Wajib Tahu, Tips Nyaman Berlibur ke Luar Negeri

Ilustrasi wisata ke luar negeri
Sumber :

VIVA.co.id - Berwisata ke luar negeri memang menyenangkan. Bertemu dengan wajah-wajah asing dengan budaya yang berbeda menjadi tantangan tersendiri bagi para penikmat traveling. Namun, sebelum memesan tiket dan mengemas koper, ada beberapa persiapan penting yang perlu Anda perhatikan sebelum bepergian ke luar negeri.

Empat Belas Negara Tujuan Wisata Medis

Berikut ini beberapa di antaranya, seperti yang dilansir dari Huffington Post

Gunakan uang tunai
Fotografer Indonesia Raih Penghargaan Internasional
 
Penggunaan uang tunai lebih disarankan daripada menggunakan kartu kredit. Selain akan dikenakan biaya tambahan, tidak semua tempat akan menerima pembayaran dengan kartu kredit. Mesin ATM juga belum tentu akan mudah ditemukan di negara tujuan.
Lima Rekomendasi Toko Buku di Eropa
 
Selain itu, lakukan penukaran uang seminggu atau selambat-lambatnya tiga hari sebelum keberangkatan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi ketersediaan mata uang tertentu.
 
Gunakan layanan bebas pulsa untuk berkomunikasi
 
Komunikasi itu penting. Untuk menghindari boros pulsa karena biaya panggilan internasional, cek layanan internasional yang disediakan oleh provider Anda. Layanan bebas pulsa seperti Whatsapp mungkin akan lebih berguna untuk tetap berkomunikasi dengan keluarga atau teman di rumah. 
 
Cek barang-barang wajib
 
Usahakan membawa cadangan keperluan wajib Anda sehari-hari seperti, pelembab wajah, obat-obatan dan lain-lain. Hal ini memang kedengaran sepele, namun tak boleh disepelekan, karena selain perbedaan harga, barang-barang tersebut belum tentu tersedia di negara tujuan. Anda tentu tidak mau bukan, jika uang dan tenaga habis hanya untuk mencari hal-hal kecil tersebut?
 
Periksa paspor dan peraturan di negara tujuan
 
Berapapun waktu yang akan Anda habiskan di negara tujuan, selalu periksa kembali persyaratan yang harus dipenuhi untuk masuk ke sana. Beberapa negara mungkin tidak hanya membutuhkan paspor, melainkan visa. Visa terdiri berbagai jenis dan disesuaikan dengan negara dan maksud kunjungan Anda ke negara tersebut.
 
Selain itu, cek batas waktu penggunaan paspor Anda, karena ada negara yang tidak akan menerima kedatangan Anda dengan paspor yang sebentar lagi segera kadaluarsa. Semua biaya yang sudah Anda habiskan akan menjadi sia-sia jika kedatangan Anda ditolak hanya karena permasalahan administratif. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya