5 Tempat Sejarah Penuh Misteri di Indonesia

Gedung Lawang Sewu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA.co.id - Mengunjungi tempat bersejarah selain menambah wawasan juga memberikan kesan eksotis. Namun, kebanyakan, tempat bersejarah menimbulkan kesan mistis yang amat kental. Tempat-tempat itu biasanya seperti keraton, monumen bahkan bekas gedung pemerintahan.

Kisah Misteri Perlintasan Kereta Api Kedoya

Indonesia memiliki banyak tempat sejarah yang selalu terkait dengan kisah mistis terkenal. Dan tidak ada salahnya mengunjungi lokasi berbau mistis itu. Berikut ulasannya:

Lawang Sewu

Komplek bekas gedung pemerintah kolonial Belanda ini dibangun pada tahun 1904 hingga 1907. Bangunan dengan banyak pintu dan jendela ini memiliki kesan angker tidak hanya karena bangunannya yang sudah tua, namun karena sering munculnya penampakan di sana dan terdengar suara-suara yang mengerikan. 

Perlintasan Kereta Api Bintaro

Tragedi yang terjadi pada 19 Oktober 1987 tersebut telah merenggut nyawa ratusan penumpangnya. Keangkeran perlintasan ini dirasakan tidak hanya oleh penduduk sekitar namun juga orang yang sedang melintasinya. Di perlintasan kereta api sering muncul penampakan makhluk-makhluk astral seperti kuntilanak atau sosok menyeramkan berlumuran darah. Tak jarang kemunculan makhluk tersebut sering menimbulkan celaka bagi yang melihatnya. Di tempat ini juga sering terdengar teriakan minta tolong dan erangan kesakitan.

Keraton Yogyakarta

Bangsal Proboyeksa dianggap sebagai tempat paling menyeramkan di Keraton Yogyakarta. Tempat penyimpanan pusaka tersebut dikisahkan selain abdi dalem yang menjaganya, juga memiliki penjaga gaib. Konon jika ada yang mengabdikan momen menyeramkan dengan kamera, ada sepasang mata yang seolah mengatakan "jangan."

Goa Jepang

Goa yang dibangun pada masa pendudukan Jepang tahun 1942 ini terletak di kawasan Hutan Raya, Bandung Utara. Goa ini semula berfungsi sebagai tempat persembunyian serdadu Jepang dari sekutu. Keangkeran konon berasal dari arwah tahanan pribumi yang kala itu menjalani kerja paksa. Tahanan yang mengalami penyiksaan hingga meninggal menjadi awal kisah mistis goa ini, seperti timbulnya penampakan dan terdengar suara orang kesakitan.

Monumen Lubang Buaya

Monumen yang terletak di Pondok Gede, Jakarta Timur ini terkenal akan aroma mistis yang kental. Tragedi 30 September masih teringat jelas, bahkan dahulu film G30S PKI selalu diputar di malam sebelum hari Kesaktian Pancasila. Masyarakat sekitar mengatakan sering terdengar erangan dari dalam komplek lubang buaya.

Gambaran Kota Atlantis yang hilang ditelan lautan.

Lima Tempat Misteri di Dunia dengan Mitosnya

Mulai dari Lost City of Gold hingga White City.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2016