Destinasi di Bangka Belitung Ini Wajib Dikunjungi

Sumber :
  • tvOne/Muhammad Dewi Rachmawaty/

VIVA.co.id - Bangka Belitung merupakan salah satu dari sekian banyak tempat yang disukai untuk berlibur. Kepulauan itu disebut Negeri Laskar Pelangi karena menjadi tempat syuting film dari buku karya Andrea Hirata itu.

Di sana, terdapat berbagai keindahan bahari dengan pasir putih dan biota lautnya. Nah, Maret mendatang, kepulauan ini akan menjadi incaran wisatawan dunia untuk menyaksikan peristiwa gerhana matahari total.

Bagi Anda yang ingin datang ke sini, berikut tempat-tempat yang bisa dikunjungi, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber oleh VIVA.co.id.

Tambang timah

Pemerintah tengah serius menjadikan Bangka Belitung sebagai satu dari 10 destinasi andalan nasional. Salah satunya dengan menggarap bekas galian-galian tambang timah menjadi taman wisata tambang timah.

Bahkan menurut beberapa sumber disebutkan ada wisata unik bernama ngelimbang timah. Wisata itu mengajak para wisatawan mencari timah secara tradisional dan merasakan langsung kehidupan masyarakat lokal.

Muntok

Selain sebagai wisata sejarah tematik, tempat ini merupakan penghasil lada putih, selain timah. Para wisatawan yang penasaran lada putih yang menjadi ikon Bangka dapat mengunjungi beberapa perkebunan lada yang memang dibuka untuk umum.

Di tempat itu nantinya, Anda dapat memetik lada, serta memperoleh informasi dari mulai penanaman, perawatan hingga siap panen.

VIDEO: Teluk di Gorontalo Diserbu Turis yang Ingin Lihat Hiu

Kuil Shaolin

Kuil Shaolin bernama Putri Tri Agung terletak di kawasan Pantai Tikus, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung.

Kuil ini merupakan destinasi religi, yang bisa Anda kunjungi jika berkunjung ke sana. Bangunan khasnya dihiasi dengan ornamen cantik dan pemandangan pantai yang indah.

Pantai

Di pulau ini, Anda dapat menemukan banyak wisata pantai yang sangat menarik, mulai Pantai Tanjung Tinggi yang menjadi lokasi syuting film Laskar Pelangi, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Parai Tenggiri, Pantai Pasir Padi dan pantai lainnya yang tak kalah indah.

SD Laskar Pelangi

Novelis Andrea Hirata terbilang sukses menggambarkan masa kecilnya di kampung halaman. Hal ini memberi andil yang cukup besar bagi perkembangan sektor pariwisata Bangka.

Selain meningkatnya kepopuleran pantai-pantai di sana, juga sebuah sekolah reyot nyaris rubuh yang dibuat seperti gambaran kenyataan sebenarnya dalam kisah Laskar Pelangi.

Sekolah Dasar Yayasan Muhammadiyah di Kota Gantong, Pulau Belitong tersebut banyak dikunjungi wisatwan yang penasaran dengan sekolah tersebut.

Wisata kuliner tradisional

Bagi Anda yang senang icip-icip, bisa mencoba Kuliner tradisional Bangka Belitung yang mencuri perhatian. Bahkan terasi asal bangka sudah sangat terkenal kelezatannya, seperti otak-otak ikan dan es campur kacang merah di Belinyu, seafood di daerah Sungailiat.

Selain itu, ada mi Belitung Atep di Tanjung Pandan, bakso ikan birai di Belitung timur dan oleh-oleh khas kemplang dan kritcu serta masih banyak lagi.

Raline Shah.

Masuk Gua Kampret, Raline Shah Berbusana Calvin Stone

Selama proses syuting dia juga ditemani sang ibu.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016