Studi: Karyawan Hotel yang Gemuk Lebih Ramah pada Tamu

Ilustrasi Kamar Hotel.
Sumber :
  • Pixabay
VIVA.co.id
Hotel di Paris Diskon Besar Sejak Bom Teror
- Saat Anda bepergian, memilih hotel yang nyaman adalah suatu keharusan, karena akan menjadi tempat tinggal sementara. Dari segi pelayanan, ternyata ada perbedaan antara wanita yang memiliki tubuh berisi dan langsing.

Tingkat Hunian Hotel di Jakarta Naik, Ini Penyebabnya
Sebuah studi di Penn State dan Goerge Mason University menyebutkan, karyawan hotel wanita dengan tubuh yang lebih berisi, dianggap lebih berkompeten dan bersahabat. Hal itu bila dibandingkan dengan rekan yang langsing.

Intip Tempat Menginap Pangeran William dan Kate Middleton
Lebih lanjut, studi ini juga menemukan bahwa mereka (yang bertubuh berisi) membuat hotel lebih mendapatkan energi positif.

"Ini masuk akal, berdasarkan keyakinan umum tentang berat badan yang lebih berisi meliputi campuran keduanya stereotip positif dan negatif," kata Larry Martinez, Asisten Professor Hospitality management di Penn State.

Martinez melanjutkan, meskipun penelitian lain menunjukkan wanita dengan berat badan berlebih mendapatkan pengalaman buruk, menurutnya ia justru menemukan sisi positif untuk tamu.

"Secara khusus, mereka yang berisi umumnya dianggap ramah dan periang, tapi kurang teliti dan kompeten," lanjut Martinez dilansir dari Foxnews.

Dalam melakukan penelitian ini, peneliti melibatkan 169 responden. Mereka diberikan foto dari berbagai meja depan karyawan, disertai kertas untuk menulis tentang bagaimana karyawan menangani situasi dasar pelanggan.

Setelah itu, mereka menjawab pertanyaan tentang karyawan dan pengalaman saat di hotel. Studi termasuk foto dari karyawan pria dan wanita dengan bobot rata-rata dan lebih tinggi.

Menariknya, peneliti menemukan bahwa pria yang memiliki badan berisi dan berada di bagian resepsionis, tidak memiliki dampak atau persepsi dari tamu hotel.

"Temuan ini sangat penting dalam konteks sebuah industri yang menempatkan penekanan yang tinggi pada estetika dan penampilan tenaga kerja," tambah Martinez.

Temuan mereka, lanjut Martinez, menunjukkan bahwa industri perhotelan harus fokus mempekerjakan dan melatih pekerja sedemikian rupa, untuk meningkatkan sikap ramah kepada pada tamu.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya