Indahnya Telaga Merdada, Surga Tersembunyi Dieng Plateu

Telaga Merdada
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dwi Royanto

VIVA.co.id - Ada surga tersembunyi di kawasan destinasi wisata dataran tinggi Dieng di wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Surga tersembunyi itu bernama Telaga Merdada yang merupakan telaga terluas di dataran tinggi Dieng.

Terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Banjarnegara, telaga yang memiliki luas area 15 hektar itu memiliki sejumlah pesona indah. Salah satunya, adanya satwa burung belibis yang tinggal di dalam danau.

Burung-burung belibis ini selalu menjadi keindahan tersendiri tatkala wisatawan melihat luasnya danau dengan pemandangan perbukitan yang luas.

Sebagai telaga terluas di area Dieng Plateau, Telaga Merdada memiliki bentuk yang unik, yakni menyerupai bentuk mangkuk raksasa. Konon telaga ini terbentuk akibat letusan gunung vulkanik berapi di kawasan Gunung Dieng pada ribuan tahun silam.

Selain itu, lingkaran tebing dan bukit yang kakinya menjulur sampai ke tepian air ini bisa dijadikan spot menarik untuk wisatawan mengambil gambar terbaik.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau Telaga Merdada bahkan mengaku cukup kagum dengan keberadaan telaga di kawasan zona dua, Dieng Plateu ini. Apalagi keberadaan burung belibis dan beberapa penduduk yang tengah memancing ikan menambah sensasi telaga ini kian cantik.

"Telaga Merdada ini bagus banget. Tapi masih belum ada perhatian. Ibaratnya, kurang make up (dirias). Makanya gizinya harus ada agar seksi. Gizi itu adalah penataan reboisasinya, maknya harus ditanami pohon," kata Ganjar.

Oleh karenanya pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan reboisasi bukit di sekeliling telaga. Seperti pohon akasia, bambu, terong belanda, dan pepohonan lainnya. Selain untuk memperkuat alam, pohon-pohon yang ditanam akan menambah sisi keindahan telaga Merdada.

"Saya ingin ditata dan ditanami. Sekarang ini saatnya menanam masih ada sisa waktu dua bulan sebelum kemarau, maka tidak bisa ditunda," katanya.

Sebagai surga tersembunyi, Telaga Merdada Dieng memang belum banyak yang tahu. Padahal jarak tempuh ke lokasi dari Desa Dieng menuju obyek wisata air ini hanya sejauh 3,9 kilometer. Para wisatawan dapat menjangkau Telaga Merdada melalui Jalan Jaya Dieng selama kurang lebih 13 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Mendaki Gunung Pangonan, Wisata Baru Dieng Plateau

Skoter, Bukit Bintang Terindah di Dieng

Bukit ini menjadi spot tepat untuk berburu panorama unik dan berbeda.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016