Ingin Saingi Hawaii, Jateng Garap Wisata Pantai Selatan

Wisata Pantai Pecaron di pesisir Selatan Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVA / Dwi
VIVA.co.id
Lala Karmela Hobi Berwisata, Ingin Taklukan Dua Gunung
- Potensi wisata pantai di sepanjang pesisir Selatan Jawa Tengah, diklaim tak kalah dari keindahan pantai di kepulauan Hawaii. Hanya saja, destinasi wisata di Jateng itu masih membutuhkan penangan serius oleh pemerintah.

Obat Ini Berbahaya Dikonsumsi Selama Bepergian

Beberapa pantai yang ada di sepanjang pesisir Selatan Jateng itu, salah satunya berada di kabupaten Kebumen. Ada sejumlah pantai yang diklaim mampu mengalahkan keindahan Hawaii.
Cara Seoul Sulap Sungai Kumuh Jadi Kawasan Wisata


Sejumlah pantai itu antara lain, pantai Karangbolong, pantai Menganti, pantai Ayah, pantai Pecaron, serta pantai Pasir. Deretan pantai di pesisir Selatan itu memanjang di wilayah kabupaten Kebumen hingga Purworejo.


"Pantai di wilayah kita di pesisir Selatan, banyak diakui pengunjung tak kalah dari Hawaii. Salah satunya, pantai Menganti yang banyak dilirik wisatawan dalam maupun luar negeri," kata Kepala Desa Karangdhuwur, Kebumen, Basyir di sela acara 'Ngopi Bareng Gubernur Ganjar' di Kebumen, Kamis kemarin, 29 Oktober 2015.


Minat wisatawan terhadap keindahan pantai di Kebumen tersebut, bahkan mampu memberikan pemasukan besar bagi daerah. Tercatat, hingga akhir tahun ini, pemasukan yang diterima desa bekerja sama pihak Lembaga Masyarakat Daerah Hutan (LMDH) dan Perhutani sampai sebesar Rp2 miliar.


"Potensi besar itu harus kita manfaatkan bersama. Maka, kami usulkan kepada provinsi untuk membangun, salah satunya infrastrukturnya. Karena, masih banyak pantai di pesisir Selatan yang belum dikelola dengan baik, " kata basyir.


Menanggapi usulan itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik usulan itu. Pihaknya meminta warga bisa berembug bersama terkait potensi daerah, salah satunya mendukung infrastruktur jalan masuk menuju destinasi pantai di pesisir Kebumen. Diperlukan pula, kajian tata ruang para ahli pariwisata untuk meyakinkan daya tarik investor.


"Yang jelas, kalau untuk membangun wilayah pantai, kita sangat butuh investor. Tahun depan, saya ingin infrastruktur Jateng mulai dukung sektor pariwisata. Maka dari pusat, provinsi dan kabupaten harus bareng-bareng bangun, " kata Ganjar.


Ganjar meminta, agar pengelola wilayah pantai bisa memberikan sejumlah fasilitas pendukung yang mampu memberikan daya tarik pengunjung. Seperti keindahan, kebersihan, serta kuliner khas daerah setempat. "Maka, orang datang selain melihat pantai, juga menikmati kuliner. Itu yang sangat luar biasa. Potensi ini yang harus kita kembangkan, " jelasnya. (asp)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya