Melihat Eksotisme Empat Air Terjun Terindah di Dunia

Air Terjun Iguazu
Sumber :
  • REUTERS/Jorge Adorno

VIVA.co.id - Keindahan air terjun sering membuat banyak mata merasa terpesona akan keindahan alam di dunia. Karena keindahannya, beberapa air terjun bahkan dinobatkan sebagai air terjun terindah di dunia.

Ini, seolah menjadi bagian dari rasa hormat manusia pada sang pencipta, di mana kekuatan alam berada pada titik paling megah.

Berbicara tentang keindahan air terjun, banyak yang beranggapan, butuh perngorbanan dan tenaga untuk melihat keindahannya. Bahkan banyak pula air terjun cantik yang bisa dilihat dengan sejumlah bantuan panduan.

Tapi, untuk merasakan segarnya air terjun eksotis dan terindah di dunia, Anda bisa mencapainya dengan akses mudah bahkan banyak hotel di dekat lokasi air terjun yang mudah ditemukan untuk disinggahi.

Berikut Anda perlu tahu, empat air terjun terindah di dunia seperti dilansir laman Happy Trips.

Air Terjun Iguazu

Air Terjun Lombongo, Surga Tersembunyi di Gorontalo

Air Terjun Iguazu

Air terjun Iguazu, Air terjun Iguassu, atau Air terjun Iguaçu (Portugis: Cataratas do Iguaçu) adalah nama air terjun yang berlokasi di Sungai Iguazu di perbatasan negara bagian Paraná di Brasil (20 persen) dan provinsi Misiones di Argentina (80 persen). Air terjun ini membagi sungai menjadi bagian atas dan bawah.

Nama Iguazu diambil dari kata dalam bahasa Guarani atau Tupi y (air) dan ûasú (besar). Legenda menyebutkan bahwa dewa ingin menikahi seorang wanita bernama Naipí, yang kemudian pergi dengan kekasihnya Tarobá dengan kano.

Air Terjun Panglebur Gongso, Indahnya Bak Negeri Impian

Dewa menjadi marah dan membelah sungai sehingga terciptalah air terjun dan mereka berdua jatuh ke dalamnya. Orang Eropa pertama yang menemukan air terjun ini adalah penjelajah Spanyol bernama Conquistador Álvar Núñez Cabeza de Vaca pada tahun 1541, yang juga diabadikan untuk nama bagian air terjun di sisi Argentina. Air terjun ini lalu ditemukan kembali oleh Boselli di akhir abad ke-19, dan salah satu nama air terjun lain di sisi Argentina diambil dari namanya.

Iguazu Falls atau air terjun Iguazu, membentang tiga kilometer di perbatasan antara Brasil dan Argentina. Lebih tinggi dari air terjun Niagara, dan empat kali lebih lebar.

Air terjun Iguazu akan terlihat mengalir deras--lebih dari 450.000 kaki kubik air per detik pada musim hujan, antara Desember dan Februari. Keluar dari musim, itu bisa jauh lebih mengesankan.

Air Terjun Niagara

Air Terjun Niagara

Lompat dari Tebing, Pria Ini Patahkan 14 Tulang Rusuknya

Niagara adalah air terjun besar di sungai Niagara yang berada di garis perbatasan internasional antara negara bagian Amerika Serikat New York dengan provinsi Kanada Ontario. Air terjun ini berjarak sekitar 17 mil (27 km) sebelah utara barat laut dari Buffalo, New York dan 75 mil (120 km) tenggara Toronto, Ontario.

Niagara adalah nama kelompok dari tiga air terjun. Ketiga air terjun tersebut adalah air terjun Horseshoe (kadang-kadang disebut sebagai air terjun Kanada), air terjun Amerika, dan yang lebih kecil yakni air terjun Bridal Veil yang dipisahkan oleh sebuah pulau bernama Luna Island dari air terjun utama.

Meski tidak terlalu tinggi, Niagara merupakan air terjun yang sangat lebar dan terpopuler di dunia. Lebih dari 6 juta kaki kubik (168.000 meter kubik) air per menit dijatuhkan dan ini merupakan air terjun yang paling kuat di Amerika Utara.

Niagara juga terkenal akan pelangi indahnya yang melintang di tengah derasnya air terjun. Keindahan alam yang terdapat di sekeliling Niagara membuat jutaan orang dari setiap belahan dunia mengunjunginya setiap hari. Apalagi kalau bukan untuk melihat air terjun yang paling populer ini. Sehingga, devisa pun banyak mengalir bagi kedua negara ini.

Air Terjun Angel

Air Terjun Angel atau Santo Angel adalah air terjun tertinggi di dunia dengan ketinggian 979 meter (3.212 kaki) dengan jatuh tanpa hambatan sekitar 807 meter (2.647 kaki). Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela.

Meskipun pertama kali dilihat di awal abad ke-20 oleh penjelajah Ernesto de Santa Cruz, air terjun ini tidak dikenal dunia sampai ditemukan secara resmi oleh penerbang Amerika, James Crawford Angel yang sedang terbang mencari lokasi tambang emas.

Pada tahun 1936, James Angel kembali dan mendaratkan pesawatnya di dekat air terjun. Air terjun ini dinamakan "Air terjun Angel" untuk mengenang penemunya, James Crawford Angel. Suku Indian Pemon (penduduk setempat) menyebut air terjun ini sebagai "Auyan-tepui" ("Aiyan-tepui") yang berarti "Gunung Setan".

Nama itu diambil, karena banyaknya pendaki yang mencoba menaklukkan gunung itu tidak pernah kembali, suku Indian Pemon percaya mereka yang tidak kembali telah berpindah ke tangan penguasa sungai.

Ketinggian resminya ditentukan oleh National Geographic Society pada 1949. Air terjun ini merupakan atraksi turis paling terkenal di Venezuela

Angel Falls kini menjadi atraksi wisata terpopuler di Venezuela, meskipun untuk mencapai air terjun ini cukup sulit, harus menggunakan pesawat dari Puerto Ordaz atau Ciudad Bolivar menuju Canaima Camp.  Dari Canaima, menyusuri sungai yang mengaliri air terjun, yaitu Sungai Churun, Gauja, dan Carrao. Perjalanan menyusuri sungai dengan kano harus dilewati setidaknya selama tiga hari.

Air Terjun Victoria


Air Terjun Victoria, Zimbabwe

Air terjun Victoria merupakan salah satu air terjun paling spektakuler di dunia. Air terjun ini terletak di Sungai Zambezi, yang pada saat ini membentuk perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Air terjun ini memiliki lebar kira-kira 1 mil (1,6 km), dengan ketinggian 128m (420 kaki).

David Livingstone, penjelajah Skotlandia, mengunjungi danau ini pada 1855 dan menamakannya atas nama Ratu Victoria, sedangkan nama lokalnya adalah Mosi-oa-Tunya, "asap menggelegar." Air terjun ini merupakan bagian dari dua taman nasional, Mosi-oa-Tunya National Park di Zambia dan Victoria Falls National Park di Zimbabwe, dan juga Situs Warisan Dunia UNESCO. Air terjun ini merupakan objek wisata utama di Afrika Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya