Keindahan Nan Unik Danau Loughareema Vanishing

Loughareema Vanishing Lake
Sumber :
  • Facebook
VIVA.co.id
5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda
- Tepian jalan menuju Kota Ballycastle, Irlandia disuguhi pemandangan danau berkelok yang indah. Namun, sedikitnya curah hujan, membuat danau berkelok ini pun menyusut dan lama-lama menghilang. Fenomena ini bukan karena danau ini mengering.

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

Danau yang bernama Loughareema Vanishing Lake ini terletak tidak jauh dari pesisir pantai dan memiliki kondisi tanah yang unik.
Menyusuri Sungai Cigenter, 'Amazon' di Ujung Kulon


Dasar pada danau ini mengandung tanah liat dan juga gambut. Secara perlahan, dasar danau akan menghisap air yang menggenang di atasnya. Orang yang jarang melewati jalan itu mungkin tidak akan sadar dengan keunikan danau ini.


Menariknya, jalan menuju Ballycastle dibangun tepat di sebelah danau, sehingga, danau ini menjadi pemandangan menarik saat melewati jalan ini. Di dekat danau terdapat plang yang menunjukkan nama "Loughareema, Vanishing Lake" atau yang berarti danau yang bisa menghilang.


Ketika musim hujan, dilansir
Amusing Planet
jalan ini jadi lebih berbahaya karena terendam air. Hal ini tentu berpengaruh juga pada kubik air pada Danau Loughareema yang semakin meningkat. Bahkan jika intesitas curah hujan cukup tinggi, air danau akan tumpah hingga menutupi jalanan.


Menurut legenda setempat, dahulu ada seorang jenderal bersama seorang ajudannya yang sedang melintas di danau tersebut. Saat itu, jalanan dan jembatan itu belum terlalu tinggi dibanding dengan kondisi sekarang. Mereka lewat dengan kereta kuda saat hujan lebat sehingga kondisi jalan pada saat itu sedang terendam air danau.


Kereta kuda yang dinaiki pun oleng lantaran kudanya kaget saat badan kuda terkena air danau yang terlalu dingin. Si pengunggang tak peduli dengan kondisi kudanya dan malah memecutnya agar lari lebih kencang. Alhasil, kuda mengamuk dan menjungkirbalikkan kereta ke dalam danau. Mereka bersama kudanya pun tenggelam di dasar danau.


Banyak orang yang tinggal di sana mengaku pernah melihat siluet kereta kuda berhantu di tengah danau. Beberapa lainnya juga mengaku pernah melihat sang jenderal berdiri sendiri di ujung danau.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya