Menarik Turis Tiongkok dengan Potensi Wisata Belanja

Ilustrasi turis
Sumber :
  • pixabay
VIVA.co.id
BKPM Dorong Investasi Pariwisata di Pulau Kalimantan
- Untuk membidik pasar wisatawan mancanegara (wisman) yang tepat, dibutuhkan studi akurat agar rencana promosi pariwisata yang kita lakukan di luar negeri efektif dan tepat sasaran.

Soto-Sate Padang Dulu, Sebelum Balapan Tour de Singkarak

“Data dari travel agent di luar negeri menjabarkan, bahwa pasar wisman asal Tiongkok menjanjikan,” demikian ujar I Gde Pitana, selaku Deputi Bidang Pegembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, dalam Sosialisasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara kepada Media Nasional, yang dilakukan 23 - 25 Oktober 2015 di Cirebon.
Toba Gran Fondo 2016 Kelilingi Kaldera Danau Toba


Menurutnya, wisman Tiongkok dikenal banyak uang dan punya kebiasaan rajin berwisata ke Hongkong dan Macau. Oleh karena itu, ke depan Kementerian Pariwisata memiliki tugas, agar dapat membujuk mereka supaya mau datang ke Indonesia. “Itu sebabnya, kita rajin berpromosi di sana, karena mereka adalah calon turis yang potensial,” tambah pria asal Bali itu.


Alasan Indonesia optimistis bisa menarik datangnya wisman Tiongkok, karena selain kita punya banyak pantai indah, negara kita juga punya banyak toko produk bermerek asal luar negeri yang asli, sementara di negara mereka, saat akan berwisata belanja, turis sering menemukan barang palsu.


Dijelaskan I Gde Pitana, buat wisman Tiongkok, membawa barang branded dari luar negeri adalah hal bergengsi. Selain menjual potensi wisata belanja, ia jelaskan daerah-daerah yang akan lebih dipromosikan untuk wisman adalah kawasan Bali dan sekitarnya, Jakarta dan sekitarnya, serta Pulau Bintan dan sekitarnya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya