Indahnya Kaldera di Rusia

Kaldera di Rusia-- Kuthiny Baty
Sumber :
  • Amusing Planet
VIVA.co.id
5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda
- Terletak di ujung selatan semenanjung Kamchatka, Rusia, terdapat sebuah kaldera besar bernama Kuril Lake yang terbentuk sekitar 8.000 tahun yang lalu, karena sebuah ledakan vulkanik besar yang mengguncang seluruh semenanjung.

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

Seperti dilansir
Menyusuri Sungai Cigenter, 'Amazon' di Ujung Kulon
Amusing Planet , begitu banyak material yang dikeluarkan selama ledakan yang dihasilkan, seperti aliran piroklastik tebal di sekitar pedesaan, dan hujan abu dengan ketebalan lima sentimeter, bahkan hingga ribuan kilometer jaraknya dari sumber ledakan.


Dengan volume material piroklastik yang tertiup ke atmosfer, para ilmuwan memperkirakan letusan ini tujuh atau delapan kali lebih keras daripada letusan Krakatau tahun 1883 di Indonesia, dan kemungkinan besar mengakibatkan dampak iklim yang serius bagi bumi.


Gunung berapi ini mengeluarkan sekitar 140-170 kilometer kubik material, dan lavanya mengalir hingga kedua laut Pasifik dan Laut Okhotsk, pantai di semenanjung tersebut.


Di sungai Ozernaya, sekitar tiga kilometer sebelah barat dari Kuril Lake, ketebalan material piroklastik juga mengalir hingga sekitar 100 meter.


Erosi berikutnya berakibat pada terbuatnya ukiran sebuah lembah batu apung yang tinggi dan spektakuler, "obelisk" ini dikatakan menyerupai perahu raksasa terhormat. Daerah ini dikenal sebagai Kuthiny Baty, yang berarti "perahu berdiri" dalam bahasa Rusia.


Menurut legenda setempat, "perahu" ini adalah milik Allah dan pencipta Kamchatka yang digunakan ketika mereka pergi untuk memancing di danau.


Area Kurile Lake adalah sebuah monumen nasional yang saat ini telah menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya