Lima Manfaat Sering Berwisata

Ilustrasi melakukan perjalanan wisata.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Orang pasti setuju bahwa pembelajaran, tidak hanya bisa didapat di ruang kelas atau tempat les, melainkan juga di beberapa lokasi yang tak terduga.

Maumere Siap Jadi Panggung Wisata Nasional dan Dunia
 
Disadari atau tidak, perjalanan wisata adalah guru terbaik untuk pembelajaran di masa depan. Karena, dari kegiatan tersebut, orang bisa mendapatkan berbagai hal dan pemikiran baru yang tentu akan memperkaya pengetahuan.
Ini Alasan Bali Sibuk Gencarkan Desa Wisata
 
Oleh karenanya, bagi Anda yang ingin menambah wawasan, sepertinya melakukan perjalanan adalah solusi terbaik, karena manfaat yang dihasilkan banyak dan berguna. Dikutip dari Laruno.com berikut lima manfaat yang akan didapat selama perjalanan.
10 Destinasi Wisata Ini Bakal Saingi Bali?
 
Belajar bahasa baru
 
Mempelajari bahasa asing melalui les, buku, atau CD pembelajaran memang efektif. Tapi, akan lebih efektif lagi bila Anda mempraktikannya dengan penutur asli bahasa tersebut. Jadi pergilah ke tempat-tempat di mana bahasa yang dipelajari banyak digunakan. Dengan begitu, kemampuan bicara bahasa asing akan semakin berkembang, dan pelafalannya semakin baik.
 
Mempelajari budaya lain
 
Tidak hanya bepergian ke luar negeri, mengitari negara sendiri juga cara terbaik untuk mengetahui segala hal. Saat menapaki tempat-tempat baru, Anda akan menemukan beberapa perbedaan budaya mulai dari gaya hidup, pakaian, etika bahkan makanan. 
 
Tapi, terlepas dari semua perbedaan tersebut, Anda akan menemukan begitu banyak kesamaan pada mereka melalui cinta, seni, alam dan leluhur yang mengikat semua perbedaan budaya menjadi satu.
 
Mengetahui sejarah secara akurat 
 
Mempelajari peradaban dan peristiwa besar dalam sejarah di kelas memang hal yang keren. Tapi, akan lebih hebat lagi bila Anda mempelajarinya ke tempat-tempat bersejarah itu secara langsung dan menjelajahinya dengan detail.
 
Ketika Anda mengunjungi museum, istana serta galeri di berbagai tempat, sejarah dari seluruh bangsa akan terkuak secara nyata dan akurat.
 
Sebab, apa yang kita pelajari tentang sejarah melalui buku kadang menyimpang dari kenyataan. Jadi, dengan bertanya pada penduduk setempat yang sebenarnya, Anda akan memahami sejarah melalui perspektif yang berbeda secara keseluruhan.
 
Belajar bersosialisasi
 
Anda mungkin sedikit pemalu dan merasa sulit untuk melibatkan diri secara sosial. Tapi jika Anda berpikir untuk melakukan beberapa program pengembangan pribadi, rasanya tidak perlu dilakukan. Karena dengan melakukan perjalanan ke berbagai tempat ternyata bisa menyelesaikan masalah tersebut.
 
Sebab dengan bergaul dan berkomunikasi bersama orang asing yang ditemui dalam perjalanan, dapat membuka pikiran secara luas. Karena masing-masing dari kalian saling bertukar pikiran dan mengungkapkan segala hal dari sudut pandang baru dan berbeda.
 
Melakukan hal-hal baru
 
Perjalanan akan menguji Anda untuk menentukan setiap langkah yang harus diambil. Dengan menjelajahi tempat yang belum diketahui, otomatis memaksa kita melakukan begitu banyak hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya.
 
Apakah itu belajar memelihara gajah di Kamboja, mendaki gunung snowclad di Nepal atau menari Samba di Brasil, Anda akan melakukan banyak hal baru selama perjalanan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya