, Anda akan mendapatkan pengalaman yang sangat berkesan karena selalu dilingkupi oleh kepadatan hutan, suara satwa liar yang tersembunyi dari pandangan.

Di bawah hutan hujan Anda akan melihat dari jauh sebuah tenda raksasa dimana Anda akan belajar tentang kehidupan alam bebas di hutan yang dipandu oleh Amerindian.

Anda akan mendengar cerita tentang proses pembuatan anggur yajé yang digunakan untuk membuat ayahuasca atau minuman yang bersifat psikoaktif yang digunakan dalam ritual perdukunan oleh suku-suku asli setempat.
Pada malam harinya, di bawah kanvas, Anda akan mendengarkan panggilan dari alam liar, seperti monyet, jangkrik, dan sebagainya.

Wadi Rum, Yordania

Daerah ini secara alami memang kering dan menerima curah hujan tahunan yang sedikit. Namun, ini memiliki pemandangan yang spektakuler di Yordania selain tempat ini memiliki gurun yang luas.

Wadi Rum juga merupakan rumah bagi suku Bedouin yang hingga kini masih tinggal secara seminomaden. Mereka tinggal di tenda-tenda di beberapa kawasan Wadi Rum.

Setelah Wadi Rum berkembang menjadi tempat wisata, banyak orang Bedouin menjadi pemandu wisata serta penunjuk jalan bagi para pemanjat tebing. Sebagian dari mereka menggantungkan hidupnya dari pariwisata di Wadi Rum.

Stepa, Mongolia

Pemandangan di sini mungkin terlihat liar, tapi tempat ini layaknya lokasi petualangan yang sederhana. Anda akan merasakan harumnya, teh bunga di tenda yang berbentuk melingkar yang dilindungi keindahan yang luar biasa.

Daratan luas Mongolia bukan hanya stepa, padang rumput, dan gurun pasir. Negeri Genghis Khan ini sesungguhnya kaya akan ragam lanskap alam yang indah, flora, fauna, kekayaan kultural dan jejak prasejarah yang mengagumkan. 

Anda dapat melakukan sensasi berkemah di padang rumput yang merupakan  kisah dari legenda yang memang sudah terkenal dari Mongol Horde, di mana dulunya dipimpin oleh Genghis Khan. Nah, ciri khas berkemah itu sekarang banyak dilakukan para wisatawan.

Untuk mencapai tempat ini pengunjung dapat melakukan perjalanan ke Mongolia barat dengan mendaki dan memanjat tebing di Pegunungan Altai, dengan beberapa ornamen modern dapat ditemukan.

Bangunan tendanya terlihat kokoh dari kayu dan wol dikenal sebagai ger, hunian khas perantau Mongolia. Hindari untuk bersikap yang tidak wajar, sebab hal ini akan menyinggung penduduk setempat dan patuhi peraturan yang ada.

Northern Territory, Australia

Saat di sini, Anda akan melihat formasi batuan yang luar biasa yang dikenal sebagai Uluru. Merupakan sebuah tempat
memukau, Uluru terdaftar sebagai Warisan Dunia dan menjadi salah satu lambang Australia yang paling ikonik.

Terletak di jantung Taman Nasional Uluru Kata Tjuta di Red Centre Australia, Uluru adalah tempatnya bentang alam kuno yang kaya akan kebudayaan dan spiritualitas asli Australia.

Saat Matahari mulai bersinar, batu kuno ini perlahan-lahan mulai berubah menjadi merah anggur gelap dan merah membara.
Uluru akhirnya menjadi satu, bara besar, bersinar seolah-olah menyembunyikan api.

Tempat di sekitar uluru merupakan hamparan tanah yang luas, di mana Anda bisa mendirikan sebuah tenda. Anda juga bisa mempelajari kebudayaan suku Aborigin sambil menikmati keindahan alam dari lanskap berbatu.

Safari di Afrika Timur

Berkemah safari di Afrika adalah pengalaman yang benar-benar mendalam membawa Anda ke depan pintu belantara Afrika. Saat malam hari, Anda akan mendengar suara-suara dari penghuni hutan di bawah langit bertabur bintang nan indah.

Antartika

Saat di sini, akan melihat
struktur es menjulang yang mengelilingi Anda. Dengan mendirikan tenda dan tinggal di Patriot Hills, yakni wilayah bagian selatan Laut Wedell, tepat di bagian lepas pantai Antartika, Kutub Selatan.

Suhu di wilayah ini sampai puluhan minus derajat Celcius. Selain berkemah sambil merasakan dingin yang ekstrem, keunikan yang tidak akan Anda temukan di tempat kemping yang lain adalah Anda dapat melihat banyak penguin dengan berbagai pola tingkahnya
. (art)

[vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya