Di Amsterdam, Kanal Jadi Tempat Pembuangan Sepeda

Sumber :
  • Amusing Planet

VIVA.co.id - Amsterdam adalah kota paling ramah di dunia untuk para pengguna sepeda, dengan 40 sampai 60 persen dari semua perjalanan dalam kota dapat dilakukan menggunakan sepeda. Beberapa memperkirakan, sekitar 880.000 sampai satu juta sepeda ada di kota ini. Amsterdam juga memiliki banyak kanal dengan panjang gabungan lebih dari 100 kilometer.

Tapi ternyata, di beberapa kanal sungai di Amsterdam menjadi 'tempat tinggal' banyak bangkai sepeda. Bahkan, setiap tahunnya pemerintah setempat 'memancing' sepeda di sungai kota.

Dilansir Amusing Planet, Waternet, lembaga yang bertanggung jawab menjaga kanal bersih, memakai cakar hidrolik besar, untuk mengeluarkan 'ikan' sepeda dari dalam kanal. Cakar terhubung ke derek yang duduk di depan tongkang. Perusahaan sudah rutin memancing sepeda sejak 1960-an, dan masih dilakukan setiap hari.

Tidak ada yang memiliki jawaban yang jelas mengapa warga Amsterdam membuang begitu banyak sepeda ke dalam kanal. Tetapi kebiasaan melempar barang ini sudah berlangsung cukup lama.

Di kemudian hari, kanal digunakan menjadi saluran pembuangan terbuka. Tidak ada sistem saluran pembuangan di Amsterdam, sehingga kanal itu seperti toilet terbuka dan menampung banyak sampah dari orang-orang di Amsterdam.

Pada tahun 1860, Amsterdam mulai melihat masalah dan mulai membersihkan kanal. Tetapi banyak warganya yang masih belum terbiasa untuk tidak melemparkan sesuatu ke dalam sungai terutama ketika mereka mabuk. Diyakini bahwa sebagian besar sepeda yang tertimbun di dalam kanal adalah hasil pencurian atau korban vandalisme.

Polisi Amsterdam memperkirakan sekitar 50 ribu sampai 80 ribu sepeda dicuri setiap tahun. Namun sangat sedikit laporan pencurian sepeda ke polisi karena mereka berpikir bahwa polisi tidak akan melakukan apa-apa tentang hal itu.

Sebagian besar sepeda dikeruk dari kanal berakhir sebagai besi tua. Meskipun sepeda bukanlah satu-satunya hal yang terjaring. Kadang-kadang pekerja akan membawa barang-barang lainnya, seperti lemari es dan bahkan mobil. Antara 35 sampai 50 mobil jatuh ke kanal setiap tahun.

Dalam kebanyakan kasus mereka adalah hasil dari kecelakaan. Karena hal ini, Amsterdam memiliki tim menyelam khusus dari Brigade Kebakaran untuk menarik keluar banyak barang-barang berharga sepertiĀ  mobil ataupun sepeda.

Menikmati Liburan Nyaman di Kapal Pesiar

5 Bukti Kepribadian Menentukan Tempat Berlibur Anda

Tempat berlibur petualang tentu berbeda dengan yang suka santai

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016