Kemenpar Gelar Lomba Penulisan Eksotisme Flores

Deputi BP3N Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty (tengah) dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu, 23 Maret 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id - Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar lomba penulisan, foto, video dan blog tentang pariwisata Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Lomba ini terbuka untuk masyarakat umum dan wartawan.

Tidak hanya itu, anggota komunitas, baik penulis, fotografer, videografer maupun para blogger bisa berpartisipasi. Acara ini akan dilaksanakan mulai 21 Maret hingga 31 Mei 2016.

Tujuan diadakan lomba ini untuk mendongkrak serta mempromosikan pariwisata Flores. Selain itu, juga mendukung kegiatan Tour de Flores (TdF) yang berlangsung pada 16-25 Mei 2016.

"Kegiatan lomba ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) serta pergerakan wisatawan nusantara ke Flores sekaligus mempromosikan Pesona Indonesia sebagai branding pariwisata Indonesia," ujar Deputi BP3N Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty saat ditemui di Jakarta Pusat, Rabu, 23 Maret 2016.

Adapun, hadiah utama yang diberikan sebesar Rp75 juta untuk karya yang menjadi trending topic atau mendapatkan tanda suka atau like di media sosial. Menurut rencana, penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba akan dilaksanakan pada 10 Juni 2016 di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata.

Sejalan dengan lomba ini, Primus Dorimulu selaku Chairman TdF mengatakan bahwa para peserta dapat mengikutsertakan tulisan, foto, video dan blog mengenai Labuan Bajo atau Taman Nasional Komodo. Para peserta lomba harus memberikan karya sendiri.

"Panitia berharap para peserta lomba mengirimkan karyanya dan mempublikasikan karya yang dilombakan ke media sosial khususnya Facebook atau Twitter. Nanti penilaian akan dilihat dari jumlah like dengan mencantumkan hastag FloresWonderLand dan PesonaIndonesia," kata dia.

Soto-Sate Padang Dulu, Sebelum Balapan Tour de Singkarak
Kementerian Pariwisata

Indonesia Jadi Kantor Sekretariat Kepariwisataan ASEAN

Kegiatan ini merupakan perjanjian di antara negara-negara ASEAN.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016