Menghidupkan Nuansa Pecinan Terlengkap di Indonesia

Miniatur kawasan Pecinan di Glodok, Jakarta Barat.
Sumber :
  • Dok PT Supra Megah Utama

VIVA.co.id - Bagi Anda yang ingin melihat sejarah Pecinan terlengkap di Tanah Air, bisa mengunjungi Pancoran, Glodok, Jakarta Barat. Sebab, di sini hadir bangunan tematik bergaya arsitektur Lingnan Tiongkok yang dipadu dengan arsitektur Batavia.

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Bangunan tersebut terdiri dari Apartemen Lucky Tower Residence, shopping center, dan citywalk. Lokasi itu bernama Superblock Pancoran Chinatown Point, yang dibangun PT Supra Megah Utama.

Presiden Komisaris PT Supra Megah Utama Yusuf Hamdani saat topping off baru-baru ini optimistis untuk menghidupkan kembali kawasan Pancoran, Glodok sebagai pecinan terlengkap di Indonesia.

Microbus Angkut 23 Wisatawan Masuk Jurang di Aceh Besar

"Kita turut serta dalam program pemberdayaan kawasan Kota Tua DKI Jakarta. Kawasan Pancoran ini termasuk kawasan Kota Tua. Kita ingin menjadikan Pancoran Chinatown Point sebagai ikon dan destinasi wisata bernilai historis yang sangat tinggi," kata dia, seperti dalam rilis kepada VIVA.co.id, Minggu, 28 Februari 2016.

Arsitektur khas Tiongkok yang sangat kental dan digarap oleh arsitek ternama dunia itu, diharapkan bisa menarik wisatawan.

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

Dia bercerita bahwa dulu kawasan Pancoran, Glodok dikenal sebagai kawasan Pecinan Jakarta, yang merupakan bagian dari Kota Tua Jakarta. Jalan Pancoran Raya adalah jalan utama yang menjadi nadi Pecinan sepanjang perempatan Asemka hingga Pasar Glodok.

Di sini terdapat  gerobak-gerobak menjajakan jajanan khas pinggir jalan, serta lapak buku bekas. Semakin dalam, suasana Tionghoa peranakan semakin kental.

Di berbagai lorong terlihat toko-toko yang menjual berbagai barang dagangannya, seperti manisan, perme, kue kering atau basah, perabot rumah tangga, pakaian, ramuan herbal ala China, empedu kobra, serta produk-produk asal negeri Tirai Bambu dengan harga murah. Warung-warung Chinese food juga bertebaran, seperti kedai kopi (Kopi Tek Kie), gado-gado yang melegenda (Gado-gado Direksi), rujak juhi (rujak Shanghai), sekba, nasi campur, serta sayuran khas untuk makanan khas China, seperti jamur dan daun pagoda.

Layaknya kampung di Jakarta, sepanjang Pancoran Raya ada banyak gang yang bisa dijelajahi. Adapun Jalan Petak Sembilan hanya bisa dilalui satu arah mobil. Meski sempit, namun sangat ramai.

Selain menjual kebutuhan rumah tangga sehari-hari, jalan yang dipayungi lampion merah tersebut memiliki toko pernak-pernik orang Tionghoa, seperti patung dewa-dewi, kipas, angpao merah, kembang api, dan lainnya.

Di daerah Petak Sembilan terdapat klenteng legendaris, yakni Vihara Dharma Bakti yang terbuka untuk wisatawan. Selain dua jalan yang disebutkan, ada juga Jalan Toko Tiga, Jalan Pintu Kecil, dan jalan-jalan sempit lainnya yang menarik disusuri dengan berjalan kaki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya