Semawur, Indahnya Air Terjun Delapan Tingkat di Kendal

semawur
Sumber :
  • Viva / Dwi
VIVA.co.id
Sempat Membaik Sebelum Meninggal, Kondisi Ibu Angger Dimas Drop Lagi Sejak Kematian Dante
- Kabupaten Kendal, Jawa Tengah menyimpan sejumlah destinasi wisata tersembunyi. Salah satunya air terjun Semawur yang keberadaannya masih belum terjamah banyak wisatawan. Orang biasa menyebut keindahan air terjun ini dengan sebutan `perawan.`

Iran Pastikan Fasilitas Nuklir di Isfahan Aman Usai Serangan Israel

Berada di kawasan tinggi pegunungan, tepatnya di dusun Jiwan, desa Blumah, Kecamatan Plantungan, Kendal, curug Semawur menyimpan segudang keajaiban. Wilayah ini terletak di ujung sebelah barat Kabupaten Kendal, berbatasan langsung dengan Kabupaten Batang.
8 Negara dengan Tingkat Kemiskinan Terendah di Dunia


Berada pada ketinggian 1.300 meter dari permukaan laut, curug Semawur membius para wisatawan yang mengunjunginya. Sebab sensasi air terjun perawan pasti membuat Anda betah berlama-lama menghilangkan penat.


Bagi pecinta alam yang senang dengan beragam tantangan dan terjalnya wisata gunung, Semawur dapat Anda pilih untuk berwisata. Menurut warga sekitar, air terjun Semawur tidak pernah kering sepanjang tahun.


Curug Semawur terdiri dari delapan tingkatan, tingkatan paling atas merupakan air terjun kembar. Dari dasar air terjun, hanya dua tingkat air terjun yang bisa dilihat dengan mata.


Anda dapat merasakan sensasi guyuran air terjun yang dapat membuat Anda kembali segar. Mitos yang berkembang di air terjun alami ini, pengunjung yang memiliki spiritualitas tinggi akan menjadi awet muda jika menceburkan air terjun yang masih perawan ini.


Meskipun terletak jauh dari pusat kota, namun wisatawan tak perlu khawatir jika ingin bermalam di lokasi wisata ini. Anda bisa menginap di wilayah rumah-rumah penduduk (home stay) yang berada paling dekat dari curug.


Bagaimana akses menuju curug ini? Anda bisa menuju ke dusun Blumah. Tantangan akan langsung dirasakan, saat para wisatawan menempuh perjalanan kaki selama 1,5 jam menuju ke lokasi Curug Semawur.


Jangan khawatir, sepanjang perjalanan kaki, akan disuguhi pemandangan alam cantik. Di antaranya hamparan perkebunan kopi, aliran sungai kecil berair jernih, dan gunung-gunung kecil yang menghijau.


Selain memiliki air terjun yang memukau, di kawasan Blumah ini juga terdapat lahan pertanian, perkebunan dan tanaman hutan berupa perkebunan teh, pohon jati, pohon karet, kopi, dan lain-lain.




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya